Jakarta-Kemacetan-Transportasi

Jakarta.. Ibu Kota Indonesia. Salah satu kota paling padat di Indonesia.

Padat dalam segala hal ini, ya padat penduduknya.padat kendaraannya,padat kompleksitas masalah sosialnya,dan padat keuangannya (?) Hahahaha..

Saat ini gw mw ngebahas masalah transportasi. Fiuuuhh..masalah yg bikin gw kesel setiap hari.

Sebagai warga kantoran, dalam arti salah satu penduduk yg sudah masuk dalam kategori angkatan kerja dan sudah bekerja, transportasi jakarta, merupakan sebuah momok yg harus dilewati hampir setiap hari. Kecuali kalo libur atau absen masuk kerja yaa 😛

Transportasi itu merupakan sebuah kebutuhan utama menurut gw pribadi.

Tapi ko, selama ini gw ngerasa transportasi di Jakarta belum ditata dan disusun atau direncanakan dengan sangat baik.

Contoh konkrit.. Mungkin bagi hampir seluruh warga Jakarta, kemacetan itu ibarat sebuah makanan sehari2..
Hampir di setiap sudut kota Jakarta terdapat kemacetan.

Tingginya jumlah penduduk, ditambah dengan tingginya jumlah kendaraan yg melintasi jalanan ibu kota tanpa didukung oleh penambahan ruas jalan, *gimana mw nambah,jakarta kan segini-gini aja* otomatis menimbulkan kemacetan, ini udah kayak hubungan sebab akibat lah.

Nah, sekarang gimana pemerintah nya aja, mau atau nggak untuk mengatasi kemacetan yg udah menggila ini.

Mungkin selama ini pemerintah udah berusaha juga mengatasi kemacetan ini, dengan menerapkan, 3in1 di Jakarta pusat, tp apa, tetep aja org2 yg bawa mobil sendiri “ga kapok” buat ngebawa mobil sendiri,padahal penumpangnya dy doank, karena apa,mereka udah punya trik, sekarang banyak bgt joki 3in1 yg siap dibayar buat jd penumpang sementara. Fiuuhh..

Trz sekarang ada bus Transjakarta.udah beberpa tahun,mereka membuat jalur khus busway,katanya sih buat mengurangi macet, dengan adanya trayek baru pun, beberpa bus kota mulai dihapuskan.

Tapi apa, kalau memang pemerintah ingin warga nya lebih banyak menggunakan transportasi umum, ya mbok tolong, transportasi umumnya diperbaiki.

Contoh konkrit, Bus Transjakarta,karena gw salah 1 pengguna busway.

Saat ini, pengguna busway meningkat tajam, orang berbondong-bondong naek busway. Karena harga tiket yg murah, jalanan yg “lebih steril” dibanding kalo qt lewat jalan biasa?.

Tapi, ?? Banyak bgt kekecewaan juga akan transportasi publik itu. Contohnya aja, entah karena kurangnya armada itu sendiri atau karena apa. Banyak org harus menunggu hingga 1 jam hanya untuk naik Transjakarta. Sementara antrian dibelakangnya sudah sangat banyak. Padahal belum tentu juga mereka bisa naik kedalam bis yg sudah lama mereka tunggu itu, karena didalam bis itu sendiri sudah penuh sesak oleh penumpang dr shelter2 sebelumnya.

Seharusnya, pemerintah bisa melakukan survey, jalur mana yg kira2 padat penumpang dan jalur mana yg minim penumpang, sehingga jalur yg padat penumpang bisa diperbaiki keadaannya dengan menambah armada. Agar kenyamanan pengguna transportasi publik itu dapat ditingkatkan.

Belom lagi, jalur busway yg katanya steril tersebut,ternyata ga steril juga, banyak kendaraan pribadi yg masuk kedalam jalur tersebut. Dan otomatis jalur busway nya pun, macet juga -.-”

Fiuuhh.. Itu baru satu public transportation loh.. Belom yg laen?kereta?angkutan umum?bis? Sama ajaaaa..

Jadi ya begitulah kehidupan sehari2 warga jakarta. Hidup dengan kemacetan. Entah sampai kapan. Karena pastilah populasi penduduk dan kendaraan akan meningkat terus setiap tahunnya. Terus mau jadi apa ibukota nanti?

Kita lihat saja, apa yg akan dilakukan pemerintah nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s