Book Review : The Darkest Minds – Pikiran Terkelam

The Darkest Minds – Pikiran Terkelam

Di hari ulang tahunnya, Ruby (gadis kecil berumur  10 tahun) harus menerima kenyataan bahwa saat itu, hidupnya tidak akan pernah sama lagi. Dia dibawa oleh pasukan Psi Special Force (PSF) ke “Kamp Rehabilitasi” sebuah tempat yang menampung seluruh anak-anak yang selamat dari penyakit “Idiopathic Adolescent Acute Neurodegeneration (Degenerasi Saraf Akut Remaja Idiopatik)” atau IAAN sebuah penyakit yang menewaskan seketika 98% anak-anak dibawah umur 17 tahun di Amerika.

Diluar dugaan, anak-anak yang selamat tersebut ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa, kemampuan yang dianggap sangat “Mengancam” bagi pemerintah Amerika terutama Presiden Gray yang saat itu sedang berusaha mempertahankan posisinya.  Dia berusaha mengumpulkan seluruh anak-anak yang selamat dan membaginya sesuai kemampuan “warna” mereka, Merah sang pyrokinesis yang mampu mengendalikan api, Biru sang Telekinesis yang mampu mengendalikan benda tanpa harus menyentuhnya, Kuning sang Elektrokinesis yang mampu mengendalikan listrik, Hijau yang memiliki intelegensi dan kecerdasan luar biasa dan Oranye sang “mind control” yang mampu mengendalikan pikiran orang lain.

Namun, kamp yang awalnya bertujuan untuk menyembuhkan anak-anak tersebut ternyata seakan menjadi penjara bagi mereka, perlahan-lahan anak-anak yang dianggap paling berbahaya yakni golongan kuning, merah dan oranye mulai menghilang. Sementara anak-anak lain dipaksa untuk memenuhi aturan yang baku, makan, bekerja, tidur, begitu seterusnya.

Suatu hari, terdengar suara dengung yang tidak biasa, yang membuat Ruby terkapar dan harus dibawa ke Rumah Sakit, saat itulah baru terbongkar, Ruby bukanlah “Hijau”. Akhirnya, Ruby dibawa oleh Liga Anak yang bertujuan untuk menyelamatkan anak-anak Psi, namun karena menaruh rasa curiga yang mendalam, Ruby akhirnya kabur dan masuk ke sebuah mobil yang berisikan 3 anak Psi, Liam, Chubs dan Zu yang merupakan buronan PSF dan Liga Anak. Ketiga anak tersebut mengajak Ruby untuk ikut serta dalam melakukan pencairan “Slip Kid” seorang Anak Psi “Oranye” yang menurut rumour bisa melindungi mereka semua. Petualangan Mereka pun dimulai…

Wow… The Darkest Mind (TDM) merupakan novel yang cukup menarik, walau sang penulis mengambil Tema kekuatan yang mungkin sudah ada sebelumnya (contohnya Xmen) tapi tetap saja cara dia mengolah tema umum menjadi sebuah cerita yang menarik patut diacungi jempol.

Gaya menulisnya cukup unik, pada awal cerita kita akan dibuat kesulitan untuk berpikir apa sih yang terjadi pada anak-anak itu, kemampuan apa yang mereka miliki? Sang penulis benar-benar tidak menuliskan secara gambling arti dari ke5 warna tersebut. Dan alur di awal pun terkesan “flash black” jadi kita harus hati-hati saat membacanya supaya tidak bingung..

Oh iya, Novel ini akan segera di Film Kan loh, jadi ayo baca bukunya sebelum ketinggalan :p HOT RECOMMENDED

Paperback, 584 pages
Published September 2014 by Fantasious (first published 2012)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s