Book Review : To All The Boys I’ve Loved Before & P.S I Still Love You by Jenny Han

Book Review : To All The Boys I’ve Loved Before & P.S I Still Love You by Jenny Han

Buku karangan Jenny Han (Novelis Korean American) ini merupakan salah satu buku yang masuk ke jajaran “New York Time Best Seller”. Entah kenapa buku-buku yang masuk ke list itu selalu buat gw penasaran. Kebetulan di beberapa akun book lover di IG pernah ngeposting buku ini sebagai salah satu buku favorite mereka. Gw pun dulu udah pernah liat sih buku ini bertengger di Periplus, books and beyond atau kinokuniya, tapi belum sempet kebeli XDDD maklum buku import ga murah, jadi nunggu dulu deh, beruntunglah, beberapa waktu lalu ga sengaja liat di salah satu akun penerbit indonesia, eh ternyata mereka udah terjemahin buku ini (telat ya sayaaa) dan pas banget ada pre order sekuel kedua nya itu,, jadilah gw beli aja mumpung diskon 30%.

Singkat cerita, kali ini gw bakalan nulis beberapa review tentang kedua buku ini, karena seriusan deh,, gw udah kepelet banget sama tokoh2nya hahahaa.. oke langsung mulai aja dengan sinopsisnya dan review nya (oke gw berusaha banget supaya ga banyak spoiler ya) :

  • To All The Boys I’ve Loved Before

Paperback, 382 pages [Indonesian Version]

Published April 2015 by Spring (CIS) (first published April 15th 2014)

ISBN13: 9786027150515

Sinopsis :

Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri.


Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa.

Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

Resensi :

Lara jean song covey merupakan seorang gadis korea america yang berusia 16 tahun. Ia hidup bersama seorang kakak (margot), sang adik (kitty) dan ayah (dr covey). Sang ibu sudah meninggal beberapa tahun lalu karena sebuah “kecelakaan”. Hidup tanpa sesosok ibu, ternyata tidak menjadikan keluarga mereka kekurangan kasih sayang. Sang ayah yang sangat lembut mampu mengurus mereka dengan baik.

Margot yang merupakan anak tertua memiliki hubungan yang sangat dekat dengan adik adiknya. Dia menjadi sosok yang diidolakan oleh lara jean dan kitty. Karena secara tidak langsung margot yang pintar cerdas dan mandiri menjadi sosok ibu pengganti mereka. Hampir semua urusan rumah tangga diurus oleh margot.

Margot berpacaran dengan Josh Sanderson, sang tetangga yang juga merupakan salah satu cinta pertama Lara Jean, namun demi sang kakak, lara jean “pasrah” dan justru mendukung penuh hubungan Margot dan Josh.

Singkat cerita masalah dimulai ketika sang kakak yang telah lulus SMA harus kuliah diluar negeri. Meninggalkan keluarga covey dan sekaligus putus secara mendadak dengan Josh. Lara Jean pun mau tidak mau harus berperan sebagai pengganti Margot dirumah, mengurus seluruh rumah tangga dan juga kitty.

Sejak kecil, lara jean punya kebiasaan untuk menulis sebuah “surat cinta” ketika dia ingin mengakhiri “perasaan suka” ke laki-laki yang disukainya. Namun, tentu saja surat-surat itu hanya bertengger manis didalam sebuah kotak topi pemberian ibunya. Hingga suatu saat,,,,

Surat-surat (yang berjumlah 5 buah) itu terkirim secara misterius, dari situ Lara Jean sangat panik dan malu, bagaimana tidak, itu adalah seluruh curahan hati nya,, dan lebih parah, salah satu penerima surat itu adalah Josh Sanderson! Mantan pacar kakaknya sendiri XDDD .

Dari situlah, kehidupan cinta lara jean yang sangat membosankan berubah menjadi super dramatis. Demi menjaga “muka” ke josh, Lara Jean harus berpura pura pacaran dengan “Peter Kavinsky” mantan teman masa kecil nya yang juga merupakan salah satu penerima surat. Kebetulan Peter yang merupakan sosok pria tampan, pemain lacrosse dan idola satu sekolahan baru aja putus dari sang kekasih Gen (mantan sahabat Lara jean yang entah kenapa berubah jadi musuh (?)) yang juga merupakan wanita cantik idola satu sekolah dan mau bekerjasama dengan Lara Jean untuk melupakan Gen (plus membuat dia cemburu).

Akhirnya Peter – Lara jean menjadi pacar “kontrak” mereka pun membuat beberapa perjanjian secara tertulis untuk dipatuhi. Dari situlah, semua kebahagiaan dan masalah dimulai, akankah lara jean berhasil melupakan josh? Atau dia justru terjebak dalam “drama percintaan” yang dia buat sendiri?

Kemudian bagaimana hubungan dia dengan margot apabila mengetahui kalau adiknya sendiri menyukai mantan pacarnya???

Review :

Ga semua buku romance terjemahan apalagi yang bukan terjemahan gramedia pustaka utama, memiliki bahasa terjemahan yang bagus ya,  untungnya,,, Terjemahan To All The Boys I’ve Loved Before & P.S I Still Love You, Oke punya!! Jadi gw pun enak bacanya.

Oke jadi apa yang gw suka dari novel ini , mungkin biar enak gw bakal bagi kedalam beberapa point :

  • Ini bukan hanya tentang percintaan remaja, tapi juga tentang Keluarga dan Persahabatan. Di series ini, diceritain tentang Keluarga Song – Covey , tentang bagaimana sang ayah dr Covey harus merawat ketiga orang anaknya yang kebetulan banget semuanya perempuan. Gw salut gimana si jenny han menggambarkan kehidupan keluarga ini, walau ga ada sosok ibu bukan berarti mereka tumbuh tanpa kasih sayang loh, dengan kelembutan hati sang ayah, sosok dewasa dari kakak tertua (margot) dan kerjasama antara mereka dengan lara jean untuk merawat sang adik kitty yang baru berusia 9 tahun tanpa sosok seorang ibu patut diacungi jempol. Gw pun selalu penasaran sama kisah keluarga ini.
  • Buku ini juga ceritain tentang persahabatan, yang menurut gw real banget,, jadi dulu waktu masih SMP, si lara jean ini punya beberapa sahabat baik cewek dan cowok (Gen, Chriss, Peter, John, Trevor, Alice-gw lupa namanya-) tapi entah kenapa pas mau masuk SMA, mereka jadi ga bersahabat lagi, hambar gitu aja, (kita semua pasti pernah ngalamin ini) dan dia juga punya seorang sahabat yang ampe sekarang masih deket (Chris) tapi sifat mereka jauh banget. Si Lara Jean tipikal anak baik-baik yang super polos, sementara si chris ini uhmm,, agak brutal lah ya, doyan gonta ganti pacar, seks, dan lain lain. Tapi gimana pun juga mereka sahabatan.
  • Gw suka banget sama hubungan Peter Kavinsky dan Lara Jean ini, mereka itu sifatnya beda banget, si Peter yang punya tingkat PD yang tinggi, usil, cuek dan happy banget harus secara mendadak menyesuaikan diri dengan Lara Jean yang supeeerrrrr polooosssssssssss. Gw suka gimana jenny han menggambarkan setiap detail hubungan mereka, asli yaaa iri banget! Si peter ini bisa tiba-tiba ngeselin tapi bisa tiba-tiba super romantis dan bikin senyam senyum sendiri.
  • Mungkin pas baca awal-awal bakal agak bosenin ya, karena emang semacam pengenalan, tapi lama-lama seru banget kok,, gw ampe begadang buat nyelesein, agak ga rela sih buru-buru bacanya, tapi penasaran paraaahhhhhh,
  • Si Peter ini nyayangin banget deeehhhhh hahahaha super care abis, ga hanya sama Lara Jean tapi juga sama Kitty, walau dia super ngeselin karena semacam ga bisa move on dari masa lalu tapi tetep aja “I’m on peter side!” #TEAMPETER
  • Sementara si Lara Jean, uhmmm sebagai anak kedua dia agak diombang ambing, jadi dibuku ini bakal diceritain gimana perasaan jadi anak kedua. Buat bahan pelajaran juga sih,,
  • Ending buku ini gantung banget hahaha gantung dan super ngeselin! Untung aja gw udah langsung beli yang kedua jadi bisa langsung baca, kalo nggak, ga kebayang banget harus nunggu lama buat tahu kisah Peter dan lara jean.
  • Asliiiiii abis baca ini gw jadi delusi banget sama PETER dan Lara Jean Gimana ga coba, kalo lo jadi Lara jean, peter suka banget kirim short message tulisan tangan yang simple tapi sweet, tiap hari antar jemput padahal lo bukan pacarnya, dan dia bakal belain lo banget,, akkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

 PS I Still Love You

Paperback, 356 pages [Indonesian Version]

Published September 15th 2015 by Spring (first published May 26th 2015)

ISBN 9781442426733

Sinopsis :

Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

 Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

 Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

 Resensi :

Di ending buku pertama, diceritakan kalau ada sebuah masalah yang cukup besar yang mengakibatkan Peter dan Lara Jean putus. Nah, di PS I Still Love You ini, langsung berlanjut tentang bagaimana Lara Jean akhirnya menyadari perasaannya ke Peter dan berusaha agar hubungan keduanya membaik. Tapi apakah masalah selesai sampai disitu?

Peter yang belum bisa sepenuhnya berhenti berhubungan dengan Gen, sangat membuat Lara Jean cemburu atau semacam insecure (menurut gw). Akhirnya mulai muncul riak-riak dalam hubungan mereka, belum lagi tiba-tiba Lara Jean mendapatkan surat balasan dari John Ambrose Mc Claren atas salah satu surat yang terkirim dulu. Rupanya karena satu lain hal, John baru menerima surat itu.

Lara Jean dan John pun berubah menjadi sahabat pena. Sebenarnya, John ini merupakan teman masa kecil Lara Jean dan Peter, tapi karena John harus pindah rumah, hubungan mereka pun terputus.

Di sekuel kedua ini pun lebih diceritakan tentang bagaimana pihak ketiga dan keempat (?) mulai menghancurkan hubungan Peter dan Lara Jean, bagaimana Lara Jean harus mengontrol perasaannya dan juga menangani semua masalahnya. Mampukah Lara Jean dan Peter mempertahankan hubungan mereka?

Review :

Buku kedua ini masih sebagus buku pertama, walau jujur buku pertama lebih sweet menurut gw (karena banyak peter nya hahahaha) tapi di buku kedua ini, lebih kompleks ceritanya, dan lebih drama, lebih banyak masalah yang harus diselesaikan.

Kita bakal melihat perubahaan karakter dari semua tokoh, lo bakal dibawa kesel, kesel sama Lara Jean yang kenapa sih kok cemburuan amat, tapi dibuat kesel juga sama Peter dan bakal mikir, lo segitunya ya ga bisa ninggalin Gen?

Dan bakal dibuat jatuh cinta sama tokoh baru si John Ambrose Mc Larren yang luar biasa ganteng nan baik hati buat jadi pihak ketiga hahahaa, tapi tenang gw tetep di #TeamPeter.

Yang gw sukanya, dibuku ini tetep dibahas masalah keluarga song-covey sendiri, tentang gimana Margot bisa sepenuhnya mengakhiri hubungan josh dan memulai hubungan baru dengan orang baru dan demikian pula yang terjadi sama josh. Walau jujur ya, gw agak sedih sih, di buku kedua ini jenny han kayak ngebuang sosok josh gitu aja, I miss you jooosssshhh,,

Sosok kitty pun makin dewasa aja menurut gw, padahal dia masih umur 10 tahun, tapi dialah yang mencetuskan untuk menjodohkan sang ayah agar ga kesepian lagi saluuuttt… si kitty ini juga termasuk salah satu #teampeter LOL

Overall, buku kedua juga tetep wajib dibaca, hubungan persahabatan dan arti dari persahabatan juga makin kompleks. Walau jujur gw sebel banget , karena cerita tentang PETER nya jadi dikiiiiiittt!!!!! Kebanyakan john nya nih!!! KZL! Yah tp wajar sih, kalo jadi Lara Jean bakal ngegalauin John, bayangin aja cowok yang dulu lo suka ternyata dari dulu juga suka sama lo.. hati lo pasti gamang kan? hahhahhaa

Tapi,, thanks jenny han, lo udah buat gw makin delusi hahahahahahahahahahaha…

Oh iya denger2 buku ini bakal di film in loh,, http://blog.iflist.com/2014/10/09/will-smith-to-produce-to-all-the-boys-ive-loved-before-by-jenny-han/ uhh yeaahhh bakal bisa liat sosok Peter yang real ahahaha

So what’s your dream cast?? Kalian bisa bantu voting disini nih http://www.iflist.com/stories/toalltheboysivelovedbefore#

Kalo buat gw Pribadi?

Lara Jean Song Covey

Lara Jean Song – Krystal F(X)

Susah cari sosok kayak dia secara korea amerika gituuu , awalnya gw setuju sama Arden Cho, tapi dia ketuaan buat jadi Lara jean, jadi mungkin Krystal Jung f(X) ?  kebetulan dia kan juga aktris ya, dan sempet berperan jadi anak sma yang lucu juga (?) jadi lumayan cocok lah.

Peter Kavinsky

💋💋💋

A post shared by Jenny Han (@jennyhan) on

Nah,, kebetulan si Jenny Han pernah ngepost foto cowok ini di IG nya,, dan gw setuju banget!! oh ya nama dia francisco lachowski (kalo ga salah)

*nih buat yang mau liat foto2 dia yang lain https://www.google.co.id/search?q=gregg+sulkin&espv=2&biw=1242&bih=715&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIx4q0iMyqyAIVjI-OCh00EwRf#tbm=isch&q=francisco+lachowski&imgrc=KG-GabV56W7zEM%3A cocok ga???

John Ambrose Mc Claren

And so the final boy from Lara Jean's past returns…😉 #PSIStillLoveYou #May26

A post shared by Jenny Han (@jennyhan) on

Sebenernya gw galau yang harus jadi dia siapa.. sempet mikir Lucas Till atau Mason Dye, eh si Jenny han posting foto Lucas Till di IG,, sooooo couldn’t agree more!!!

*nih buat yang mau liat foto2 dia yang lainhttps://www.google.co.id/search?q=lucas+till&es_sm=122&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMI6NLPos2qyAIVgk6OCh3PYwRe&biw=1242&bih=715 cocok ga? tipe cowok2 smart gitu

Josh Sanderson

kalo buat josh entah kenapa gw mikir si nick robinson cocok deh,, tipe2 boy next door gitu

Margot Song Covey

arden cho cooocokk ,, cuma tetep agak ketuaan sih ya T_T

Katherine Song Covey (Kitty)

Suri cruise!!!! coocoook bangeett

Genevieve (Gen)

nampaknya halston sage juga cocok

Advertisements

5 thoughts on “Book Review : To All The Boys I’ve Loved Before & P.S I Still Love You by Jenny Han

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s