Book Review : Love Sparks In Korea (Jilbab Traveler)

Love Sparks In Korea (Jilbab Traveler)

Pengarang : @asmanadia

Tebal : 380 hlm; 20.5 x 14 cm

Cetakan I : Oktober 2015

Penerbit : AsmaNadia Publishing House

Rania Timur Samudra tumbuh dari keluarga yang sederhana serta memiliki fisik yang lemah sedari kecil. Setengah hidupnya dihabiskan dengan pengobatan, hingga akhirnya harus memutuskan untuk meninggalkan bangku kuliah. Namun hal tersebut tak mengurungkan niatnya untuk memenuhi mimpi-mimpinya sejak kecil, mimpi yang berkobar dari cerita-cerita sang ayah tentang kereta terbang, mimpi untuk menjelajahi berbagai belahan dunia. Jejak jejak ciptaan ALLAH.

Menjadi penulis mungkin bukan hal yang diduga nya, tapi ternyata itulah pintu yang ALLAH bukakan ketika dia harus menerima kenyataan untuk menutup rapat-rapat pintu studi di universitas. Belasan buku pun ia terbitkan, rentetan titel penulis aktif, best seller dan tenar pun telah melekat pada namanya dan membukakan mimpinya untuk menjadi seorang “ibnu battutah” untuk menelusuri berbagai belahan dunia seorang diri, menjadi solo traveler, jilbab traveler.

Berbagai negara telah ia kunjungi seorang diri, tak hanya untuk menikmati dan mensyukuri nikmat ALLAH, tapi juga bertujuan sebagai dakwah, untuk mengenalkan islam di negara lain. Maklum, wanita berjilbab dan tentunya islam masih merupakan hal yang minoritas.

Melalui kegiatan traveling nya itu, Rania mendapatkan berbagai pengalaman, teman baru, keluarga, namun cinta? Rasanya belum pernah ia menemukan itu. Selama ini hatinya tertutup rapat. Dia enggan untuk memulai suatu hubungan yang tak jelas arahnya.. yang tak jelas menuju ke pernikahan atau tidak.

Selama ini keluarganya, ayah yang penyabar, ibu yang gemar dengan drama korea, Tia dan Eron saudaranya yang sudah menikah dan punya anak, kerap kali menggoda Rania untuk menikah, bahkan mereka pun kerap kali menjodohkan nya, salah satunya dengan Ilhan, tetangganya. Namun, Rania diam, belum ada satupun pria yang mampu mengusik hatinya… kecuali dia,, seseorang yang tak sengaja bertemu dengan nya di Nepal..

Ketika itu, rania sedang membeli kerajinan tangan dari sebuah nenek tua, ketika ia tak sadar tas ranselnya telah raib diambil oleh pencopet. Dia pun berusaha mengejar pencopet itu dan berteriak. Namun dengan tubuh mungil, ia tak sanggup mengimbangi lari sang pencopet itu, hingga tiba-tiba ada seorang pria yang membantunya melawan sang pencopet dan berhasil mengembalikan ransel itu,

Hyun Geun..

Pria itulah yang mengubah hidupnya..

Pria berwajah asia dengan penampilan acak-acakan, rambut sebahu yang diikat, kumis dan jenggot yang berantakan, serta pakaian yang terkesan santai dan cuek.

Pria yang tak lepas dari kamera berlensa Tele nya..

Pria yang mulai mengisi relung hatinya..

Sekuat tenaga Rania berusaha mengenyahkan pria itu dari hatinya.. apalagi semenjak ia harus kehilangan sang ayah, orang yang sangat dekat dengan nya.

Namun takdir berkata lain, Rania mengikuti sebuah pelatihan di Korea Selatan, disanalah ia bertemu kembali dengan pria itu dan memulai pergolakan batin yang tak pernah ia rasakan pun muncul,

apakah yang harus rania lakukan?

Siapakah yang harus rania pilih?

Ilhan? Pria yang sudah lama ia kenal? Pria yang menjadi pilihan ibunya?

Atau

Hyun Geun? Pria yang baru ia kenal, dan mungkin berbeda keyakinan?

Di korea lah… semua akan terjawab..

My Review

I TOTALLY LOVE THIS BOOK!!!

Jujur ya, pertama kali memutuskan pre order ini, karena tau, buku ini akan langsung di film kan dan morgan yang akan jadi pemeran utama nya. gw udah kepelet sama morgan semenjak nonton assalamualaikum Beijing, jadi penasaran,

Dan pas baca resensi bukunya, kok menarik.. tentang seorang jilbab traveler, cita-cita gw banget. Akhirnya ga pikir panjang gw langsung order buku ini. Dalam waktu sebentar gw bisa  namatin, penasaran banget soalnya,,

Oke mari kita mulai review nya..

Suka banget sama gaya penulisan bunda asma, patut diacungi jempol, ceritanya mengalir begitu aja, banyak kalimat-kalimat puitis yang bermakna disana. Ga Cuma percintaan, tapi cerita cerita tentang keluarga, perjuangan hidup, pencarian jati diri, usaha meraih mimpi dan cerita tentang traveling yang bikin mupeng berat.

Suka banget sama tokoh Rania yang teguh sama pendirian, walau berpetualang ke negeri orang, ga membuat dia harus meninggalkan nilai nilai agama, bahkan ketika ia sudah bergelimang harta dari royalty buku-bukunya, dia tetap mau backpackeran, tinggal di hostel dan memanggul backpack kemana-mana.

Jatuh hati sama karakter Hyun Geun. Mungkin tampangnya “serem” dengan kumis dan brewok, tapi hatinya lembut, walau dia jatuh cinta sama rania, di ga kayak pria lain yang gombal nyatain cinta sana sini atau berusaha menyentuh lawan jenis.. nggak sama sekali. Justru lewat email-email berisi pesan sederhana yang sebenernya puitis parah, plus dilengkapi sama foto-foto jepretan yang pasti sweet banget, membuktikan dia serius dan ga main-main. Dia tahu bener cara menghargai seorang wanita.

Sementara itu, keluarga rania hanya dikenalkan dalam “Skype” tapi bisa memperlihatkan keharmonisan dan kedekatan satu sama lain. Ada lagi cerita tentang sosok “Chin Sun” , wanita yang sangat dicintai Hyun Geun, bikin penasaran banget dari awal dan bikin terkaget kaget di akhir cerita.. jago banget deh bunda asma bikin plot nya XDD

Sempet kesel sama Jeong Hwa, anak bos Hyun Geun yang naksir berat sama Hyun Geun. Kenapa Hyun Geun ga bisa tegas sih???? Gemesh banget bacanyaa… tapi disisi lain ini memang fakta (kebanyakan) sosok Korean sih,, yang punya masalah “kejiwaan” dengan tingkat “ bunuh diri yang tinggi “.

Overall, novel ini bagus banget. Suka sama kalimat puitis di sebelum bab baru..
Suka sama pepatah-pepatah yang diucapkan hyun geun,,
Suka sama endingnya…

walau jujur yaa,,  entah kenapa kesannya agak “dipercepat” seakan-akan harus segera berakhir. Padahal belum diceritakan apa yang terjadi sama tokoh tokoh lain.. jadi agak ngambang di bagian itu nya. tapi tetep sih,, ini novel oke parah! Harus banget bacaaaaaaa,,,

PS : ini ada beberapa quote yang gw suka banget

If You’re Happy, Then it’s Twice, If You’re Sad, The it’s Half 
Kamu Mencuri Mimpi Mimpiku,, dan aku suka 
Lelaki itu serupa Ibrahim Bagiku,, Memecah Berhala Ketakberdayaan menebar putik putik keteguhan 
At The End of Hardship,,, Comes Happiness 
Jika Tak Kau Cium Baru Surga,,, Bukan Berarti Ia Tak Ada

Dan masih banyak quote inspiring lainnya..! wajib dibaca banget =] ga sabar buat nunggu filmnya =]]]]

Advertisements

One thought on “Book Review : Love Sparks In Korea (Jilbab Traveler)

  1. Pingback: Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea #MovieReview #JilbabtravelerLSIK | Dhechan's Diary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s