Book Review + Dream Cast – FANGIRL by Rainbow Rowell

Aloha,,,

Kali ini gw lagi iseng pengen bahas salah satu novel karangan Rainbow Rowell yang berjudul “ Fangirl “ , usut punya usut, novel ini salah satu novel terlaris (dan as usual , masuk ke jajaran new York time best seller) yang  menjadi salah satu alasan gw buat baca. Apalagi judulnya “Fangirl” yah,, mengingat gw ini fangirl.. makin penasaran lah jadinya..

Fangirl

Paperback, 456 pages

Published November 2014 by Penerbit Spring (first published January 1st 2013)

ISBN 6027150505 (ISBN13: 9786027150508)

Oke lanjut aja biar ga berlama-lama. Ini ada sedikit sinopsis singkat yang diambil dari bagian belakang buku Fangirl.

Sinopsis :

Cath dan Wren—saudari kembarnya—adalah penggemar Simon Snow. Oke, seluruh dunia adalah penggemar Simon Snow, novel berseri tentang dunia penyihir itu. Namun, Cath bukan sekadar fan. Simon Snow adalah hidupnya!

Cath bahkan menulis fanfiksi tentang Simon Snow menggunakan nama pena Magicath di Internet, dan ia terkenal! Semua orang menanti-nantikan fanfiksi Cath.

Semuanya terasa indah bagi Cath, sampai ia menginjakkan kaki ke universitas. Tiba-tiba saja, Wren tidak mau tahu lagi tentang Simon Snow, bahkan tak ingin menjadi teman sekamarnya! Dicampakkan Wren, dunia Cath jadi jungkir balik. Sendirian, ia harus menghadapi teman sekamar eksentrik yang selalu membawa pacarnya ke kamar, teman sekelas yang mengusik hatinya, juga profesor Penulisan Fiksi yang menganggap fanfiksi adalah tanda akhir zaman.

Seolah dunianya belum cukup terguncang, Cath juga masih harus mengkhawatirkan kondisi psikis ayahnya yang labil. Sekarang, pertanyaan buat Cath adalah: mampukah ia menghadapi semua ini?

 

Review :

Novel ini mengisahkan tentang “kelabilan” (sorry kalo gw pakai Bahasa ini) sepasang anak kembar Cath and Wren Avery, yang baru lulus SMA dan harus menapaki dunia kampus, dunia yang asing tentunya. Belum lagi mereka harus pergi jauh dari rumah dan tinggal di asrama. Sebagai anak kembar, Cath and Wren tidak pernah terpisahkan dari kecil, mereka ini identik dan memiliki obsesi yang sama, yaitu “Fangirl Simon Snow” kelas berat.

Siapa sih simon snow?

Simon Snow ini merupakan tokoh fantasy di buku best seller (yang tentunya fiktif ya) karangan Gemma T Leslie. Yah kalau di dunia nyata kayak Harry Potter lah. Saking ngefans nya, keduanya rajin bikin “Fanfiction” dan dipost di sebuah akun Fanfiction ternama “Fanfixx” dan telah dibaca oleh ribuan orang di dunia. Bertahun-tahun hidup Cath dan Wren terbelenggu oleh dunia simon snow ini. Hingga ketika mereka kuliah,,

Wren ingin berubah,, dia ingin menikmati kehidupan kampus, menolak mentah-mentah untuk se asrama bareng saudara kembarnya Cath, dan langsung me – make over diri dengan memotong rambut menjadi pendek ala ala Hepburn. Hal ini membuat Cath “sakit hati” dan merasa tersisih, cath yang jauh lebih “Anti Social” dan “Introvert” merasa Wren berubah, hingga akhirnya hubungan mereka retak. Wren menjadi susah dihubungi, gila pesta dan lebih dekat dengan Teman sekamar barunya , Courtney.

Sementara Cath?

Masih tetap seperti dulu, karena terlalu anti social nya, dia bahkan kesulitan untuk berhubungan dengan teman sekamarnya (yang ternyata kakak kelas) bernama Reagan. Sosok Reagan yang jumawa dan agak seram bin gahul, membuat Cath makin menutup diri, apalagi ada “Levi” lelaki-yang-diduga-adalah-pacar-reagen yang selalu datang kekamar dengan ada-atau-tidak-ada-reagan makin membuat Cath tidak nyaman.

Sang introvert Cath jarang keluar kamar bahkan untuk makan siang di kantin, lebih parah nya. dia tidak tahu letak kantin itu dimana. Hidupnya sebagai “freshman” hanya dihabiskan di kamar – kampus – perpustakaan – kamar mandi. Sepanjang malam dia sibuk menulis Fanfiction Simon dan Baz nya itu.

Kehidupan nya yang monoton itu pun berubah ketika Levi semakin masuk kedalam hidupnya.. dan ada juga Nick yang cowok kutubuku yang menjadi partner tugasnya. Belum lagi konflik keluarga yang semakin parah, lalu bagaimana nasib kehidupan kuliah cath dan wren selanjutnya? Nasib Simon dan Baz nya?

Wow.. jujur ya, pas awal baca novel ini ngerasa alurnya agak lambat. Tapi lama kelamaan lumayan seru sih. Serasa ngetawain diri sendiri aja yang juga “fangirl” buku, Cuma gw ga sampe bikin-bikin fanfic haha,

Si rainbow rowell ini emang kayaknya pakar cerita remaja yang manis manis bikin iri gitu yak,, dia bisa aja gitu bikin kita mupeng berat sama perhatian-perhatian Levi ke Cath, *sigh.

Konflik ceritanya sendiri memang remaja banget, tentang transisi kehidupan SMA-Universitas, tentang kegilaan remaja masa kini dengan tokoh-tokoh fiktif nya, ga sedikit loh remaja yang anti social nya kayak si Cath ini, jadi menurut gw menarik. Karena dia bisa ambil tema yang ada di dunia nyata dan menuangkan nya kedalam buku.

Apalagi cerita tentang mereka di asrama, kehidupan asrama yang belum tentu cocok sama teman sekamar, realita kampus beserta tugas-tugas nya juga jadi point menarik novel ini,

Apalagi karakter levi yang sweeetttttt banget, perhatian-perhatian dia ke cath yang ga butuh kata-kata tapi langsung dengan tindakan #eh bikin leleh banget.. XDDD

Cuma,, ada beberapa hal yang gw kurang suka. Emang sih ini ceritain tentang gimana cath ngefans parah sama Simon dan Baz, tapi jujur, beberapa (dan mungkin banyak) cerita simon baz yang diselipkan di halaman-halaman novel ini agak bikin gw malas hahaha gw sampe “skip” bagian bagian simon dan baz nya.. sorryyy

Dan sempet kesel banget sama Cath yang introvert parah ampe gemesh bacanya hahaha..

Masalah ending,, entah gw agak kurang sreg yah,, manis tapi maksain selesai,, agak kurang greget gimanaa gitu,, tapi overall lumayan lah dibaca, walau gw hanya kasih nilai 3/5 hehehehe

Oh ya, selama gw baca, gw ngebayangin banget “grant gust” jadi Levi,, he is so perfect as levi! Siapa yang setujuuu,,,,

Oke inilah Dream cast saya untuk Fangirl… byebyeeee

Fangirl – Rainbow Rowell – Dream Cast #1

photogrid_1445242181005_zpsquaf62lu

Fangirl – Rainbow Rowell – Dream Cast #2

 

Thank You for reading my review! See you on next review (Magnus Chase)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s