Book Review : The Sword of Summer (Magnus Chase and the Gods of Asgard #1) by Rick Riordan

Pernah ga ngerasain, pengen cepet cepet nyelesain baca satu buku karena penasaran,, tapi kesel kalo harus selesai,, dan lebih kesel lagi harus nunggu sekuel nya terbit??? Nah.. itu yang gw rasain pas baca “MAGNUS CHASE”. Kadang emosi jiwa sama uncle rick, kenapa bisa bikin series series sekeren ini! Astagaa,, gw kayaknya udah kepelet banget sama buku-buku dia (walau belom sempet baca kane chronichles sih).

Makanya pas tau dia nulis series baru tentang Nordik (Norse Myth) gw langsung excited, dan buru-buru ikut PO. Thanks banget ya ALLAH, Noura Books ini langsung terjemahin dan rilis Magnus Chase di bulan yang sama dengan rilis resmi di US nya,, jadi ga baper banget baca review fans luar hehehee..

Alhamdulillah, tanggal 17 siang buku ini tiba dengan selamat dirumah, dan langsung gw baca sorenya, baru kelar minggu malam, maklum lumayan tebel yak 600an halaman  dan jujur gw langsung jatuh hati banget sama novel ini. Oke langsung kita bahas…

original title : The Sword of Summer

ISBN13 : 9786023850204

edition language : Indonesian

Paperback, 623 pages

Published October 2015 by Noura Books

Sinopsis :

Tak pantas dipilih, tak pantas mati,

seorang pahlawan yang tak sanggup diemban Valhalla.

Ke timurlah matahari bergerak, sembilan hari lagi,

dan Pedang Musim Panas membebaskan si buas dari belenggunya.

 

Sejak kematian ibundanya oleh serigala bermata biru, Magnus menggelandang sendirian di jalanan Boston. Dia berusaha bertahan hidup dan melarikan diri dari kejaran polisi dan para pekerja sosial. Hingga suatu hari, lelaki yang selalu ingin dia hindari memberitahunya sebuah rahasia aneh—bahwa Magnus adalah putra dewa.

 

Magnus sudah sering mengalami hal gila di kesehariannya. Tapi, ternyata, mitos-mitos itu nyata. Sesosok makhluk neraka muncul menyerang Magnus. Ia menginginkan Pedang Musim Panas milik Magnus yang konon bisa mempercepat kiamat Ragnarok.

 

Perjuangan Magnus baru saja dimulai, dan semuanya berawal dengan kematiannya.

 

Review :

 Setelah kematian ibunya “Natalie Chase”, Magnus hidup sebatang kara dijalanan Boston, mengais ngais makanan sisa, hidup beratapkan langit dan hanya memiliki sepasang baju ganti dan pakaian dalam untuk digunakan sehari-hari. Walaupun hidup sendiri , ia memiliki dua seorang sahabat yang kerap kali dianggapnya sebagai “Ibu” dan “Ayah” karena mereka selalu bergantian mengawasi Magnus siang dan malam. Mereka adalah “Hearth” dan “Blitz”.

Suatu hari,, di ulang tahun nya yang ke-16 dia harus menghadapi Maut, kebingungan karena tiba-tiba harus menerima kenyataan bahwa dia adalah salah satu keturunan Dewa Nordik dan harus melawan “ Surt “ Sang Penguasa “Muspellheim”  yang bertekad untuk membunuhnya saat itu juga.

Magnus pun menarik “Sword of Summer” (yang notabene merupakan salah satu pedang terkuat di Asgard) dari dasar sungai untuk melawan Surt,, membunuh Surt lebih tepatnya. Tapi nasib baik tidak berpihak padanya. Memang Surt terluka dan kembali ke asalnya,, tapi sebagai balasan nya, Magnus harus Mati.

Cerita berakhir sampai disitu? Ternyata tidak, di dunia Nordik, seorang yang meninggal sebagai pahlawan akan dibawa oleh Sam Al Abbas sang “Valkyrie” ke “Valhala” yang merupakan Surga bagi para pahlawan (pendekar) yang mengabdi pada Odin.

Rupanya kehidupan di Valhalla juga tidak semudah dan seindah gambaran surga kebanyakan, Magnus kehilangan “Sword of Summer” nya, mengetahui bahwa dia adalah anak Dewa dan harus menerima pil pahit sebuah ramalan buruk (?) tentang dirinya dan juga menjadi salah satu alasan “Valkyrie” nya dipecat dari jabatan dan harus kembali ke Midgard (Bumi).

“Tak pantas dipilih, tak pantas mati,

seorang pahlawan yang tak sanggup diemban Valhalla.

Ke timurlah matahari bergerak, sembilan hari lagi,

dan Pedang Musim Panas membebaskan si buas dari belenggunya.”

 

Magnus harus menjalankan Misi untuk mencegah “Ragnarok” (Kiamat)  salah satunya dengan melawan Surt dan Fenris (sang Dewi Serigala). Tapi dia tidak bisa sendiri, dia harus menemukan Sword of summer dan dibantu dengan kedua Sahabatnya Heart dan Blitz (yang rupanya adalah seorang Peri dan Kurcaci) serta secara tidak diduga harus bekerjasama dengan Sam (mantan Valkyrie  nya).

Bisakah Magnus mencegah Ragnarok? Bagaimana dengan kehidupan kematian nya? apa peran Loki, Thor, Odin dan bahkan Ayahnya dalam Ragnarok ini?

Kalian harus baca sendiri,,, XDDDDDDDDDDDDDDDDD

Oke.. review pertama gw adalah,,

YA TUHAN.. MAGNUS CHASE bagus banget!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Seperti biasa, uncle rick selalu bisa menyenangkan hati kita, alur ceritanya pas, mantap dan ga bosenin, gw awalnya ga paham Nordik itu apa, eh rupanya legenda dewa dewi asgard dimana ada Odin, Thor, Loki dan lain lain, oke gw Cuma tau mereka di Avengers gw bahkan ga nonton Thor hahaha,, jadi novel ini menarik banget buat gw.

Sepanjang cerita emang gw dibuat bingung sama istilah – istilah Nordik ini, untungnya ada notes di belakangnya hahaa maklum gw terbiasa sama legenda Romawi dan Yunani macam di Percy Jackson dan Heroes of Olympus hahahaha,,

Sebenernya, kalau boleh jujur novel ini sama aja kayak novel-novel uncle rick yang lain,, Demigod -> misi. Tapi yang buat menarik adalah,,, ini Demigod nya mati diawal cerita, ga kebayang kan? Hahaha gw awalnya juga shock! Masa baru mulai udah mati aja? Cemen abis LOL

Tapi rupanya disitu letak keseruannya,, dan Nordik ini agak beda beda gimana gitu dibanding sama legenda lain..  ga kalah menarik pokoknya. Walau misi – misinya kurang “menantang” sih menurut gw,, tapi lebih ke kata “menghibur” hahahaa

Asli ya! Gw beneran ngakak ngakak dari awal sampai akhir, si Magnus ini SASSY nya!!!! ngalahin percy, ampun deh kalo udah sarkas, nyinyir, bikin elus elus perut nahan ngakak.. ngeselin banget pokoknya..

Gaya cerita om rick sendiri emang begitu, sentilan sentilan humor di setiap bab nya bikin senyum senyum, dia bisa aja ngegabungin dunia masa kini sama kehidupan nordik. Sebut saja taylor swift dan berbagai series amerika terkenal yang dimention disini.

belum lagi, judul-judul bab yang luar biasa bikin ngakak,,!

BAB 1 Selamat Pagi, Sebentar Lagi Kau Mati!

BAB 34 Pedangku Nyaris Dijual di Ebay

BAB 48 Hearthstone Lebih Sering Semaput daripada Jason Grace (Meskipun Aku Tak Tahu Siapa Dia)

Tapi ada sesuatu yang mungkin menjadi titik lemah nya menurut gw,,

Magnus,, terlalu mirip sama Percy,, sama sama sassy, sarkasme, petakilan,, jadi semacam uncle rick ga bisa move on banget dari Percy Jackson (demikian halnya gw yang ga bisa move on dari Percy) . mungkin sedikit bedanya, Magnus ini agak cengeng,, :p pardon me

Tau ga satu hal yang menarik dan menurut gw,, bisa menimbulkan kontroversi,,

Kali ini di Magnus Chase,, di Norse Myth,, Legenda Nordik,, ada Tokoh Moslem nya,, Arab Amerika bernama “Samirah Al Abbas” iya dia “Valkyrie” nya Magnus,, ga tanggung-tanggung dia berhijab loh hahahaha kebayang ga lo agama dimasukin ke legend macam gini ? ya nikmatin ajalah.. hahaha

Dan ada lagi, kalo biasanya Demigod menjalankan misi sama demigod atau satyr atau cyclops, sekarang ada ras baru, Peri dan Kurcaci plus ada sihir-sihir yang bekerja,, jadi menambah nilai plus dan tingkat keseruan menurut gw,,

Overall,, Magnus chase bener-bener seru banget! Dan kalian semua wajib baca !!!

Anyway,, ini ada Fanart official Magnus Chase Sword of Summer,, check it out!

Advertisements

9 thoughts on “Book Review : The Sword of Summer (Magnus Chase and the Gods of Asgard #1) by Rick Riordan

  1. Selain marvel, bisa liat tv seriesnya VIKINGS, itu keren banget, meski gak secara langsung bercerita ttg mitologi nordik hanya kehidupan viking

  2. Pingback: Book Review – Magnus Chase and the Gods of Asgard #2 : The Hammer of Thor by Rick Riordan | Dhechan's Diary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s