Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part3 #Baluran #PantaiPancer #PantaiMustika #RedIsland

0

hari ketiga  trip, 1 januari 2016 dimulai,,,, jam 3 an kita udah bangun buat siap-siap berangkat ke lokasi pertama.. kemanakah kita…

  1. Taman Nasional Baluran

Baluran terletak di Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Banyak banget yang bilang, baluran ini Afrika nya Indonesia.. bener ga?

20160101_065425_zpsun4c65h9

ini foto dari dalam mobil,, jadi maap kalo agak-agak

Yap! Taman nasional baluran ini luaaasss banget.. untuk masuk ke dalam aja butuh waktu setengah jam. Dan subuh-subuh kita udah disana, biar ga becek dan rame wkwkwkwkw.. tapi alhamdulillah cuaca cerah ceria, jadi bebas becek.

20160101_080730_zpslaio00vz

Di baluran kemarin, gw sempet liat Burung Merak, sayang ga sempet ketangkap kamera, karena kitany juga pas kita lagi di mobil. Hehehehe

Nah lokasi pertama yang kita kunjungi di baluran adalah Pantai Bama baluran. Di pantai ini ada hutan bakau,, dan banyaaakkkk banget monyet,, lucu lucu banget,, tapi gw ga berani deket-deket, ngeri dikejar (cemen abis) hahaha.

img_4055-1_zpsfl5t83wf

pose duyuuuuu ditulisan Bama

20160101_060547_zpspmqlq11g

pengen nyebrang padahal.. tapi apa daya

20160101_060236_zpszqgeo727

ini beberapa monyet yang lagi beraktivitas (cari kutu)

Hutan bakau nya indah bangeeettttt (buat foto-foto) dan merupakan salah satu yang terbesar di asia, cocok juga buat pre or post wedding (#eh)

20160101_062049_zpsotm9u7s9

20160101_061901_zps3bbfgiar

agak horor yaa…

20160101_064251_zps7tfsr34q

mangrove terbesar!! kece badai

20160101_064028_zpsodhuglyt

berpose ala ala dulu dijembatan,, biar exist.,.. manis dibibir,, memutar kata,,, (lah)

Setelah, puas bercengkerama(?) dengan monyet. Kami pun lanjut menuju Savana Bekol,, savanna yang ala ala afrika nya.

20160101_071730_zpsye7ugo2j1

Indonesia emang luar biasa, kalian ga harus ke luar negeri buat ngerasain apa yang ada di Indonesia. (cailah)

20160101_070351_zpsbtzgnzkl

seger banget ngeliatnya

Di savanna bekol ini, ada pemandangan gunung juga,,, indaaahhhh banget pokoknya.. Cuma pas kemaren kesini lagi ga ada rusa yang lewat. Pas perjalanan menuju tempat selanjutnya baru deh ketemu sekumpulan rusa.

20160101_070939_zpsqkaeo7gi1

ga lupa berfoto alay

  1. Pantai Mustika – Pancer

Setelah puas di baluran , Kami langsung menuju destinasi selanjutnya. Awalnya mau ke Green Bay, Cuma karena lokasi nya cukup jauh dan waktu yang udah mepet banget (saat itu jam 12 siang dan kita masih jauh dari greenbay) akhirnya kita mutusin buat nyoret Green Bay dari destinasi.. (SEDIHNYA T____________________T).

Tapi ya udahlah,,

20160101_135400_zpshgyjhxkl

Akhirnya, kita menuju Pantai Mustika Pancer.. lumayan kece sih pantai nya ,, Cuma rame nyaaaaaaa aduhaiiii hahahahaha.. maklum lagi libur.

20160101_135458_zpsabhypdly

20160101_135513_zpsqf7fuoq7

suka deh ❤

Pantai Mustika terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Konon pantai ini adalah saingan berat dari Red Island yang lagi happening itu,

img_4124_zpsklbw62zf

selalu foto ala ala,,,

  1. Red Island

Setelah puas di Pantai Mustika, kami melanjutkan perjalanan ke Red Island. Lokasinya ga jauh, karena emang pantainya sendiri masih satu jalur (?).

20160101_145651_zpsafk0s0q0

penuh ya sis XDDD

20160101_150604_zps3myhssch

Red Island ini konon digadang-gadang sebagai “Raja Ampat versi Mini” dan setiap sunset pasirnya agak berwarna merah, makanya disebut red island. Selain itu, Red Island ini disebut-sebut sebagai salah satu dari 10 besar lokasi “Sunset” terbaik di Indonesia. bener ga ya… yuk kita telusuri dari awal..

20160101_150828_zpsriiubbxj

 

20160101_151508_zpsidcqlv14

sayang ya agak kotor pantainya huhu

20160101_150838_zpsxysirmqd

ramenyaaaa…

20160101_145637_zpsx3fvvok0

saatnya sunset! dan Ternyata emang kece banget sunset disini,, ga sia-sia sih walau pantainya LUAR BIASA ramai,, ga asik jadinya T____T tapi ga ngurangin keindahan sunset nya sih hehehe

20160101_172718_zps3vatrogf

persiapan sunset,,, cantiknyaaaaaa

20160101_174054_zpsldjnigpd

sunset here we come!

20160101_174243_zpsxyddcrak

matahari kian tenggelam

20160101_174743_lls_zpshpf81hie

selesai juga sunset nya ❤ 

Ahh akhirnya selesai juga perjalanan hari ini. Kami pun langsung menuju penginapan, dan baru sampai jam 8 malam T___T  capeknyaa… abis makan malam dan packing buat check out ntar malam, kami pun langsung tidur, ga sabar buat tracking ke Ijen besok,, yeay!!!

img-20160104-wa0002_zps8rzpp1d0

foto di perjalanan,, udah capek banget pun masih bisa pada iseng wkwkwkkw

 

Trip hari ketiga selesai!!! sampai jumpa di postingan selanjutnya…

Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part4 #IJEN

20160102_060649_zpsgmpgwilc

spoiler ijen

Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part2 #MenjanganIsland

0

Hari kedua (kamis 31 Desember 2015) tepat di penghujung tahun, kami menuju ke destinasi pertama. Apalagi kalau bukan MENJANGAN ISLAND!

Gw excited banget sungguh! Karena akhirnya snorkeling lagi.. udah setahun dari terakhir kali gw snorkeling di Pahawang, Lampung. Jadi pas tau destinasi pertama adalah menjangan, gw langsung kegirangan sendiri.

20151231_102010_zpsynikf4v4

menjangan island

Menjangan Island ini merupakan sebuah kepulauan yang ada di Bali Barat. Dan sekarang lagi cukup happening (menurut gw). Mungkin karena lagi banyak banget open trip Banyuwangi, jadi banyak travel yang turut serta masukin Menjangan ke list nya.

Lanjut ya.. setelah melipir sebentar ke persinggahan buat ganti baju dan celana,, (kalau gw Cuma perlu ganti ledging doank) kita pun langsung menuju ke menjangan, ramean! Pake kapal tentunya… asik asik…

Laut di menjangan ini biruuuuuu banget….. dan saat itu cuaca cerah! Alias panas buahaha,, jadi pas banget buat snorkeling.

20151231_110354_zpsgwasfxsz1

perjalanan menuju spot spot snorkeling dan foto

Setelah melintasi lautan… kita pun melipir sebentar buat foto-foto di pulau menjangan nya.. ceritanya sebelum baju baju ini basah.. karena lagi liburan, jadi kondisi pulaunya lumayan rame juga…  cantik sih,, tapi kebetulan kemarin agak kotor pantai nya. karena dedaunan kering dan juga beberapa sampah hehehee…

20151231_111717_zps86armz2z

selamat datang di pulau menjangan! bersama team open trip

Setelah foto-foto sebentar, kami langsung menuju spot pertama,, horeee! Gw da ga sabar,, berbekal SJCAM punya lis, kita pun langsung meluncur,, nyemplung,,, byuuuurrrrr… segeeerrrr…

CAMERA

hello! let’s swiiimmmmmm

Gw lagi ga beruntung kayaknya kemaren, spot pertama ini ga gitu rame ikannya,, agak sepi, dan terumbu karang nya banyak yang mati,,, tapi gapapalah,, gw da saking kangen nya snorkeling,,

CAMERA

siapa yang bisa nebak itu ikan apa…

CAMERA

yey nemu bintang laut.. cantikkkk…

Gw pun berusaha ngambil gambar sebisanya,, dengan ikan seadanya hahahaha

CAMERA

butek ya airnya hahaha

Setelah berenang mondar mandir, kita pun kelaperan dan langsung makan diatas kapal sambil menyusuri spot kedua… eh tapi sebelumnya mampir dulu ke pulau tabuhan,, nurunin nasi nya duluuu..

20151231_125659_zpsxtgqprgx

pemandangan pas makan diatas kapal

Pulau tabuan ini cantik!!!! Agak agak mirip sama pulau pasir timbul yang ada di pahawang… bedanya kalo di pahawang bersih! Dan disini (masih loh) agak kotor… tapi ga mengurungkan niat kita buat ambil foto sih *tetep*.  Di pulau ini juga banyak banget backpackers yang bikin tenda.. salut ya sama yang mau kemping disana buakakakak gw seumur2 belum pernah kemping (ngumpet)

20151231_151441_zpseojshfzw

liat deh itu ada jemuran hahahaha (penting)

20151231_145045_zpsfmggaqak

si bapake ngaso dulu sambil nungguin kita-kita berfoto :p

img-20160104-wa0048_zpsi04aycaf

inilah dia…. 3 bidadari dari pulau tabuhan,,, (photo taken by Lucky Ibrahim) suka banget sama fotonya… 

Setelah puas berfoto.. kita menuju spot kedua!!! Horeeeeeee… disini ikan nya lebih banyak.. lebih bervariasi dan terumbu karang nya masih hidup dan cantik!! So much better dibandingkan dengan spot pertama.. tapi sayang gw ga bisa mengabadikan moment ini,, karena SJ CAM nya lis mati huhu…

Spot kedua ini arusnya agak kenceng,,, gw sempet kebawa loh dan ga bisa berenang,, ampe akhirnya ditolongin dan megang tali sampe kapal LOL pengalaman tak terlupakan…

Yak.. cukup 2 spot aja ternyata kita snorkeling nya.. selanjutnya kita balik ke daratan ,,,, dan menuju losmen… kebetulan kita nginep di  losmen yang deket banget sama Pelabuhan Ketapang (asli ye kalo gw tau,, gw extend cuti dan melipir ke bali deh hahahaha) gw lupa moto losmen nya.. Cuma losmen nya ya so..so.. lah,, 1 kamar buat 2 orang,, ada tv, AC, 1 tempat tidur queen size dan kamar mandi. Lumayan buat istirahat..

Snorkeling itu bener-bener nguras tenaga,, abis selesai mandi,,kita langsung menyerbu kantin! Makan!!!! Gw pun pesen nasi goreng special.. dan rasanya enak! Rekomen lah, harganya Rp 20 rb kayaknya…

img-20160101-wa0000_zpswizgopvo

terima kasih nasi goreng.. kau membuat perut ku kenyang

Selesai makan kita pun langsung tidur! Rayain tahun barunya gimana? Super no way… badan udah remuk redam perjalanan Jakarta – Surabaya – banyuwangi – menjangan . dan besok jam 4 pagi kita langsung meluncur ke Baluran – Green Bay – red Island,, ih ga kebayang… mendingan tidur deh,, hahaha

Okee.. see you!

20160101_071730_zpsye7ugo2j

sneak peek Day 3

To be Continue…..

Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part3 #Baluran #RedIsland #PantaiPancer 

note : gw baru 3 kali snorkeling, pertama di kepulauan Sangiang (selat Sunda), kedua di Kepulauan Pahawang (Lampung) dan ketiga di Menjangan Island (Bali barat). dan dari ketiga tempat itu, tempat favourite gw adalah Sangiang, tempatnya masih primitif, bersih banget,,, banyak ikan dan terumbu karangnya bagus,, tempat kedua ya di pahawang, cukup kece walau sekarang lumayan rame. dan tempat terakhir baru Menjangan. entah kenapa,, this is not my fave spot… lagi ga beruntung kali ya… lautnya lagi kotor hehehehe…

Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part1 #GoestoSurabaya

0

Aloha,,,akhirnya nyentuh blog lagi, biasalah sindrom malas menerpa dan menyerang negara api. .oke kali ini.. mari kita bahas tentang liburan akhir-awal taun kemaren! Horeee.. Cuma karena panjang, jadi gw bakal bagi ke beberapa post. Mari kita mulai..

Tahun lalu, gw pengen cari sesuatu yang anti mainstream untuk mengakhiri akhir tahun 2015 dan mengawali awal tahun 2016. Sebenernya ga ada yang special sih, dan  gw juga ga merayakan tahun baru, Cuma gw pengen aja ngisi waktu liburan dengan cara menikmati keindahan Indonesia (cailah) karena kalo menikmati keindahan luar negeri, gw masih belum dibolehin (lagi) kayaknya, masih di blacklist (yang entah kapan bakal dicabut itu blacklistnya) lah ini malah curhat.

So, beberapa bulan terakhir kemaren gw browsing-browsing tempat liburan yang murah tapi banyak destinasi, akhirnya setelah cek “Backpacker Indonesia” dapet juga paket Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Green Bay, Red Island, Baluran dan Ijen) dari PMAN tanggal 31 Desember 2015 – 02 January 2016. Di itinerary nya sih, kita bakal mengunjungi laut, pantai, savanna sampe gunung! Paket lengkap banget Cuma Rp 850.000 (diluar makan dan tiket PP ke surabaya ya tapinya).

Setelah berusaha ngajak anak2 dan pada ga bisa and ga mau, akhirnya gw sepakat Cuma pergi sama Tiwi and Lis, tapi di detik-detik terakhir, Ana, Tya dan Mas Asmi (suaminya Tya) ikut, Cuma kita pergi ke Surabaya nya misah-misah sih.

Kita pun DP dan mulai cari-cari tiket kereta, niatnya naek kereta paling murah, tapi apa daya, namanya libur panjang, kita pun keabisan, alhasil dapet PP Jayabaya Rp 660.000 per orang. Yah lumayan yah over budget padahal niatnya ngirit banget wkwkwkkwk. Itu pun kita harus extend 1 hari karena keabisan tiket.. alhasil keluarin ongkos ekstra buat nginep di hotel XD. Ya nasib..

20151230_110905_zpsbjkm14ba

penampakan tiket berangkat

20151230_110916_zpsmttoumhj

penampakan tiket pulang

Karena gw ikut open trip, jadinya gw ga perlu mikir ekstra buat mikirin nanti transportasi gimana, gw Cuma perlu nyiapin perbekalan alias baju. Makanan? Ga banyak cemilan yang dibawa sih buahahaha *tumben*

Oke apa yang harus gw siapin buat trip banyuwangi ini?  Karena gw malas bawa berat-berat.. alhasil seadanya aja (edisi ade versi jorok)

  1. sepasang baju dan jeans pas brkt
  2. ledging + short buat snorkeling
  3. sepasang baju tidur
  4. kaos buat hari kedua ke red island
  5. kaos dan manset panjang dan sweater buat ijen
  6. kaos dan rok tipis dan ledging tipis ( buat abis dr ijen sampe pulang )
  7. cadangan 1 jeans dan kaos
  8. jaket
  9. pakaian dalam (secukupnya)
  10. bergo item 2
  11. kerudung
  12. daleman kerudung 3
  13. kaos kaki yang banyak
  14. handuk
  15. head lamp / senter
  16. peralatan mandi
  17. payung
  18. tissue basah dan kering
  19. kacamata cadangan plus kacamata item
  20. masker
  21. cemilan
  22. novel
  23. obat2an
  24. charger + powerbank + hape
  25. TIKET KERETA + booking hotel
  26. SARUNG TANGAN , Syal, cover bag
  27. Ransel (Of course)

Setelah siap semua,,, let’s go…

Gw, lis dan tiwi berangkat hari rabu tanggal 30 desember 2015 ke surabaya karena meeting point nya di Surabaya sekitar jam 23.00 wib – 01.00 wib malam. Perjalanan dengan kereta jayabaya ini membutuhkan waktu kurang lebih 11-12 jam. Di jadwal sih harusnya berangkat jam 12.00 eh tapi dasar libur panjang yaa,,, kereta pun delay 1 jam 15 menit. Alhasil kita baru berangkat jam 01.15 siang.

Kereta jayabaya ini termasuk kereta ekonomi AC kelas oke nya, tempat duduknya 2-2 dan lumayan bersih. Gw pun menghabiskan waktu dengan nonton film di hape, dan berusaha baca novel walau akhirnya gagal, karena berisikkkk… hingga akhirnya setelah jam 8 an gw bisa molor.

20151230_132027_zpsrqllpfoz

lumayan bersih yaa kondisi keretanya,, dan nyaman lah untuk ukuran ekonomi dibanding kereta mataraatmaja yang waktu itu kita naekin ke malang hahaha

Ga berasa jam 12 kurang dikit, kita udah sampe di stasiun pasar turi.. dan udah siap dijemput sama PIC trip dari PMAN, namanya mas tria. Karena ini open trip jadinya kita ramean, kurang lebih ber 17 orang lah. Dan harus empet2an naek mini bus hahaha.

20160102_164629_zpszd3g2yhi

inilah minibus yang menemani perjalanan kita

Setelah jemput sana sini dan mampir buat solat (itu tengah malem loh) kita langsung menuju banyuwangi! Horeeeeee…

Berapa jam perjalanan Surabaya banyuwangi? Kurang lebih 8 jam pemirsa!!!!! Bisa dibayangin gw da matgay banget duduk di minibus (apalagi setelah duduk 12 jam di kereta) omg..  hahaha pengalaman trip yang menarik.

Dulu sih gw pernah trip Jawa  – Bali seminggu naek bis, tapi bis yah,, enak nyaman dan luas, kaki ga pegel-pegel amat, lah ini… encok pinggang Barbie…

Setelah berlama lama dijalan dan bobok dijalan, akhirnya kita sampai di banyuwangi!!! Horeee…..

Dan langsung melipir ke rumah makan buat sarapan,,, persiapan sebelum snorkeling ke menjangan.

Saya pun memesan Nasi Rawon plus es the manis sebagai menu sarapan,, nikmat.. biaya makan nasi rawon + es the kayaknya sekitar Rp 20 ribuan. (murah atau mahal? )

20151231_072648_zpsdwsle0jn1

Setelah sarapan.. kita langsung menuju Pulau Menjangan!

Asikk.. siapa yang ga sabar buat snorkeling????

20151231_110354_zpsgwasfxsz

spoiler menjangan 😛 

To be Continue…..

Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part2 #MenjanganIsland