Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part1 #GoestoSurabaya

Aloha,,,akhirnya nyentuh blog lagi, biasalah sindrom malas menerpa dan menyerang negara api. .oke kali ini.. mari kita bahas tentang liburan akhir-awal taun kemaren! Horeee.. Cuma karena panjang, jadi gw bakal bagi ke beberapa post. Mari kita mulai..

Tahun lalu, gw pengen cari sesuatu yang anti mainstream untuk mengakhiri akhir tahun 2015 dan mengawali awal tahun 2016. Sebenernya ga ada yang special sih, dan  gw juga ga merayakan tahun baru, Cuma gw pengen aja ngisi waktu liburan dengan cara menikmati keindahan Indonesia (cailah) karena kalo menikmati keindahan luar negeri, gw masih belum dibolehin (lagi) kayaknya, masih di blacklist (yang entah kapan bakal dicabut itu blacklistnya) lah ini malah curhat.

So, beberapa bulan terakhir kemaren gw browsing-browsing tempat liburan yang murah tapi banyak destinasi, akhirnya setelah cek “Backpacker Indonesia” dapet juga paket Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Green Bay, Red Island, Baluran dan Ijen) dari PMAN tanggal 31 Desember 2015 – 02 January 2016. Di itinerary nya sih, kita bakal mengunjungi laut, pantai, savanna sampe gunung! Paket lengkap banget Cuma Rp 850.000 (diluar makan dan tiket PP ke surabaya ya tapinya).

Setelah berusaha ngajak anak2 dan pada ga bisa and ga mau, akhirnya gw sepakat Cuma pergi sama Tiwi and Lis, tapi di detik-detik terakhir, Ana, Tya dan Mas Asmi (suaminya Tya) ikut, Cuma kita pergi ke Surabaya nya misah-misah sih.

Kita pun DP dan mulai cari-cari tiket kereta, niatnya naek kereta paling murah, tapi apa daya, namanya libur panjang, kita pun keabisan, alhasil dapet PP Jayabaya Rp 660.000 per orang. Yah lumayan yah over budget padahal niatnya ngirit banget wkwkwkkwk. Itu pun kita harus extend 1 hari karena keabisan tiket.. alhasil keluarin ongkos ekstra buat nginep di hotel XD. Ya nasib..

20151230_110905_zpsbjkm14ba

penampakan tiket berangkat

20151230_110916_zpsmttoumhj

penampakan tiket pulang

Karena gw ikut open trip, jadinya gw ga perlu mikir ekstra buat mikirin nanti transportasi gimana, gw Cuma perlu nyiapin perbekalan alias baju. Makanan? Ga banyak cemilan yang dibawa sih buahahaha *tumben*

Oke apa yang harus gw siapin buat trip banyuwangi ini?  Karena gw malas bawa berat-berat.. alhasil seadanya aja (edisi ade versi jorok)

  1. sepasang baju dan jeans pas brkt
  2. ledging + short buat snorkeling
  3. sepasang baju tidur
  4. kaos buat hari kedua ke red island
  5. kaos dan manset panjang dan sweater buat ijen
  6. kaos dan rok tipis dan ledging tipis ( buat abis dr ijen sampe pulang )
  7. cadangan 1 jeans dan kaos
  8. jaket
  9. pakaian dalam (secukupnya)
  10. bergo item 2
  11. kerudung
  12. daleman kerudung 3
  13. kaos kaki yang banyak
  14. handuk
  15. head lamp / senter
  16. peralatan mandi
  17. payung
  18. tissue basah dan kering
  19. kacamata cadangan plus kacamata item
  20. masker
  21. cemilan
  22. novel
  23. obat2an
  24. charger + powerbank + hape
  25. TIKET KERETA + booking hotel
  26. SARUNG TANGAN , Syal, cover bag
  27. Ransel (Of course)

Setelah siap semua,,, let’s go…

Gw, lis dan tiwi berangkat hari rabu tanggal 30 desember 2015 ke surabaya karena meeting point nya di Surabaya sekitar jam 23.00 wib – 01.00 wib malam. Perjalanan dengan kereta jayabaya ini membutuhkan waktu kurang lebih 11-12 jam. Di jadwal sih harusnya berangkat jam 12.00 eh tapi dasar libur panjang yaa,,, kereta pun delay 1 jam 15 menit. Alhasil kita baru berangkat jam 01.15 siang.

Kereta jayabaya ini termasuk kereta ekonomi AC kelas oke nya, tempat duduknya 2-2 dan lumayan bersih. Gw pun menghabiskan waktu dengan nonton film di hape, dan berusaha baca novel walau akhirnya gagal, karena berisikkkk… hingga akhirnya setelah jam 8 an gw bisa molor.

20151230_132027_zpsrqllpfoz

lumayan bersih yaa kondisi keretanya,, dan nyaman lah untuk ukuran ekonomi dibanding kereta mataraatmaja yang waktu itu kita naekin ke malang hahaha

Ga berasa jam 12 kurang dikit, kita udah sampe di stasiun pasar turi.. dan udah siap dijemput sama PIC trip dari PMAN, namanya mas tria. Karena ini open trip jadinya kita ramean, kurang lebih ber 17 orang lah. Dan harus empet2an naek mini bus hahaha.

20160102_164629_zpszd3g2yhi

inilah minibus yang menemani perjalanan kita

Setelah jemput sana sini dan mampir buat solat (itu tengah malem loh) kita langsung menuju banyuwangi! Horeeeeee…

Berapa jam perjalanan Surabaya banyuwangi? Kurang lebih 8 jam pemirsa!!!!! Bisa dibayangin gw da matgay banget duduk di minibus (apalagi setelah duduk 12 jam di kereta) omg..  hahaha pengalaman trip yang menarik.

Dulu sih gw pernah trip Jawa  – Bali seminggu naek bis, tapi bis yah,, enak nyaman dan luas, kaki ga pegel-pegel amat, lah ini… encok pinggang Barbie…

Setelah berlama lama dijalan dan bobok dijalan, akhirnya kita sampai di banyuwangi!!! Horeee…..

Dan langsung melipir ke rumah makan buat sarapan,,, persiapan sebelum snorkeling ke menjangan.

Saya pun memesan Nasi Rawon plus es the manis sebagai menu sarapan,, nikmat.. biaya makan nasi rawon + es the kayaknya sekitar Rp 20 ribuan. (murah atau mahal? )

20151231_072648_zpsdwsle0jn1

Setelah sarapan.. kita langsung menuju Pulau Menjangan!

Asikk.. siapa yang ga sabar buat snorkeling????

20151231_110354_zpsgwasfxsz

spoiler menjangan 😛 

To be Continue…..

Trip Banyuwangi (Menjangan Island, Red Island, Baluran dan Ijen) 30 Des 15 – 3 Jan 16 #Part2 #MenjanganIsland

Leave a Reply

