Book Review : “Cinder (The Lunar Chronicles #1)” – Marissa Meyer

0

photogrid_1453426278128_zpswtzj12rs

Original Title : Cinder
by Marissa Meyer (Goodreads Author)
Paperback, 384 pages
Published January 1st 2016 by Penerbit Spring
first published January 3rd 2012
 ISBN13 : 9786027150546
Edition Language : Indonesian

Resensi :

Mereka Mengambil Gaun-Gaun yang indah, menyuruhnya memakai baju kerja abu-abu tua, dan memberinya sepatu kayu

Cinder merupakan seorang mekanik ternama di New Beijing. Ia hidup bersama Ibu Tiri (Adri) dan juga kedua saudara tiri nya ( Pearl dan Peony ). Bertahun tahun silam, sebuah kecelakaan di Eropa membuatnya kehilangan separuh kaki dan lengan nya, hingga akhirnya mengubahnya menjadi seorang Cyborg (Cybernetic Organism – Mahluk Hidup yang memiliki bagian-bagian tubuh robot). Kemudian ia dibawa oleh Garan (suami Adri) dan diangkat sebagai anak.

Namun malang, Wabah Penyakit Letumosis yang menyebar ke seluruh dunia menyerang Garan, hingga akhirnya ia diasingkan dan kemudian meninggal. Adri menyalahkan Cinder akan hal ini, dan geram karena suami nya meninggalkan seorang “cyborg” bersama dirinya. Cinder pun dipaksa bekerja  untuk menghidupi keluarga mereka. Semua orang memandang remeh dirinya yang seorang “Cyborg”, hanya Iko sang android dan adiknya Peony satu-satunya manusia yang menerima nya.

Suatu hari, seorang pemuda datang ke kios nya untuk membetulkan android tua miliknya. Ia bukanlah pemuda biasa, namun seorang Putra Mahkota Persemakmuran Timur – Pangeran Kaito. Cinder tidak menyangka, pertemuan itu akan mengubah hidupnya.

Sementara itu, Perseteruan antara Bumi dan Bulan terus berlangsung, hingga akhirnya sang Pemimpin kerajaan Bulan yang dipimpin oleh Putri Levena datang ke Bumi. Lalu apa yang akan dilakukan oleh Pangeran Kaito untuk menyalamatkan bumi? Apa hubungan antara Cinder dengan semua ini?

 

Review :

udah lama tertarik baca novel ini karena banyak yang rekomenin di instagram, makanya bersyukur banget pas Spring nerbitin ini. jujur ekspektasi saya lumayan tinggi loh,, dan ternyata sesuai ekspektasi!

suka ih,, ceritanya bener2 campuran antara dongeng cinderella yang digabung dengan dystopia (karena adanya wabah penyakit yang belum bisa disembuhkan) dan juga dicampur sama sci fi yang terlihat jelas melalui tokoh utama yang seorang cyborg, ada juga berbagai teknologi canggih lainnya, macam android, hover, portscreen dll. dan ga hanya itu, ini novel berbau fantasy juga ! setting nya ga hanya di bumi tapi juga bulan, makanya judulnya Lunar Chronicles.

dari awal ceritanya mengalir dengan lancar, dan langsung dibuat jatuh hati sama Cinder dan dibuat kesemsem sama pangeran kai yang baik hati. berbagai misteri pun terungkap secara perlahan tapi pasti. walau hampir semua sesuai dugaan saya sih, sejauh ini belum ada plot twist yang bener-bener bikin shock, tapi jangan salah novel ini tetep aja seru buat dibaca. 😀 saya nyaris selalu dilanda rasa penasaran buat buka halaman selanjutnya terus menerus.. mungkin karena penyampaian ceritanya yang asik ya,,

sedikit kelemahan nya menurut saya malah di ending. entahlah kesannya endingnya malah agak hambar.. dan kesannya diburu-buru. untunglah di dua bab terakhir, meyer bisa meningkatkan lagi rasa penasaran saya,, yak penasaran untuk baca kisah selanjutnya,,

Advertisements

Book Review : “Underground” – Ika Natassa

0

 

img_20160222_104917_zpsehpq3tbf

Underground

Mass Market Paperback, 552 pages
Published :  February 29th 2016 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 6020319466 (ISBN13: 9786020319469)
Edition Language : English

Sinopsis :

Welcome to Underground, the most prominent music television station in the United States, where young, talented entertainers and VJs live their normal lives, that is if you can call living under the limelight for ten hours a day, flying on Marquis Jet to cover AmsterJam and Live 8, and pose for the cover of Rolling Stonemagazine `normal`.

Under the spotlight, everything seems perfect. Liv has just been listed as one of the 50 Most Beautiful People in the World. Stefan, the so-called most eligible bachelor in New York, successfully started a celebrity online promotion company. Gavin got his band signed on a major label. Claire is being headhunted by MTV and VH1. Heather and Jared are making the most of their love story on set. Shareef and Aaliyah can easily replace Brad Pitt and Angelina Jolie to pose for W magazine as the perfect American family.

But when the spotlights have went out and the red carpet has been rolled, they have to face the hard truth. Abstinence versus promiscuity, gossips on tabloids, drugs, plastic surgery, to unwanted pregnancy are just the tip of the iceberg.

Underground is a simple novel about the complex life of celebrities, although like most of us, they are too still trying to define the true meaning of friendship and love.

Review :

Akhirnya sukses melahap novel berbahasa inggris setebal 549 halaman karya Ika Natassa ini. Sebagai fans tulisan ka ika, gw Pribadi suka suka aja sama novel ini (totally biased) hahaha, tapi gw akan coba bikin sedikit review plus minus nya :

Plus :

  • Bahasa inggris nya tergolong gampang banget dicerna, yah Cuma conversation English biasa lah, jadi buat manusia yang kemampuan Bahasa inggrisnya rendah kayak gw, gw ga ngerasa kesulitan buat bacanya.
  • Novel ini kayak ngebawa gw balik ke akhir taun 90 dan awal taun 2000 an,, dimana kita sebagai remaja masa lampau ikut Hype juga sama MTV dan lagu2 hitz saat itu XDDDDDD Sebagai contoh, lagu2 nya Christina aquilera, Britney, Saybia, the corrs,, dan masih banyak lagi
  • Setting nya di US, dan sukses bikin gw mupeng dan bingung pengen ikut melipir kesana
  • Seperti tulisan ika yang lain, dia bisaan banget bawa kita kebawa ke alur ceritanya, walau novel ini tergolong tebel, tapi gw asik-asik aja sih bacanya

Negatif :

  • Too many character,, bener-bener banyak,,, hahahaha gw ampe bingung ini siapa tokoh utamanya. Hubungan antara satu sama lain kayak apa
  • Saking banyaknya tokoh,, deskripsinya pun berasa kurang… kurang banget… gw bahkan baru tau kalo will afro amerika di tengah. Baru tau Stefan itu blonde udah di akhir-akhir banget XDDD… gw ga tau tokoh-tokoh lain bentuk fisiknya kayak apa, sukunya darimana, gw ga tauuuu hahahahhaa
  • POV nya tumpeng tindih, kadang pake orang pertama, nanti ada orang ketiga, terus nanti pov orang pertama dari tokoh A,, bab selanjutnya ada dari B, C, D XDDDD
  • Gimana dengan kekuatan cerita? Oke,, ceritanya banyak banget, konfliknya banyak,, tapi ya itu, kurang di eksplore, kurang di deskripsiin karena terlalu banyak orang, seperti memaksakan semua harus masuk dalam satu buku.

Tapi overall, gw maklum banget, dan dari awal pun ka ika udah bilang, ini novel masih “virgin” banget, novel pertama ka ika yang ditulis pas umur 19 tahun, tanpa ada pembaharuan sama sekali pas di terbitin, jadi no wonder ya, kalo jauh banget dibandingin sama best seller ka ika yang lain,,

Dan sebagai pembaca setia novel ka ika, gw ga nyesel sih beli dan baca novel ini, karena gw tetep fun, tetep suka sama gaya cerita ka ika, dan tetep jatuh cinta sama tokoh2 nya (walau belum ada yang ngalahin om beno dan haris hihihi)

Terakhir,, dan kesimpulan : Underground adalah novel ka ika yang paling “biasa” bahkan lebih biasa dibanding “A Very Yuppy Wedding” yang juga biasa,, tapi tetap saya sukai XDDDDD terima kasih ka ika, udah ngebawa gw balik ke jaman-jaman MTV, yang sungguh ngangenin banget hihi

My Rating : 3 / 5 stars