Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea #MovieReview #JilbabtravelerLSIK

Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea merupakan salah satu film Indonesia yang ikut meramaikan jajaran film-film nasional yang lagi hebring di bioskop dan merupakan satu-satunya film Religi diantara film lainnya. Alhamdulillah saya berkesempatan (baca : NIAT) menjadi salah satu penonton pertama di Gala Premier yang diadakan di CGV Blitz Grand Indonesia, Senin 21 Juni 2016 lalu bersama dengan hampir 2000 orang penonton lainnya. Jujur saya surprise banget sama antusias mereka untuk hadir di gala premier, itu rame parah loh, dan denger-denger merupakan salah satu acara premier ter-ramai di Indonesia.

images_zpsil9oepwq

hyun geun dan rania

Sebenernya dari kemarin saya sudah ingin menulis review tentang film ini, tapi karena salah satu hal yang akan saya bahas dibawah, saya memutuskan untuk menulis review ini setelah menonton kedua kalinya. Alhamdulillah kemarin sehabis pulang mudik Solo-Jakarta 22 jam dan baru sampai Jakarta jam 1.30 siang saya memutuskan untuk langsung cuus ke Mega Bekasi untuk ikut Nobar disana (baca : karena pengen ketemu morgan lagi dan lagi XD).

photogrid_1468165234055_zpsptupgxy3

potongan tiket nonton di premier dan Mega Bekasi

Yuk ga perlu lama-lama saya mau langsung bikin sedikit sinopsis dan langsung review nya :

Sinopsis

“Jadilah Ibnu Batuta..Penjelajah Muslim yang menjadi rujukan dunia”

Kalimat yang diucapkan sang ayah itulah yang mendorong Rania Timur Samudra (Bunga Citra Lestari) untuk menjadi seorang jilbab traveler. Ditengah keterbasannya karena lemahnya fisik sejak kecil hingga akhirnya tidak dapat melanjutkan studi nya, Rania memutuskan untuk menjadi seorang penulis yang kemudian mengantarkannya untuk mengunjungi ratusan kota diseluruh Dunia dan mengukuhkan dirinya untuk menjadi seorang jilbab traveler. Dia membuktikan Jilbab bukanlah pembatas untuk meraih mimpi.

Ditengah sakit nya sang Ayah, Rania memutuskan untuk berhenti menjadi Jilbab Traveler dan menemani sang Ayah, namun sang Ayah justru mendorong Rania untuk pergi terus menjelajah menjadi “mata” bagi sang ayah dan mencari serta menggapai mimpi nya, salah satunya dengan pergi ke Baluran, Banyuwangi Jawa Timur tempat dimana Sang Ayah dan Ibu nya (Dewi Yull) bertemu.

Rania pun pergi ke Baluran, disana ia bertemu dengan Hyun Geun (morgan Oey) seorang Photographer Nature asal korea dan sahabat nya Alvin (Ringgo Agus Rahman). Hyun Geun berkata kepada Rania bahwa Korea jauh lebih indah dibandingkan Indonesia. kata-kata itu menantang Rania untuk menunjukan ke Hyun Geun bahwa Indonesia Tak Kalah Indah. Mereka pun pergi ke Kawah Ijen. Disanalah Hyun Geun terpana dengan keindahan Indonesia.

285de561-d2d3-4b77-886b-5be530e4f99b_169_zpsffw2vakm

adegan pertama kali Rania bertemu Hyun Geun

Ternyata kepergian rania ke Baluran membuat nya kehilangan saat terakhir bersama sang Ayah. Kehadiran Ilhan (Giring Nidji) yang tiba-tiba datang ke banyuwangi dan mengabarkan bahwa sang Ayah sudah tiada sangat membuat Rania terpukul hingga dia memutuskan untuk berhenti menjadi Jilbab Traveler.

Baluran dan Ijen sungguh mempunyai Cerita tersendiri bagi Hyun Geun dan Rania. Namun, Ego hati Rania menutupi itu semua. Selama menetap di Indonesia, Rania membantu Ilhan untuk mengurus sekolah khusus untuk Ibu-ibu buta huruf. Disanalah Ilhan berkesempatan untuk “mencuri” hati rania. Belum lagi kedua kakak rania yakni Tia (Tasya) dan Eron (Indra Bekti) yang sibuk menjodohkan kedua nya.

Hingga suatu saat, Rania mendapatkan Undangan Writing Residence ke Korea, dia pun menolak untuk pergi karena janji nya berhenti menjadi jilbab traveler, tapi berkat dorongan sang ibu, ia pun berangkat ke korea selama satu bulan.

unnamed_zpsnonbij5k

Disanalah ia kembali bertemu dengan hyun geun dan harus menentukan pilihan siapa yang akan menjadi pasangan sang jilbab traveler. Apakah ia akan merajut kembali cerita yang bahkan belum dimulai dengan Hyun Geun? Atau menerima Ilhan sesuai dengan keinginan kakaknya?

6458b430-5a67-41f4-9b03-81ef229485e0_169_zpsvfvyrls4

REVIEW

Mari kita kulik dari awal…. (kayak bisa aja,, maap kalo nanti ulasan nya bakal random) :

Akhirnya film ini rilis juga,, kebetulan saya sudah membaca novelnya dan bahkan membuat review nya dari awal novel ini rilis, bisa dibaca disini ya ulasan nya : Book Review Jilbab Traveler Love Sparks In Korea. Saya langsung jatuh hati sama cerita di novel ini,, inspiratif, manis dan penuh quote yang amat apik. Jadi saya excited parah pas film ini akhirnya mulai menampakan diri nya ke permukaan (?).

Saya benar-benar mengikuti dari awal proses “berita-berita” terkait film ini, mulai dari pemilihan casting utama sampe baper karena liat proses syuting nya, dan dari liat foto-foto bts aja saya (lagi-lagi) jatuh hati.

Tapi…

Pertama kali liat teaser trailer dan akhirnya full trailer, saya agak shock, kenapa sepertinya “agak berbeda” yah dari versi novel nya.

Full trailer

Tapi ga masalah, trailer nya apik! Ditambah soundtrack nya yang mampu dibawakan sangat piawai oleh BCL, apalagi pencipta nya melly goeslaw yang udah ga diragukan lagi. OST aku bisa apa ini hingga saat ini masih jadi playlist fav saya loh.

Ost

Kembali ke review film ya, seperti yang saya bilang di awal, saya mendapatkan kesempatan untuk ikut gala premier, dan pas banget dapat nya nonton di Sphere X, yang mana merupakan salah 1 layar terbesar di CGV,, (setara IMAX lah) nah pas nonton saya jadi ga fokus,, kenapa?

mungkin film ini bukan jenis film yang bisa diputar di LAYAR SEBESAR Sphere X, jadi jujur (walau senang bisa liat wajah morgan di layar super besar) kualitas film nya ga bagus, PECAH gambar nya, burem, ga berasa nonton di bioskop jadinya… makanya saya sempat malas membuat review, karena mood saya udah jelek duluan, saya pun bertekad harus nonton lagi di layar biasa! Saya mau liat film ini dengan kualitas yang oke =]

alhamdulillah kemarin berkesempatan juga ikut Nobar di Bekasi (baca : demi ketemu morgan juga) dan dari nonton kedua kali ini saya jadi lebih memperhatikan detail nya,,,, (dan jadi makin baper) bener kan kualitas filmnya jadi lebih yahud! Keceeeee…

img-20160710-wa0020_zpsxeklheji

surprise di akhir nobar bunda asma sama morgan masuk

Plus :

  • Seperti judulnya, Jilbab traveler, dari awal mulai kita di suguhi “ringkasan” perjalanan Rania yang menjelajah ke berbagai tempat, saya dibuat kagum dengan CGI nya yang menurut saya cukup apik, walau,,, ada beberapa yang keliatan boongan nya banget (Contoh yang di padang pasir) tapi tetep sih, scene demi scene cukup keren dan bikin saya iri banget!
  • Walau judulnya Love Sparks in Korea, tapi kisah ini dimulai di Baluran dan Ijen yang merupakan salah satu objek wisata yang lagi happening di Indonesia (alhamdulillah saya sudah kesana awal tahun ini jadi ga pake mupeng deh :p ) saya salut parah sama Sinematografi yang bener-bener apik.. cara pengambilan gambar di Baluran dan Ijen sangat ciamik, tapi sayang Cuma sebentar… anyway saya berharap dengan adanya film ini, kedua objek wisata itu makin ramai dikunjungi turis lokal… 😀
  • Lalu gimana dengan pemandangan di Korea? Wah ga usah ditanya,, saya yang belum pernah ke korea dan Cuma bisa memandang lewat Drakor jadi mupeng pengen kesana,,, walau sebenernya sih buat pecinta drakor pasti sering liat pemandangan kayak di film ini, macam Nami Island, itaewon dll..
  • Saya SUKA BANGET sama adegan salju nya alamakkkkk
  • Mohon maaf mbak Unge awalnya saya sempet underestimate pas tau mbak yang kepilih meranin Rania, karena saya pikir, chemistry antara mbak dan morgan bakal susah dapetnya (baca : perbedaan usia dan karakter rania yang umurnya masih muda banget di novel) eh ternyata saya salah besar! Dari film ini, BCL kembali membuktikan bahwa dia merupakan salah satu aktris berbakat di Indonesia, aktingnya matang banget!
  • Chemistry antara Rania dan Hyun Geun dapet (setelah nonton dua kali jadi berasa banget). Walau dialog antara mereka kurang banget.. kebanyakan malah dialog antara Rania – Alvin dan Rania – Ilhan tapi ya.. dengan komunikasi yang dikit, Cuma dari TATAP MENATAP berasa banget hyun geun sayang banget sama rania dan sebaliknya.. asli ya,, adegan di jalanan pas rania ngejar hyun geun,, asli yaaa mau donk ditatap hyungeun (aka morgan) kek gitu T________T
  • Sebagai fans morgan, saya takut berpendapat tentang aktingnya karena takut “biased” tapi jujur, ini adalah salah satu acting terbaik morgan, walau logat korea nya masih belum sempurna, tapi aktingnya meningkat banget kalo dibandingin film film dia sebelumnya,, bener-bener dari gesture, cara tatap aja saya kayak mampu ngebaca apa yang hyun geun pikirin.
  • Alvin – Ringgo agus adalah Scene Stealer utama di Film ini,,, dia lucu banget! Komen komen simple nya.. bahkan gerak gerik nya yang kocak aja bisa bikin ngakak satu bioskop hahaha you totally rock!
  • OST nya kece badai!!!!!!!!!!!!!!! Suka banget!
  • film romantis harus selalu ada adegan sentuhan atau ciuman? NOPE! film ini membuktikan, cinta itu bisa dirasakan tanpa harus melibatkan sentuhan sebelum menjadi halal

Minus :

  • Saya agak sebel sama “dubbing” nya,, kadang ga pas, kadang suaranya ganggu banget saking gede nya (?) terutama part “Ilhan” hehehe apalagi pas adegan-adegan akhir.. maap 😦
  • Durasi nya cukup lama ya 2 jam, sempet agak sedikit (sedikit banget) boring nya tapi untung ada sesosok Alvin sebagai ice breaker
  • Iklan sponsor nya banyak banget ampe sempet gangguuuuuuu .. huhu
  • Saya sulit banget untuk ga membandingkan film ini dengan novel nya.. tapi ya jujur saya jauh lebih suka novel nya, karena, di film semacam di paksakan Ilhan dan Rania nya,,, yang ujug-ujug Ilhan nya kesel rania mau ke korea dll. Kurang kena. Padahal banyak banget Rania – Ilhan moment nya
  • Nah bagian Hyun Geun agak sebel sih, mungkin karena durasi, kisah hidupnya banyak diceritakan hanya melalui Alvin, jadi agak kurang “ngena”.
  • Saya sebel Rania-Hyun Geun moment nya sedikit, jadi proses gimana kedua sejoli ini jatuh cinta agak kurang ma’nyes.. walau tetep bikin baper (apalagi adegan Hyun Geun mandang rania diam diam,, alamak!)
  • Ending nya manis,, tapi terlalu cepat,,, (?) jadi kayak gitu doank…

Conclusion :

Setelah dua kali nonton, saya jadi SUKA banget sama film ini! Walau jujur assalamualaikum Beijing lebih baik dari segi cerita menurut saya,, tapi Jilbab Traveler ga kalah oke! Bener-bener bikin saya pengen traveling lagi… (traveling bersama pasangan hidup sih #eaaaa) sinematografi patut di acungi jempol dan bener-bener memanjakan mata saya,,, pemandangan nya indah,, baju-baju nya indah dan cantik , berasa nonton drakor,,, buat yang suka Drama Romance wajib nonton banget! Tapi inget ya ini romance banget… (keluar bioskop saya langsung pengen cari jodoh fotografer LOL)

jangan lupa durasi nya nyaris 2 jam,,, jadi “siap siap” ya….  hehehehe

 

Anyway film ini memang bernapaskan religi , tapi sama  sekali bukan sok sok an menggurui yg islami banget gitu .. nggak ko.. saya justru banyak banget belajar dari quote-quote indah dan romantis dari film ini,,

 “Kamu mencuri mimpiku tapi aku suka kamu yang mencuri mimpi ku

jadi buat yang non muslim ga ada salahnya nonton ini,, film ini universal!

Anyway kata bunda asma kalau film ini laris, bakal ada sequel nya? so.. PLEASE MAKE IT HAPPEN! Ayo nonton film baik ini!

photogrid_1468148753479_zpszzawsinn

sisa nobar hahaha.. with my fav ACTOR!

5 thoughts on “Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea #MovieReview #JilbabtravelerLSIK

  1. assalamu’alaikum, salam kenal.
    ga sengaja nemu tulisan kamu dsni
    tadinya cuma mau searching aja ttg ini film, cz abis dengerin ost nya BCL di film ini.

    numpang coret2 ya,
    aq juga udh nntn ini film. abis lebaran kmrn.
    ceritanya gini, sbnrnya aq ga terlalu minat nntn film di bioskop sih (hanya film tertentu aja yg menarik minat aq). tp krn adikku doyan banget nntn, yaudh aq temenin dan dia udh pny daftar list film apa aja yg pd saat itu pengen di tonton.

    secara keseluruhan buat aq filmnya bagus banget, ada ilmu yg bs diambil dr nntn film ini.
    dan yg lucunya setelah selesai nntn ini film ini, aq + adikku kompak terisak banget. hampir mau nangis.
    yah bisa dibilang filmnya alurnya terlalu cepet banget gitu. dan ada scene bbrp dialog dr pemain yg aq liatnya kaku. jadi nntnnya agak terganggu.
    tapi semuanya bagus banget.

  2. Walaikumsalam.. Hihi seneng ada yang suka film ini..Karena jujur film ini agak underrated ya.. Tp alhamdulillah masih menang best ost di AMI Awards dan penghargaan kamera (?) di FFB (lah komen nya ga nyambung)

    Iyaa memang alurnya cepet ya mbak.. Dan ada plot hole juga..Tp overall sih bagus..

    Kamu udah baca novelnya kah? Saya rekomenin sekali.. Karena novelnya jauh lebih indah menurut saya

  3. Wah saya ga liat waktu ajang penghargaan, entah knp ngeliat acara tv Indonesia bawaanny bosan mulu. hehehehhe.
    belum sempet baca sih novelnya, dlu pernah di pinjemin temen novelnya asma nadia ya sama traveling gitu cuma bukan versi cerita cuma sekedar info traveling kalo ke luar negeri aja. Insyaallah saya sempatkan baca novelnya. terima kasih rekomendasinya.
    kebanyakan emang gitu klo novel di filmkan, emang ga selalu persis spt aslinya.
    klo udh duluan baca versi novel trus nntn versi film, kita yg udh ngayal ga karuan ngeliat hasilny beda jatuhnya malah kecewa.

  4. aku juga ga ntn di tivi sih cuma baca d medsos LOL

    oh iya klo novel yg itu emang cuma info aja, tp yg love sparks in korea memang kisah romansa,.

    betul.. karena imajinasi nya ga sesuai… coba baca review saya juga sebelum baca novelnya mbak biar makin semangat :p

Leave a Reply

