Trip Gunung Kidul – Semarang – Karimun Jawa 5-8 May 2016

Setelah menguatkan hati dan pikiran,,, akhirnya gw memberanikan diri menuliskan kisah perjalanan yang cukup mengecewakan  pas liburan panjang beberapa bulan kemarin, tepatnya 5- 8 Mei 2016. Eh tapi semua harus kita syukuri ya,, Alhamdulillah diberikan rejeki bisa jalan-jalan, dan diberikan kesehatan sehabis seminggu full di jalan.

20160507_142501_zpswffzmacu

Mari kita mulai kisah ini,, mungkin gw ga bakal nulis se detail cerita trip Belitung, karena yah mau gimana, lumayan ga mood sih di perjalanan,,, hihi

Karimun Jawa udah jadi salah satu Wish List gw selama 1-2 taun ini, tapi dari dulu belum ada kesempatan dan rejeki buat gw melangkah kesana, mengunjungi pulau yang dari kata orang-orang indah itu. Nah, pas banget beberapa bulan lalu, asmi nawarin sebuah rencana perjalanan dengan sistem ”Sharecost” dari salah satu travel yang kebetulan udah 2 kali dipakai asmi, dan komen dari asmi oke. Alhasil gw liat-liat deh itinerary dan biaya nya, gw setuju karena lumayan menurut gw mengambil waktu pas long weekend jadi gw ga usah cuti, (selama ini salah satu momok gw ga ke sana ya karena terhalang cuti).

Total biaya yang diajukan Rp 940.000 (belum termasuk alat snorkeling yang diprediksi sebesar Rp 50.000).

Dengan itinerary (awal) : Semarang (City Tour 5 Mei 2016) dan Karimun Jawa (3 Hari 2 Malam – 6-8 Mei 2016).

Beberapa hari sebelum, gw da excited banget buat trip ini, padahal sebelumnya, hari senin dan selasa gw business trip ke Jambi, dan itu lumayan melelahkan karena harus ke site dimana sekali perjalanan harus ditempuh dengan mobil selama 4 jam. Sampai Jakarta udah malem dan masih harus packing buat berangkat ke karjaw besoknya, plus gw harus tetep ngantor , bikin berbagai report dll. Tapi gw tetap semangat dan excited banget buat ke KARJAW!

Akhirnya malam itu tiba (cailah) rabu malam (4 Mei 2016) kami janjian di pom bensin kampung rambutan, menanti semua peserta muncul dimana peserta yang ikut cukup banyak .. 1 bis besar atau 47 orang.. warbyasah,, awal gw mw ikut trip ini tuh karena Cuma dikit target peserta nya,, eh tau2 membludak sebanyak itu, itu aja udah pake banyak yang cancel loh,, keren kan …. ayo semua mengheningkan cipta

Gw saat itu masih EXCITED banget,,, buru-buru masuk bis dan cari tempat. Kebetulan gw duduk sama asmi ditengah, sementara si atha ama tiwi di depan, saat itulah,, jebakan betmen di mulai heuheuheu.. tiba-tiba Tour Leadernya (TL) mengumumkan bahwa KITA GA BISA NYEBRANG KE KARJAW HARI JUMAT  karena penyebrangan ditutup,,, (karena masalah ASDP, teknis) dan baru bisa nyebrang hari sabtu,,,

Gw langsung shock,, WTF banget kan,, udah di bis baru dikasih tau! Thank u so much,,,,

Dan saat itu sang TL langsung bilang, sebagai gantinya kita bakal ke gunung kidul,, ke Sungai Oyo… buat “River Tubing” … jujur saat itu gw masih shock dan sebel jadi iya iya wae,, udah lebih ke males sih,, suka suka aja,,

Selama perjalanan gw berusaha happy dengan molor,, nyemil dan nontonin video yang gw simpen di hape,,. Gw berusaha berpikiran positive.. oke siapa tau di gunung kidul menarik,,, toh masih tetep ke karjaw walau Cuma 1 hari (efektifnya sih Cuma setengah hari).

Ya ampun gw nulis ini jadi sedih lagi T.T … okelah ga usah sedih2an ya,, gw bakal ceritain selama perjalanan dan posting foto2 happy aja,, lupakan segala drama-drama selama perjalanan,, ikhlas de! Ikhlas! Bersyukur! *ngomong sama kaca terus kaca nya mantul ke muka*

Perjalanan dimulai rabu malam… karena udah malam, dan karena emang gw da cape berat,,, gw pun tertidur (dengan bantuan antimo juga) walau sempet beberapa kali kebangun, gara2 suara TV yang luar biasa kenceng. Setelah belasan jam,,,, akhirnya jam 11 siang… baru sampe GOMBONG AHAHAHAHAHA astagah ih,,,lama nya,,, maklum ya,,, ini kan libur panjang,, jadi sempet kena macet dan emang ramai lancar,, jadi bis nya ga bisa ngebut…

Karena dari pagi belum makan (nasi) akhirnya kita melipir ke restoran Candi Sari yang terletak di Gombong – Kebumen , gw udah beberapa kali kesini, secara ini kampung halaman bokap nyokap ehehehhe…. Gw pun memesan Soto Ayam,, (biar irit) rasanya? Standard.. tapi karena laper ya udah gw makan aja… daripada manyun (?)

20160505_112616_zpszeivfzuq

Enter a caption

Soto Ayam + Nasi  + Es The Manis = Rp 19.500

Setelah makan, dan sholat.. perjalanan pun dilanjutkan,,,, langsung menuju Gunung Kidul.. dan tebak sampe gunung kidul jam berapa? 7 MALAM! Luar biasa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! hampir 24 jam loh perjalanan Jakarta – Gunung Kidul Jogjakarta wkwkwkwk ya udah nikmati aja,,, toh selama perjalanan gw ditemani, The Flash, Quantico, Legend of Tomorrow dll.

20160506_070239_zpsvxwlimuw

Penampakan Homestay di siang hari

Kami nginep di Homestay gitu, umpel2an,, untung kita dapet kamar,, 1 kamar ber-7 sesek sesekan,, dan GERAH nya naudzubillah…hahahhaa padahal ada kipas angin, yah alhamdulillah masih bisa tidur kan ya,, tapi sebelum tidur jangan lupa maem dulu,,, kita pesen Indomie Rebus + Telor  seharga Rp 6000 saja,,

20160505_195656_zps3zpiimlh

tapi sebelumnya gw nyegat abang-abang bakso bakar dan berhasil menyantap 2 tusuk bakso dengan harga 2500 ( total Rp 5000) saja,, ohoooo

20160505_191530_zpsxxkwyniw

Besoknya pagi-pagi kita udah siap-siap berangkat ke Sungai Oyo untuk River Tubing tapi sebelumnya sarapan nasi uduk biar perut kenyang hati senang. Beruntungnya karena kita berangkat pagi-pagi jadi ga terlalu penuh.

20160506_070218_zpsunq9800y

Kita Naik ini Loh buat Ke sungai oyo wkwkkw

img_20160506_073551_zpstjadoojm

harus tetep narsis

img_20160506_074316_zps7lazzxrh

brum brum

img_20160506_074654_zpsy6yklibe

harus gotong ban sendiri hahaa

Mau tau sungai oyo kayak apa? Ya gitu doank sih sungai-sungai kecoklatan, hahaha. Kita ga terlalu lama disana, kelar trus langsung balik ke penginapan. Mandi mandi packing  terus jajan makan mie ayam dan es degan seharga total 20.000 terus cuss deh ke semarang, saat itu udah siang banget karena kan kudu nunggu cowok-cowok sholat jumat.. (super gaje deh ¼ harian itu )

img_20160506_080837_zpsd6htvpgl

Perjalanan ke semarang memakan waktu berjam-jam tapi alhamdulillah habis magrib kami sudah sampai, dan langsung menuju Pagoda Avalokitesvara, alhamdulillah selama ini beberapa kali ke semarang belum sempet kesini jadi excited sih buat kesini, sayang karena udah malem dan waktu mepet jadi ga sempet explore.

20160506_183231_zpsdgxv3nuz

20160506_183243_zpszgjjwyac

20160506_183259_zpsltr3qffk

pagoda nya cantik ya

Selanjutnya ke lawang sewu saya udah beberapa kali kesini, jadi udah bosen parah dan ga excited lagi, jadi Cuma duduk duduk aja.

20160506_201336_zpsv1xqefyj

lawang sewu tampak depan

20160506_202022_zpsngilvfjy

20160506_201443_zpsjbzubui1

img_9231_zpsmc81raca

narsis dikit gapapa ya

terus malah memutuskan buat jajan ke “Bonafide” buat makan Nasi Bakar plus es lemon tea seharga Rp 19.000 mayan murah. Setelah itu menuju ke tempat oleh oleh buat beli dodol dan keripik tempe, disini gw harus menghabiskan Rp 105.000 mayan lah (medit) hahaha

20160506_211257_zpsqqpgrfhg

ini enak loh

Setelah selesai kita langsung menuju Masjid Agung Semarang ya ampun beneran saya juga udah beberapa kali kesini, jadi ga se excited itu lagi,, Cuma duduk duduk deh sambil mandangin langit, sempet bingung orang orang pada kemana, eh ternyata foto-foto . Ya udah kira-kira jam 11 -12 malam kami cuss langsung ke pelabuhan kartini.. FINALLY! Sepanjang jalan gw tidur,, dan kebangun jam 2-3 malem, kegerahan karena AC bis MATI! KAMPRET!!! Ya udah gw ga bisa tidur lagi dan akhirnya nongkrong di warung terus ke masjid.. fiuhhh

20160506_233012_zpshxoc1h3g

pake adegan kacamata patah dan harus gw selotip pake hansaplast

20160507_070337_zpsrmftgq1b

20160507_071707_zpshngrsdoo

Karena ada DRAMA (yang malas gw ceritain lagi) kita akhirnya naek Kapal Ekspress. Cuma,, kapalnya baru jalan jam 10 siang, bayangin donk,, ngabisin waktu ampe jam 10 ngapain aja…. Akhirnya gw kesambet setan ikut rombongan yang mau menghabiskan waktu dengan nyebrang ke Pulau Panjang. Buat nyebrang kesana kita harus merogoh kocek Rp 15.000 PP sekali jalan 15-20 menit ,, kenapa gw mau? Karena kata bapaknya kita bisa langsung balik,, eh ternyata,,, HARUS NUNGGU LAMA (catet ya) sampe ada kapal yang menuju kesana lagi,, damn, padahal kita udah dikejar waktu,, bikin deg-deg an maksimal.

20160507_074519_zpsh6szo2ym

Singkat cerita disana ga ada apa-apa sih,, Cuma banyak yang kemah disana,, dan agak kotor juga,, pulaunya juga kecil banget.

img_20160509_220100_zpsqvbjorok

Ya udah setelah nunggu lama akhirnya balik ke pelabuhan kartini dan udah ditungguin orang-orang , kita pun langsung boarding ke naik kapal.

20160507_094251_zpspzl5gqsp

Wow! Jika gw ke Karjaw lagi gw bakal pilih kapal ekspress in, enak banget naek kapal ekspress, semua orang dapet kursi, empuk dan AC! Ditambah perjalanan hanya memakan waktu 2 jam, jadi gw bisa molor dan baca novel.

20160507_095305_zpspjzrq8db

Sekitar jam 12 siang kita udah sampe Karimun Jawa wow! Alhamdulillah! Finally,, my dreams finally come true,,,

20160507_121533_zpskgap8bdt

Ya udah karena waktu SANGAT MEPET, kita Cuma bisa ampe jam 5 -6 SORE , kita pun langsung buru-buru bagi homestay – sholat – dan siap-siap untuk menjelajah Karjaw. (selanjutnya gw bakal cerita cepet yak hehehehe )

20160507_122126_zps8w3ezbvg

img_9327_zpsvseyuna5

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Penangkaran Hiu, Jadi disana ada baby  shark gitu berenang-renang, kita diperbolehkan masuk kesana dan berfoto,,, tapi tangan harus diangkat keatas yaa,,, biar ga dimakan wkwkwkkw…

20160507_135803_zpsqz9mlhvj

20160507_134639_zpspdk5qvny

Ga lama kita langsung menuju ke  Menjangan Kecil  untuk snorkeling,, AKKKKKKKKKKK FINALLY!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

img_20160509_220536_zpsbp2g6lre

img_20160509_220659_zpsnjowsjqi

Ikan nya banyak! Cuma air nya ga terlalu bening ya,,, jujur gw masih jauh lebih suka kondisi Belitung,, tapi iya sih, ikan nya memang jauh lebih banyak.

CAMERA

2016-05-082016-31-08_zpsrj5xzsx6

Kemudian kita langsung pindah ke spot kedua yaitu Karang Tanjung Gelam kondisi disini lebih parah sepi ikan hahahahahaa

CAMERA

2016-05-082016-25-01_zpsx2pthlfl

Ya udah untuk mengejar sunset, kita pun buru-buru udahan snorkeling nya dan menuju ke Pulau Tanjung Gelam  disana banyak warung jajanan gitu,, dan yes bisa liat sunset,, Cuma saat itu ,, PENUHHHH banget,, jadi ya udah ga maksimal hahahaha

20160507_165536_zpsgzwujrrh

narsis lah selama kau masih bisa

20160507_164716_zpshxc0kjv6

20160507_172302_zpsvrootaxe

img_20160509_221236_zpsgy2bjizd

sunset!!! ini bukan saya yaa

img_20160509_221417_zpsm1tidov1

cuit cuit

Kemudian karena sudah magrib dan gelap alhasil kita kembali ke daratan,,,

img_20160509_221644_zpspwoil9dc

setelah mandi dan beres-beres kita pun makan malam di Alun Alun Karimun Jawa, disana ini banyak yang jualan seafood segar, bisa pilih yang kita mau, dan buat yang nyari oleh-oleh juga bisa kayak baju-baju tulisan karimun jawa gitu. Kemarin itu kita makan Cumi (Rp 30.000) , Ikan Kakatua ( Rp 30.000) dan es the (Rp 3000) mayan yakkk (itu harga patungan per orang yak –kayaknya- )

20160507_195306_zps0mbtw5ax

20160507_200848_zpssqctfer3

20160507_195009_zpscmr1aq7a

Kenyang makan, kami rapat sebentar buat Bahas share cost blabla terus langsung molor karena  besok jam 6 harus ke pelabuhan buat balik ke Jepara.. fiuhh

Keesokan hari nya, kita pulang dengan kapal bahari (?) kapal ekonomi, alhamdulillah dapet duduk tapi asli ga tahan gerahnya dan lama 4 jam,, duh kayaknya ga mau naek kapal ini lagi huhuhu

20160508_130954_zpsyi43v3hi

20160508_110801_zpsdtkwjhlp

20160508_112628_zpsw4l85p7l

Setelah mandi keringat akhirnya sampai jumpa, sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta kami sempet makan siang dulu,,, terus gw langsung minum antimo biar molor ampe Jakarta hahaha

20160508_123759_zpsc71pbo8n

ini enak loh

20160508_131740_zpss4fip40s

Kesimpulan : Asli ya gw sih yang sial. Karena kita Cuma waktu setengah hari di Karimun Jawa,, padahal gw ikut trip ini karena KARIMUN JAWA adalah destinasi utama nya… alhasil kita ga bisa mengunjungi lokasi-lokasi yang luar biasa, ngenes ga ?iya.. Kecewa ? IYA!!! Tapi ya balik lagi dalam setiap perjalanan pasti lah ada saat-saat kita dibawah, I mean ga selama nya perjalanan kita sesuai dengan yang kita inginkan. Semoga gw bisa mengunjungi Karimun Jawa lagi,, dan bisa memilih Travel yang lebih professional,, Amiin!

Sekian cerita gw, maap ya kalo nulis nya sambil emosi dan ga lengkap wkwkwkw.. sampai jumpa di trip selanjutnya..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s