Book Review : PS I Like You – Kasie West

ah,,, tangan ini rasanya gatal banget pengen nge-review buku baru terbitan @penerbitSpring, yah apalagi kalau bukan PS I Like You nya Kasie West. Novel ini baru banget terbit awal desember ini, dan sampai ditangan gw tanggal 10 des kemarin, Cuma baru sempet baca kemarin 19 Des, dan sukses namatin hanya dalam waktu 1 HARI (di hari kerja) wkwkwkwk .. udah lama ga senapsu ini namatin,, yah sebenernya karena pengen buru2 baca An Ember in The Ashes juga sih.

img_20161220_081312_zpsoekukcce

Oke ga usah panjang lebar, mari kita bahas sedikit tentang novel ini .

Original Title : P.S. I Like You

ISBN13 : 9786027432260

Edition Language : Indonesian

Paperback, 368 pages

Published December 1st 2016 by Penerbit Spring (first published July 26th 2016)

https://www.goodreads.com/book/show/33224968-p-s-i-like-you

Sinopsis

Lily Abbot, siswa SMA yang biasa-biasa saja, tak punya teman lain selain sang sahabat, Issabel. Lily merupakan anak kedua dari 4 bersaudara (Ashley, Wyatt dan Jonah). Yah karena keluarganya berjumlah 6 orang, otomatis ia merasa tidak punya kehidupan lain dirumahnya. Ia selalu disibukan untuk mengurus kedua adiknya.

Keluarga lily pun tergolong sederhana, ayahnya adalah freelance furniture architect yang penghasilan nya tak menentu, sedangkan ibu nya adalah seorang pengrajin perhiasan yang kerap ikut pameran demi menambah pundi pundi penghasilan keluarganya.

Keluarganya yang cukup ramai tak membuat Lily kehilangan jati diri nya, dia muncul sebagai Pribadi yg “Unik” dan terkesan hipster, ia tidak seperti anak remaja pada umumnya yang gemar hangout dan bergosip sana sini, berpakaian dengan trend masa kini atau membawa mobil mewah. Tidak, Lily jauh berbeda dari itu dia justru mengoleksi pakaian dari toko barang bekas dan memodifikasi nya sedemikian rupa dengan style nya sendiri. Ia juga suka menulis lirik lagu, sangat menggemari gitar dan musik indi.

Lucas, merupakan pria idaman lily, pria tampan yang satu tahun lebih tua dari nya, tapi kecanggungan lily membuatnya enggan dan malu untuk mendekati Lucas. Bertahun-tahun ia hanya bisa memandangi lucas dari jauh.

Cade Jennings, pria popular, tim baseball, anak orang kaya yang merupakan mantan pacar issabel sekaligus musuh bebuyutan Lily. Lily berharap kehidupan nya di SMA akan damai sampai ketika ia menjadi bulan-bulanan Cade.

Suatu saat, di kelas kimia yang membosankan, Lily menuliskan sebuah lirik lagu dari band Indi Favourite nya “Blackout” di atas meja tulisnya, tak disangka keesokan harinya ada seseorang yang melanjutkan lirik lagu itu,,, dan tak butuh waktu lama bagi mereka untuk menjadi “Sahabat Pena”.

Lily dan sahabat pena nya memiliki berbagai kesamaan yang akhirnya mereka sebut “Keseimbangan”. hubungan mereka bukan hanya untuk berbagi band atau lagu favourite, tapi lebih dari itu.. mereka juga berbagi sisi kelam kehidupan mereka.

Tapi Lily bingung, siapa sebenarnya sahabat pena nya itu,,, mungkinkah orang yang dia harapkan?

“Words brought us together though they almost kept us apart.

You trusted me with your secrets and then you stole my heart.”

My Review

Wahh kenapa jadi panjang dan aneh gitu sinopsisnya LOL maafkan… langsung aja yak ke bagian review.

Buat kamu yang merupakan Fans berat To The Boys I’ve Loved Before nya Jenny Han dan kesemsem berat sama Peter Kavinsky dan Lara Jean. Berarti PS I Like You harus menjadi bacaan wajib kamu 😀

Novel ini bisa dibilang mengambil konsep dan tema yang standard banget. Mirip lah sama To The Boys I’ve loved Before atau Attachment nya Rainbow Rowell dalam versi remaja. Tapi entah kenapa gw ga bisa berhenti untuk baca PS I Like You ini, makanya ga nyadar sehari kelar padahal dr pagi ampe sore harus kerja XDDD

Gaya tulis Kasie West itu asik. Ditambah terjemahan dari Penerbit Spring oke punya.. jadi kisah nya pun bisa mengalir lancar.

Gw pribadi suka sama tokoh2 nya…

Lily Abbott, heroine yang unik banget.. dia punya bakat tapi pesimis nyaaaa minta ampun, dan walau sering ngeluhin tentang keluarganya yg “Ramai” banget tapi di dalam hati dia sayang banget sama mereka.

“But then I think: my guitar is just a thing. You know? And my brother is a person. A thing is not more important than a person…” 

Issabel, tipe persahabatan mereka itu sweet banget… yg ga lebay tapi selalu ada untuk satu sama lain, walau ga lepas dari debat dan pertengkaran tapi mereka bisa nyelesain permasalahan dengan baik, Issabel ini tipe cewek-cewek manis dan cantik yang disukai orang-orang lah.

Cade Jennings, uhmmm tipe cowok ngeselin yang semaunya.. yah ala ala tokoh cowoh popular dan kaya yang digilai wanita-wanita lah.. Cuma dari awal gw selalu penasaran sama Cade sih, apalagi dia mantan pacar issabel kan,,, kenapa seorang issabel bisa pacaran ama Cade,, uhmmm

Lucas,  cowok ganteng idaman si Lily,, yang kemana-mana pake headset, bikin kepo nan penasaran,,, lagu ama yang kamu dengerin mas ❤

Keluarga Lily, Wyatt yang hobby baseball,, Jonah yang masih umur 7 tahun dan cute banget, Ashley sang kakak yang mandiri sekaligus teman sekamar lily.. mom and dad nya lily yang super bikin iri karena kelakuan mereka yang sweet dan lucu banget….

Ah pokoknya novel ini hampir komplit, kisah cinta, persahabatan dan kekeluargaan nya dapet. Walau dari awal gw udah bisa nebak ending nya,, tapi tetep penasaran sama halaman demi halaman nya,, bagaimana kisah itu berakhir,,

walau ternyata pas beneran berakhir,,, gw sedih,, karena berasa kurang lama.. ga bisa ya ada season 2 nya gitu? Macam ps I still love you nya jenny han? Dan bahkan mau ada season ketiga juga (emang kami ga bisa move on dari Peter kavinsky LOL)

Yah overall, buat kamu pecinta romance khususnya Young Adult ga ada salahnya baca novel ini, paling ga bisa menemani hari mu dengan kisah yang manis nan cute,,,, bisa ikut senyum2 dan penasaran bareng lily…

4/5 stars untuk novel ini!

Good job buat penerbit spring yang konsisten menerbit karya2 penulis terkenal yang emang hits banget di luar sana,, ❤

Yak demikian lah review ga jelas saya,, maaf jika ada salah :p

 

Advertisements

One thought on “Book Review : PS I Like You – Kasie West

  1. Pingback: Book Review : The Fill In Boyfriend by Kasie West | Dhechan's Diary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s