Book Review :Simon vs. the Homo Sapiens Agenda by Becky Albertalli #PenerbitSpring

Tema Coming of Age kayaknya lagi happening banget ya diluar sana. Salah satu contohnya ya novel yang baru aja gw baca, Simon vs. the Homo Sapiens Agenda yang ditulis oleh Becky Albertalli yang merupakan seorang psikolog asal atalanta. Mari kita komenin sedikit novel ini 😀

img_20170112_090429_395

Original Title

Simon vs. the Homo Sapiens Agenda by Becky Albertalli

Published January 6th 2017 by Penerbit Spring (first published April 7th 2015)

ISBN 6026044302 (ISBN13: 9786026044303)

Edition Language Indonesian

Hanya karena lupa me – log out emailnya (yang kebetulan sedang dia buka di computer perpustakaan sekolah) simon harus rela “diperas” oleh Martin.  Iya.. Martin cowok cupu yang entah kenapa menarik, tapi tidak pernah dekat dengan simon, kecuali fakta bahwa mereka berada di klub yang sama, klub drama.

Sebenarnya kalau saja email itu tidak berisi informasi bahwa simon –seorang gay- yang sedang mengobrol dengan teman –sesama gay- nya a.k.a BLUE, mungkin ancaman Martin tidak akan menjadi hal besar. Yah sebenarnya, karena belum ada satu orang pun selain Blue yang tahu bahwa simon gay…. Bahkan kedua orang tua nya..

Well… simon pun tak tahu siapa itu blue, selain dari obrolan-obrolan mereka di email. Simon “menemukannya” lewat Tumblr sekolah dan semenjak itu mereka akrab atau lebih tepatnya ia jatuh cinta pada blue…

Tapi apa yang akan terjadi jika seluruh dunia tahu simon gay? Dan siapakah blue? Apakah blue akan menerima nya kalau ia tahu siapa sebenarnya simon?

Review

Dari sinopsis nya aja, pasti udah tau kan kalau novel ini bertemakan “homoseksual” ? makanya pas pertama di infokan oleh spring kalau mereka akan menerjemahkan novel ini, gw agak shock.. bener2 shock, yah kita tahu lah, kaum homoseksual itu masih sangat tabu di Indonesia ini. Karena itu lah gw penasaran banget buat baca buku ini.

Well.. bukan berarti gw pendukung kaum homoseksual, atau bi atau yang biasa disebut LGBT itu.. NOPE!  Sama sekali nggak… gw punya pandangan dan kepercayaan sendiri, tapi diluar semua itu, gw beneran kepo parah sama ceritanya,, lebih ke kepo kenapa spring berani menerbitkan tema yang ga biasa ini.

Dari segi cerita, novel ini tergolong biasa aja sungguh, kecuali tema bahwa sang tokoh utama nya ternyata seorang homoseksual. Tapi kisah mengenai bullying dan “sahabat pena” kayaknya udah banyak ya ada diluar sana? Sebut saja salah satu novel yang baru banget dirilis spring “PS I Like You” hehehe

Cuma tetep aja sih gw dibuat penasaran sama ceritanya, mau dibawa kemana sih si simon ini #eh

Salut sama seorang simon yang bisa melewati berbagai fase “coming of age” ditengah kondisi dia yang homoseksual. Well.. bahkan di amerika sana banyak yang kontra terhadap kaum ini kan. Alur dan pengembangan karakter simon ini okepunya, kita dibawa mengerti perasaan dan kondisi dia ditengah bullying dan keberanian dia untuk menghadapi “perbedaan” itu. Simon ini juga sebenernya lucu banget, dan kisah di novelnya ga muluk-muluk tentang percintaan dia dengan Blue tapi juga kisah persahabatan antara simon, abby, leah dan nick yang ga kalah bagus.

Yang lebih oke, gw dibikin ternganga (oke lebay) karena gw salah nebak ending! Iya salah,, eh bukan ending deh,, gw salah nebak siapa BLUEEE .. akkkkkk KEZEL berlipat ganda…! Penulisnya kece banget bikin twist hahahaha

Sebenernya si Blue dan Simon ini sweet banget.. sungguh macam layaknya couple lah, Cuma karena gw belum bisa menerima macam yaoi kayak gini,, jadi agak meringis bacanya hahaha

Oke..  lebih lanjut lagi ya.. gw agak kurang sreg sama cara penulisan Becky Albertalli ini.. entahlah,, kurang detail, kadang gw baru tau deskripsi tokoh-tokoh itu pas di akhir,, atau gw yang abai pas bacanya? Entah.. banyak banget yang missed di novel ini. Jadi walau ga butuh waktu banyak buat baca nya, tapi tetep aja bikin mikir karena gw ga ngeh kalo itu udah diceritain (atau belum) di sebelum-sebelumnya.

Cover nya juga lucu banget!! Suka!!! Apalagi pembatas buku nya,, imut parah.

Yah intinya, novel ini layak dibaca kok apalagi kalo kamu ga anti terhadap LGBT :p kalo anti jangan deh karena ada beberapa adegan yang…………………………… *kabur ah….

Rating : 3/5 !

Oh ya! Hampir aja lupa!!!!

Novel ini akan segera diangkat ke layar lebar loh! Dan tebak siapa yang main?

NICK ROBINSON !!!!!!!!!!!!! (ya ampun,,,,,,,,, ngebayangin nick… ah sudahlah…)

http://variety.com/2016/film/news/nick-robinson-simon-vs-the-homo-sapiens-agenda-1201935299/

large

dan yang bakal jadi Martin adalah Logan Miller

http://www.hollywoodreporter.com/news/simon-homo-sapiens-agenda-adds-logan-miller-961565

2015 Sundance Film Festival Portraits - Day 4

PARK CITY, UT – JANUARY 26: Actor Logan Miller of “Take Me to the River” poses for a portrait at the Village at the Lift Presented by McDonald’s McCafe during the 2015 Sundance Film Festival on January 26, 2015 in Park City, Utah. (Photo by Larry Busacca/Getty Images)

semoga cast lain segera di announce 😀

Advertisements

2 thoughts on “Book Review :Simon vs. the Homo Sapiens Agenda by Becky Albertalli #PenerbitSpring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s