Lost in Singapore 16-19 Feb 2017

Trust me…. Post Concert Syndrome (PCS) is one of the scariest thing in the world..

Eh tp kayaknya ini berlaku untuk gw doank ahahhahaha… Gara-gara PCS ini gw impulsif buat ngetrip ke Singapore. Padahal yah di postingan bulan lalu gw da bilang seorang ade ga bakal kayak dulu bela-belain nonton concert ke luar, eh ternyata,, makan tuh omongan ente XDDDDDD

Jadi awal ceritanya, tanggal 13 januari 2017 kemarin, gw nonton Fanmeet Park Bogum di Kokas, dan ternyata nagih,,, gw bener2 pengen nonton dan ketemu dia lagi, sebenarnya karena di #ParkBoguminJKT kemarin gw terlalu speechless pas hightouch session, jadi nyesel parah terus galau,,, dan kemudian impulsif ngajakin Hera eon buat nonton bogum lagi hahaha. Dan jujur karena gw da stress banget sama kantor, butuh liburan banget banget! Jadi sekalian aja yekan

Awalnya kita mau nonton di Bangkok sekalian jalan-jalan. Tapi ternyata tiket disana udah sold out, jadi ya udah puter arah untuk nonton di SG, eh alhamdulillah tiketnya masih ada. Terus member Bogum Magic Indonesia (BMI) juga ada yang mau nonton, ya udahlah kita ramean beli tiket walau mencar-mencar kelas nya ehehhee..

dscf0049_zpskkdazygg

Oke.. gw ga akan ngebahas bogum terlalu banyak disini, karena sebelumnya udah gw bahas abis2an di #ParkboguminJKT. Postingan gw kali ini akan lebih banyak ngebahas cerita gw jalan-jalan di Singapore plus rincian biaya sedetail2nya (insyaALLAH) siapa tau bisa membantu kalian yang mau jalan-jalan dan karena sebelum2nya setiap ke SG gw ga pernah ngeblog XD

Walau tujuan awal nonton bogum, tapi sebenarnya 55% alasan utama adalah gw butuh pelarian dari segala hal yang ada di Jakarta ini cailah

Beberapa bulan terakhir berasa berat banget karena timbangan terus bergeser ke kanan #lah.

Terakhir kali gw ngetrip kan yang ke Malaysia + hatyai Thailand itu, dan itu agustus kemarin, selain itu gw ga kemana-mana, karena emang mau fokus cari kerjaan baru dan janji ke ortu juga ga bakal kemana-mana sampai akhir tahun.

Makanya gw anggap ini adalah kesempatan berharga buat ngelepas stress hihihi.

Sesungguhnya gw udah 3 kali ke SG (2012-2013), Cuma karena selalu terbatas oleh dana dimana 2 kali kesana buat nonton konser jadi gw Cuma pergi ke tempat-tempat yang free dan ga pernah itu yang namanya berkunjung ke USS, Garden By The Bay dll. Parah yak wkwkkw. Karena itulah gw bertekad  kali ini harus berkunjung ke beberapa tempat berbayar! Wajib banget!

Nah, Dikarenakan hera eon lagi agak sibuk sementara gw agak lowong, jadilah gw yang mengatur sebagian besar Itinerary dan hal pertama yang kami lakukan adalah tahapan persiapan!

Persiapan

  • Beli Tiket Fanmeet

Karena kita mau nonton Fanmeet Bogum, jadi hal pertama yang dilakukan adalah beli tiket FM nya, kita beli yg CAT 3 aja soale sayang duitnya lumayan buat ke USS LOL #maapkan. Kemarin kita beli lewat situs resmi www.apactix.com  ini semacam rajakarcis lah di Indonesia, dan pembelian nya hanya bisa menggunakan CC as always

  • Booking Pesawat

Setelah itu kita cek-cek harga penerbangan, tiket untuk tanggal 16-19 Februari itu berkisar antara IDR 900k – IDR 1.1k gitu. Pas mau booking, gw drama banget deh, jadi cerita nya passport gw expired tanggal 1 Juni 2017, nah sebelumnya tanggal 13 Januari itu gw udah mau perpanjang passport sama Mala, udah berangkat jam 5 pagi dari rumah ke Imigrasi Jakarta timur, tapi ga dapet nomor donk, padahal udah nunggu sampai jam 10 pagi =____= ya udah, karena awalnya gw mikir lagi ga pengen kemana2 jadi gw santai aja. eh tiba2 impulsif ke SG ini…yah….

Pas mau booking tiket pesawat, Resti menyadarkan gw, bahwa minimum expired passport itu 6 bulan. Gw langsung berdebar2. Buru-buru urus lagi ke Imigrasi, tapi kali ini ke Jakarta Selatan,  gw sama mala berangkat lebih pagi, jam 4 dari rumah!!! alhamdulillah dapat nomor antrian dan passport pun aman terurus.

Another drama, pas lagi iseng cek traveloka, eh tau-tau ada tiket pp IDR 690k, parah kan lumayan murah, tapi… passport gw belum jadi! Dijadwal harusnya masih besoknya sementara kalau mau booking saat itu juga harus ada no passport baru, gw stressss takut kehabisan promo huhuhu akhirnya jam 2an gw berkali-kali telpon imigrasi untuk cek passport udah jadi atau belum, eh alhamdulillah udah jadi ternyata, langsung lah gw meluncur naek ojek sore2 XDDDD dan yess berhasil beli tiket promo nya hihi.

  • Booking Hostel

Setelah fix dapet tiket pesawat, gw sama hera pun mulai cari-cari penginapan. Setiap berpergian gw selalu backpacker-an baca : dana tipis jadi kita cari-cari hostel aja, biar murah XD. Biasanya sih kalau ke SG gw nginep di daerah lavender, kenapa? Karena satu jalur sama Changi Airport (di Green Line) jadi gw ga ribet pas pulang.

Tapi untuk kali ini kita cari di daerah Bugis, biar deket tempat ramai gitu soalnya kan ada Bugis Street dan Bugis Junction, kalau di lavender kan lebih ke tempat sepi, tempat tinggal / kantor gitu dan ga ada mall sama sekali. Selain itu Bugis ini jalur MRT nya juga Green yang searah sama Changi, jadi sepertinya pilihan yang cukup oke.

Setelah cari-cari, akhirnya kita memutuskan untuk Booking hostel Sleepy Kiwi yang letaknya di Arab Street dan deket banget sama Masjid Soeltan! Biaya penginapan relatif murah lah dibawah 200 ribu per orang (Detail ada di tabel ya). Kami booking untuk 2 hari Kamis dan Jumat, eh ko Cuma 2 hari? Ya karena di hari sabtu nya, anak-anak BMI berencana nginep bareng jadi lah kita cari penginapan yang kira-kira bisa sekamar ramean.

Kemarin itu ada 10 orang yang mau bareng, kebayang ga sih gw mikirin penginapan untuk orang sebanyak itu, gw sampai buka Airbnb, cek sana sini dan sumpah bikin pusing T_T hingga akhirnya dapet di Meadows Hostel yang lokasi nya ada di Lavender. Harganya juga ga beda jauh sama Sleepy Kiwi, jadi ya udahlah.

  • Booking atraksi di SG

Sebelumnya gw sempet cerita, di trip kali ini gw bakalan berkunjung ke beberapa tempat berbayar di SG XD dan akhirnya kita memilih Universal Studio Singapore (USS) dan Garden Bay the Bays (GBB). Kebetulan lagi ada promo gitu kan di traveloka jadi tiket USS Cuma IDR 490k dan tiket masuk 2 Dome di GBB ga sampe 200k, lumayan <3.

Saran untuk kalian ya, kalau mau ke atraksi di SG, beli lah tiket nya di Indonesia, karena kalau beli on the spot di SG harganya beda jauh, bisa 100-200k gitu, kan lumayan yaa buat orang yang dompetnya paspasan kayak gw.

Pas akhir-akhir sebelum berangkat, gw ngobrol sama shasa tentang USS, dan dia nyaranin untuk naik Skyride juga di sentosa. Ya udah donk gw langsung browsing dan cek harga di Traveloka. Eh ternyata Skyride ini Nampak sangat asik… dan ada Luge juga semacam go kart, jadi penasaran kan. Gw cek harga di traveloka pun murah, Cuma IDR 130k untuk 2 atraksi itu, ya udah kita pesan juga, biar puas sekalian hahaha.

Oh ya, kalau ada yang kepo kenapa kita ga ke Madame Tussaude karena, kita udah pernah ngunjungin Madame Tussaude yang ada di Bangkok, jadi ya udahlah mending coba atraksi lain aja hehehehee.

  • Bikin Itinerary

Setelah beres semua, baru deh mikir nanti disana gimana, mau kemana aja, terus budget berapa. Yah karena SG itu kota kecil ga perlu rasanya bikin itinerary yang detail kayak sebelumnya. Hihi

Hal pertama adalah menentukan kapan mau ke semua atraksi. Nah karena sabtu nya kita mau nonton fanmeet, dan kamis sore baru sampai, akhirnya itinerary simple kita seperti ini. Eh tapi ini udah itinerary sebenarnya sih.

Kamis :

11.30 – 14.30 : Flight Jakarta – Singapore (1 jam 30 menit)

14.30 – 15.00 : Sampai Changi Airport ; urus imigrasi dll

15.00 – 15.30 : Ke Penginapan ; Sholat di Masjid Sultan

15.30 – 16.00 : Makan Sore di Zam Zam Restaurant (Arab Street – Bugis)

16.00 – 16.30 : Keliling di Bugis Junction

16.30 – 21.15 : Garden By The Bays

21.15 – 22.30 : Orchad – Lucky Plaza

22.30 – 23.00 : Back to Hostel

Jumat :

08.00 – 08.30 : Sarapan di Hostel

08.30 – 09.00 : Goes to Sentosa

09.00 – 09.30 : Foto-foto di Sentosa

09.30 – 10.00 : Makan Again di Food Court Sentosa

10.00 – 19.00 : USS TIME!

19.00 – 20.30 : Naik Skyride dan Luge di Imbia

20.30 – 21.00 : Makan Malam di KFC Imbia

21.00 – 21.30 : Back to Hostel

Sabtu :

08.00 – 08.30 : Sarapan di Hostel

08.30 – 09.30 : Sarapan part 2 di Zam zam restaurant

09.30 – 10.30 : Keliling Bugis Street

10.30 – 13.00 : Belanja di Mustafa Centre

13.00 – 15.00 : Back to Hostel – Pindahan Hostel

15.00 – 23.00 : Goes to Fanmeet!

23.00 – 23.30 : Back to Lavender

23.30 – 00.30 : Makan malam di MCD Lavender – Back to Hostel

Minggu :

07.30 – 08.30 : Mandi dan Packing

08.30 – 09.00 : Sarapan di Hostel

09.00 – 09.30 : Goes to China Town

09.30 – 10.30 : Keliling China Town

10.30 – 12.30 : Goes to Merlion Park

12.30 – 14.00 : Makan Siang di Food Court Bugis Junction

14.00 – 14.30 : Back to Hostel – Check Out

14.30 – 15.30 : Ke Changi Airport

15.30 – 19.00 : Siap Siap Check in dan Boarding , Bye Singapore!

Setelah beres bikin itinerary, kalian siapkan lah apa aja yang mau dibawa. Saran gw, wajib bawa EZ LINK, ini semacam kartu Commuter line tapi untuk naik MRT. Keuntungan nya kalian ga perlu repot ke mesin tiket MRT, karena dengan EZ Link, kita Cuma perlu nge-tap aja. Selain itu harganya MURAH! Dibandingin sama One Trip Ticket, harga sekali jalan pake EZ Link itu bisa hemat hampir setengah nya, lumayan kan! Gw sih ga punya EZ Link, jadi kemarin minjem aja ke shasa hihihi, kalau mau beli, di Airport atau via online di Indonesia juga bisa, kalau ga salah harganya SGD 15 dengan saldo SGD 7.

Jangan lupa bawa baju secukupnya, ga usah berlebihan deh, lumayan irit bagasi buat oleh-oleh 😀 dan karena lagi musim hujan, bawa payung dan jas ujan aja buat jaga2. Selain itu, obat2an, POWERBANK, Charger dan Sambungan Colokan kaki 3! jangan lupa dibawa, ini wajib! Yah kadang-kadang di beberapa penginapan Cuma tersedia colokan kaki 3, jadi siap-siap deh dibawa daripada mati gaya ga bisa ngecharge yakan.

Oh ya, seperti yang kita tahu, harga air mineral di SG itu warbyasah, jadi better kalian bawa BOTOL dari Indonesia, lumayan bisa irit. Kok? kalian bisa isi air keran di bandara – hostel – lokasi atraksi di SG dll. Ini sungguh membantu banget loh… dan rasa air nya pun sama aja, enak2 aja sih dan alhamdulillah ga bikin sakit perut hihi.

Download MRT Map, semua Booking Voucher Pesawat – Penginapan – atraksi – dll kemudian simpan di Hape dalam 1 folder khusus, jadi ga riweuh, kalau mau sih di print sekalian juga boleh :D. kalau sempet, browsing juga lokasi penginapan dimana, dan coba cek2 google maps, lumayan kan biar irit waktu dan tenaga pas nyari lokasi penginapan nanti ^^.

mrt-map-dt_zpsyj5g7xyy

Tukar uang SGD! Dan bawa Cash rupiah buat cadangan. Kalau kemarin gw ngitung 1 kali makan IDR 100k, sehari 3 kali makan jadi IDR 300k x 4 = IDR 1,200k dan biaya transportasi untuk 4 hari itu IDR 200k jadi minimal bawa IDR 2 Juta lah biar ga ngepas-ngepas amat pas disana dan masih ada sisa buat belanja dikit hehehe. Dan kenapa bawa cash rupiah? Buat jaga2 aja daripada Tarik uang di ATM, lumayan kena chargenya sampai IDR 25k hihi.

Kalau mau irit banget karena kalian gampang lapar, disarankan bawa cemilan dari Jakarta ya XD.

nah berikut adalah pengeluaran selama tahap persiapan

preparation20sg_zpstyrszmpy


DAY 1 – Goes To Singapore & Garden By The Bays

Kamis jam 7.40 gw da siap berangkat ke pool Damri Kp Rambutan untuk ngejar Damri yang jam 8 dengan sebelumnya makan sebanyak-banyaknya biar ada tenaga untuk bahagia (?), ekspektasi gw sampai bandara itu sekitar 2 jam. Dan,,,, bener aja donk, jam 10 baru sampai bandara… fiuh,,, gw pun duduk-duduk sebentar sambil nunggu hera eon datang sekitar 15 menitan kemudian. Baru deh buru-buru Check In dan antri Imigrasi, untungnya antrian imigrasi lagi ga banyak, jadi ga terlalu makan waktu.

20170216_100215_zpsyvylubjc

Untuk penerbangan ke luar negeri, tolong siapkan waktu 1.5 – 2 jam di bandara, maksimal banget deh udah sampe, soalnya kita ga tau kan antrian imigrasi kayak apa. Yah kalau check in memang bisa online, tapi imigrasi? Ga ketebak, jadi daripada capek lari-lari mending siapin waktu lebih aja.

20170216_102448_zpshdimlzdi

Sekitar jam 10.40 an, kita sudah dipersiapkan untuk memasuki pesawat dan ga nunggu lama pesawat berangkat, super on time banget deh padahal dijadwal pesawat berangkat jam 11.20 eh tapi kayaknya sebelumnya kita sudah ready untung berangkat… tapi…… seperti biasa… soetta itu antri banget ya,,, jadi tetep aja nunggu antrian take off lama juga….

Penerbangan Jakarta – Singapore kayaknya memakan waktu sekitar 1.5 jam, dan sepanjang perjalanan gw sama hera eon ngobrol, kebetulan kita dapat kursi paling belakang deket wc.. itu baru take off aja ban pesawat berasa kayak kegelincir, belum turbulence nya berasa banget huhu. tapi alhamdulillah selamat

Oh ya, kalau naek Tiger Airways, kemarin ada promo Sim Card dan Paket Internet gitu harganya Cuma SGD 15, nyesel ga ambil huhuhu.

Tapi jangan sedih, di Changi ada ko Simcard + Paket internet, tapi MAHAL! Diatas IDR 200-300 ribu gitu, jadi mending beli diluar aja, kemarin sempet cek ada yang jual di kios depan Masjid Soeltan dengan harga SGD 15 juga.

1.5 jam berlalu dan kita landing dengan selamat, langsung buru-buru ke imigrasi biar ga ngabisin waktu karena udah lapar berat.

Setelah beres imigrasi kita ke MRT Station gitu (ada petunjuknya jadi ikutin jalan aja) dan langsung TOP UP EZ Link (hasil pinjaman) .

20170216_144955_zpsmvmtkrs0

TOP UP Ez Link itu minimal SGD 10, jadi dihitung baik-baik ya perkiraan kebutuhan transportasi kita berapa. FYI, EZ Link ga hanya bisa untuk MRT tapi juga BUS dan bahkan Masuk ke Sentosa.

Kalau gw kemarin Top Up SGD 15 karena sebelumnya masih ada saldo SGD 5 di kartunya. Kenapa gw isi segitu? Karena gw ada rencana ke USS dimana untuk ke Sentosa via Monorail Sentosa Express biaya nya SGD 4 pulang pergi.

20170216_152419_zpslc9pzryp

Selesai TOP UP kita langsung cuss ke Bugis menuju penginapan di Sleepy Kiwi – Arab Street. Jarak antara MRT Station Bugis ke Penginapan itu kira-kira 400 m lah ya, lumayan. Awal sempet muter sedikit tapi ga sampe nyasar. Lokasi penginapan oke banget karena DEKET PARAH sama Masjid Soeltan, dan dikanan kiri itu udah langsung ada banyak rumah makan ala ala Arabian gitu. Deket sama Haji Lane, Bugis Street, Bugis Junction dan utama sama Zam Zam Restauran apaan ini ya XDD

20170216_154143_zpsdt9tzbp3

Cuma gw agak malas sama kamarnya, kemarin kan pesen kamar private untuk 2 orang ya. Dan lagi ketiban sial dapet kamar jelek nan sempit jadi ga nyaman, udah gitu kacau aja mau ke kamar harus lewatin Bunk Bed orang-orang LOL. Tapi kata Hera kamar lain yg untuk 3 orang lumayan gede sih.

20170216_154959_zpska2ccrp9

Setelah check in dan naro barang gw sempetin mampir ke Masjid Soeltan, buat sholat hehe enak banget deh masjid nya bersih nan rapih, mukena nya banyak dan bersih. Buat Non Muslim yang mau masuk juga bisa kok, tapi kalau kalian pakai baju / celana pendek nanti disana dipinjemin semacam kain gitu biar lebih sopan.

20170216_162812_zpshio5siuc

20170216_162307_zpstnjc2zkm

Karena udah lapar berat, kita langsung meluncur cari makan, sebelumnya temen gw yang orang Singapore udah rekomenin satu rumah makan Arabian yang katanya enak banget, namanya Zam Zam Restaurant. 

20170216_171615_zpsxnwltxu4

Lokasi nya di seberang Masjid Soeltan juga, dipinggir jalan raya banget deh.

20170216_171657_zpsnyqpdu66

Pas kesana, gw shock ternyata rame banget. Di lantai 2 nyaris full, mulai dari Bule barat sampai asia ada. ini di samping kanan masih ada ruangan lagi loh dan penuh juga.

20170216_171408_zpsj67uaqi8

Gw sama hera langsung pesan 3 menu, Chicken Murtabak, Chicken Briyani dan Mie Goreng plus minum Es Tea Tarik.

20170216_164757_zpsmuxiqh8s

Kata mas nya porsinya dikit, eh pas dateng warbyasah banyak nya haha langsung kelabakan ngabisin nya. wkwkwkkw. Dan bener donk, rasanya ENAK BANGET! Gw ngabisin Chicken Briyani dengan ayam super gede nya dan Hera ngabisin Mie Goreng nya. abis itu kita colek Murtabak dan ya ampun ga paham emang enak abis!!!!!!

20170216_164913_zpsqvtnibqp

Ga boong dan ga lebay, Cuma karena udah kenyang banget, jadi ga bisa ngabisin Murtabak deh… tapi jangan sedih, bisa dibungkus, dan akhirnya kita makan pas tengah malem, dan tebak, rasanya masih tetep enak walau lembek… Standing Applause.

20170216_164830_zpsiuebmyyl

Kelar makan, perut kenyang. Langsung jalan deh ke Bugis Junction karena Hera mau cari Camera gitu, tapi sayang di Bugis Junction ga lengkap. Dan karena udah mepet banget mau ngejar ke Garden By The Bays jadi kita cuus deh ke MRT Station Bugis.

Dari MRT Station Bugis kita turun di MRT Bayfront yang tepat ada di depan Garden By The Bay. Jadi ga terlalu jauh jalan nya. sampai sana cus deh kita jalan-jalan, alhamdulillah masih terang dan bisa liat pemandangan cantik nya ❤ .

ngomong-ngomong,keluar dari MRT Bayfront, kita akan langsung ketemu sama mall dengan sebuah sungai didalamnya, kebayang ya sungai ala ala venice gitu, dan kalau mau iseng bisa naik kapal keliling gitu wkwkwkw

20170216_180629_zpsdte1bs6i

Oh ya, sebenernya kalau Cuma mau menikmati bagian luar Garden By The Bay tanpa mau ngeluarin duit bisa loh… jadi kalau mau ngirit dan tetep kesini, bisa banget. Cuma kalau mau naik ke Skyride harus bayar SGD 8 ini semacam jalan di jembatan yang menggabungkan pohon-pohon warna warni di Garden By The Bay, Cuma kemarin ga sempet naik ini sih, lagi horror juga hahaa.

20170216_183238_zpswxtbiyco

Dan kalau mau masuk ke 2 Dome nya yaitu Flower dan Cloud Forest Dome, kita harus ngeluarin dana. Dome ini nih yang tiketnya kita beli di Traveloka. Buat kamu yang beli di traveloka, ga perlu print tiketnya loh, karena tinggal nunjukin tiketnya aja dari hape melalui aplikasi traveloka dan langsung di scan sama petugasnya. Canggih ya! Ini lama lama gw jadi promo traveloka deh.

20170216_184729_zpshe9aulvc

Dome pertama yang kami kunjungi adalah Flower Dome, dan emang ya orang Singapore ini kreatif banget. Dome nya itu baguuussss banget, cantik banget banyak bunga-bunga aneka warna dan pohon-pohon juga

20170216_190710_zps7pwuf1de

20170216_190501_zpstjbevqix

ga hanya itu ada hiasan dari kayu-kayu yang dibentuk ala-ala hewan juga.

20170216_184852_zpsdie6uybn

Kemarin lagi Imlek kan jadi ada tema-tema imlek juga. Sukak sih!

20170216_185739_zpswpgu9yjx

20170216_191726_zpszkvsoida

Setelah puas foto-foto di Flower Dome, kita pun lanjut ke Cloud Forest Dome, kebetulan pas kesini udah agak gelap gitu diluar, jadi cahaya di dalam dome gelap juga.

20170216_184704_zps1ddavxge

Pertama masuk kita langsung disuguhi sama air terjun warna warni.. CANTIK banget ❤ dan udaranya dingin parah hihi..

20170216_192417_zpsqdpbjkns

Sesuai namanya, Cloud Forest Dome ini ala ala hutan hujan gitu, kayak yang di twilight? Eh..

20170216_192547_zpskijpvs8z

20170216_193158_zpsonvsmuuw

jadi banyak pepohonan, dan kita bisa naek ke atas biar serasa berjalan ditengah hutan dan memandangi hutan dari atas gitu, kece sih, Cuma hera ketakutan gitu , wkwkwkwk

20170216_193720_zpsow70xqw4

Ga sangka Cuma ngelilingi dua Dome aja berasa capek dan lelah banget, sampe kaki hera sakit gara-gara pake sepatu 😢.. alhasil terpaksa beli sandal jepit mahal seharga Rp 300rb LOL *dijitak*. 

Saran sayah, karena ke Singapore itu banyak jalan kaki nya, jadi pakailah alas kaki yang paling nyaman, :D.

20170216_200242_zps6ivopnd5

Setelah keluar dari Dome, kita langsung ke Taman lagi, karena udah malem, lampu-lampu nya pun nyala… dan cantik banget <3. Pas kita keluar ternyata ada pertunjukan musik gitu, jadi nanti pohon-pohon buatan nya itu nyala kelap kelip sesuai irama musik cakep banget.

20170216_200331_zpsha9hupeh

Tapi waktu pertunjukan nya berkala ya, kalau ga salah jam 7.45 terus 8.45. Sekali pertunjukan berlangsung selama 15 menit. Dan lagu-lagu yang diputar itu berasal dari berbagai negara. Termasuk Indonesia dengan bengawan solo nya.. kece…

20170216_204834_zpsnilaczly

Sambil menikmati pertunjukan, gw dan hera pun tiduran karena lelah banget wkwkwkw.

20170216_201445_zps69yn6rw6

20170216_211517_zps5yiachvx

Karena udah capek dan udah malem, kita pun cusss,, pulang? Eh nggak. Cuss ke lucky plaza buat beli Camera,tapi uma ada 1 toko yang masih buka huhu.. 

kalau mau ke lucky plaza ini, dari MRT Bayfront turun di MRT Newton dan lanjut ke MRT Orchard.

Kita ga sempet muter-muter ION. tapi emang dari awal ga niat belanja jadi ya ga masalah XDDDDD

ION, Lucky Plaza dan Tang plaza ini merupakan pusat perbelanjaan di Singapore. Kalau ION dengan barang branded nya, Lucky Plaza dengan barang-barang menengah kebawah nya ga hanya itu disini banyak elektronik juga loh.

Setelah dapat kamera nya, kita cuss balik ke hostel karena ternyata udah malam banget 😐, jalur MRT nya tetep sama, dari MRT Orchard ke MRT Newton baru deh ke MRT Bugis.

Sampai di penginapan langsung lapar karena terakhir makan menjelang sore tadi, awalnya kita mau ke KFC, eh tapi udah tutup karena hampir jam setengah 12 malam, ya udah karena masih ada Murtabak nya Zam Zam kita habiskan aja… hihi

Selesai mandi dan beres-beres mari istirahat, karena besok perjalanan masih panjang XDDDDDDDDDD

day20120sg_zpsfioyimwu


DAY 2 – Goes To Sentosa Island (USS + Skyride + Luge)

Yuhuu sudah hari keduaa… jam 6 pagi waktu Singapore gw udah bangun karena subuhan disini tuh jam 6, masih gelap banget pulak, tapi senengnya deket Masjid adalah Adzan nya kedengeran banget ❤.

Biar ga antri pas mandi, gw langsung mandi juga habis sholat baru deh tidur-tiduran sampe jam 8 hihi.

20170217_083436_zps7g2wp3fe

Karena Sleepy Kiwi menyediakan Breakfast jadi gw sama hera sarapan dulu di hostel. Menu nya standar bule lah, roti tawar, selai, buah-buahan sama teh dan ,,, gw ga kenyang ya elah hahahahaa.. tapi lumayan lah buat ngeganjel perut sedikit.

20170217_083405_zpsxdm3styd

Selesai sarapan, kita cuss ke Haji Lane yang lagi happening di Singapore, Haji Lane.

20170217_084000_zpshibvaz0f

Lokasi ini semacam Penang Street Art di Malaysia, dimana banyak mural yang digambar di dinding.

20170217_084637_zpssggkvasq

Dan jarak Haji lane dari penginapan Cuma 1 block doank, deket banget. Langsung lah kita putu-putu sebelum cussss ke USS.

20170217_084453_zpsxf5lbfei

Tadinya kita mau sarapan lagi kan di KFC buat makan CHIZZA gitu… Cuma ternyata CHIZZA nya belum siap pagi-pagi ya udahlah langsung ke Sentosa Island aja.

Dari MRT Bugis kita Transit di Outram park baru cuss ke Harbor Front. Dan nanti dari Harbor Front yang berada di Vivo City ini (Mall juga) kita cuss ke Sentosa Island dengan naik Sentosa Express semacam MonoRail gitu.

20170217_094224_zps3nd5a1dv

Kalau mau ke USS turun nya di WaterFront ya… kalau mau ke Merlion yang super gede, Skyride, Luge, Madamme tussaud, cable car turunnya di Imbia Station dan kalau mau ke pantai turun nya di Siloso Beach. Selama belum keluar ke Vivo City lagi, kalian bebas naik Sentosa Express ini bolak balik.

20170217_100054_zpsvjxkqbit

Tujuan pertama kali ini adalah USS, jadi kita turun di Waterfront, dan seperti biasa walau udah beberapa kali foto didepan bola dunia tapi tetep aja loh kita norak foto disini hahaha.

dscf0099_zps9yje3lov

Karena tadi gw bilang masih lapar, dan daripada gw pingsan, jadi sebelum masuk ke USS, kita sempetin makan di Food Court Sentosa, dan yak seperti biasa makan nasi briyani lagi, apalagi kan yang halal.

20170217_101807_zpsx4sv8vo7

Kenapa ga nasi lemak? Karena sebelumnya gw pernah makan nasi lemak disini, dan ga doyan….. mending nasi uduk kemana-mana deh.

Oh ya, rata-rata setiap makan gw sama hera sharing, soale emang porsinya banyak dan ngirit juga sih.

20170217_102209_zpsauxdceth

Setelah kenyang kita cuss ke USS, seperti sebelumnya cukup scan barcode dari hape dan yukk kita explore USS!

20170217_104412_zpso832punm

Saran pertama, kalian harus ambil PETA! Biar ga bingung, sebenarnya USS ga gede-gede amat sih tapi tetep aja kan banyak wahana dan aneka tema : Hollywood, New York, Sci Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far Far Away dan Madagaskar.

20170217_104942_zps2uwu7mwe

Kemarin gw sama hera kearah kanan dulu, jadi dimulai dari Hollywood, ketemunya sama yang lucu-lucu nan imut bukan wahana-wahana permainan ekstrim gitu. Pertama-tama kita mampir ke toko cookie monster dkk Cuma buat foto-foto :p

dscf0136_zpslavtz5op

dan terus melaju sambil narsis… sedikit sedikit foto…

dscf0144_zpsglsmaqsg

dan semakin….. narsis…

dscf0252_zpstth2iaga

Eh ditengah jalan ketemu sama pertunjukan musik live gitu, dan suaranya kece banget!. Rupanya di bagian Hollywood dan New York lebih banyak Street Entertainment nya…

Jujur aja gw da ga sabar mau nyoba main di wahana-wahana ekstrim nya, dimana dari hasil pemantauan rata-rata itu sejenis Roller Coaster

Tapi… hera itu takut ketinggian jadi alhasil ga bisa naik… ya udah gw kicep… tapi jangan sedih, kita kemarin ga berdua doank sih, karena mau gabung sama Enie, Sofie dan Tiara, jadi gw bisa naek roller coaster bareng mereka wkwkwkw. 

Sambil menunggu anak-anak yg lain, gw sama hera lanjut ke bagian Hollywood – New York dan Sci Fi City.

Di Sci Fi City mulai ada permainan ekstrem semacam Roller Coaster super gede yang bernama Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON terus ada Transformer 3D ride gitu… tapi karena hera masih takut dan kita belum ketemu sama yang lain jadi kita mainan ala bocah dulu, yaitu “Accelerator” semacam bangku diputer-puter gitu loh, keliatanya cemen, tapi ternyata diputer cepet banget jadi tetep aja pusing hahaha.

20170217_112307_zpsquprumqv

Durasi permainan di USS ini sebentar banget paling Cuma 1 menit, jadi memang ga bikin antri. Dan kebetulan kemarin lagi beruntung USS nya ga terlalu rame, apa karena hari Jumat ya?

Setelah main accelerator kita pun nyusulin Sofie cs di Bagian Madagaskar, oh rupanya mereka memulai USS dari sebelah kiri. Hihi ya udah jadi dari Sci Fi City kita cuss ke Madagaskar melewati Ancient Egypt

20170217_114200_zpsdtkjp0f2

sempet foto sama orang mesir berkaki rusa? XD dimana kita kudu antri kalau mau foto hihi.

dscf0296_zpshqgaql7z

Di Ancient Egypt ada wahana Revenge of The Mummy (Roller Coaster dalam ruangan) dan Treasures Hunters. Tapi karena buru-buru mau ke Madagaskar jadi skip dulu.

Setelah melewati wilayah Egypt kita pun ketemu sama Lost World ala ala Jurassic park gitu.. waaa ga sabar nanti mau coba!

Kemudian lanjut jalan lagi ke Far Far Away semacam negeri dongeng nan Indah gitu.. cantiknyaa….

dscf0302_zpspnowiu2e

Setelah melewati Far Far Away barulah kita ketemu di lokasi terakhir yaitu Madagaskar. Fiuhhh…

dscf0354_zpsiu2vzafe

Di Madagaskar ini…. Gw sama hera naik Madagascar: A Crate Adventure. kita naik kapal terus ada tema film madagaskar gitu, yah macam di Istana Boneka Dufan lah, Cuma lebih cakep wkwkwk…

20170217_115343_zpsom0nadhi

Setelah naik A Crate Adventure ini kita akhirnya ketemu Sofie cs.. horeeee… eh tapi sebelumnya gw sama hera mau naik Merry Go Round dulu hihi biar deh dibilang anak kecil. 

Wahana Merry Go Round di USS ini bernama King Julien’s Beach Party-Go-Round dan sama seperti sebelumnya, durasinya permainan nya pendek banget.

Setelah puas naik kuda-kuda an, gw, Sofie, Enie dan Tiara naek roller coaster pertama yaitu Enchanted Airways, masih taraf mudah dan ga serem lah ini,, tetep gw teriak haha sementara hera melipir karena ga mau naik wkwkwk..

Abis itu, kita masuk ke pertunjukan Shrek 4-D Adventure seperti namanya, 4D jadi ya nonton film ala ala di 4DX lah, Cuma emang buat anak-anak banget dan ngebosenin. gw udah ngantuk bgt disini XD

Dari Shrek kita lanjut ke Magic Potion Spin, ini tuh semacam bianglala versi mini didalam ruangan,,

Kemudian ke atraksi berikutnya, Puss In Boots’ Giant Journey. Kirain ya ini mainan apaan, makanya hera mau ikut, tau-tau ini Roller Coaster ala ala duduk ramean HAHAHAHAHAA jadilah dia lemes banget.. padahal seru banget sih walau sempet deg-deg an juga.

20170217_135647_zpscnhpjca2

Karena udah siang dan laper lagi, kita pun cari makan, disana ada sih beberapa kedai makanan fastfood, tapi karena bingung mau makan apa, ya udah deh ke Food Court yang ada di The Lost World, sempet nanya juga kalau disini No Pork No Lard alhamdulillah..

Gw pun pesen Veggie Mie seharga SGD 13.55 dimana rasanya.. NGGAK BANGET =_____________= duh rugi bandar… itu ga pake minum padahal…

20170217_142437_zps35jxwece1

Oh ya kalau ke USS bawa Botol minum ya!!! Karena disana air minum MAHAL! Dan disini banyak Keran air minum ko, hampir di setiap wahana, jadi enak…dan irit!

Setelah kenyang,, kita balik lagi ke Sci Fi City buat naik Transformer 3D Ride

20170217_111736_zpszetsnxog

Dan sungguhan… KEREN PARAH PAKE BANGET.. jadi kita kayak ada didalem film Transformer bener-bener lagi ngelawan musuh, diputer sana kesini kayak naek Roller Coaster, padahal mah nggak.. ini wajib banget kesini!!!

Kebetulan udah waktunya sholat, jadi gw sempet sholat dulu di mushola, lokasinya di antara Egypt sama Sama Sci Fi… alhamdulillah… memudahkan umat muslim 😀

Habis sholat kita cuss ke The Lost World, ceritanya mau naik arung jeram Jurassic Park Rapids Adventure™.  Jadi rencana nya, mau yg basah-basah dulu terus baru lah ngeringin badan di Roller Coaster. Kebetulan pula pas kita kesana terang benderang. Eh ternyata… antrian nya ga sante… ada kali 90 menit nunggu..

20170217_144908_zpsetzyyqo1

Oh ya, kalau mau naek ini disarankan simpen barang-barang di locker, dan biayanya 1 jam = SGD 4. Tapi 1 locker bisa masuk beberapa tas kalau kecil-kecil, jadi bisa patungan.

Setelah cape antri, akhirnya kita bisa naik ke perahu nya,,,, yah ga beda jauh sama di Dufan, Cuma kalo disini ada cerita nya gitu,,, jadi kita kayak masuk ke Jurrasic Park. Paling seru ketika kapal tiba-tiba turun meluncur kebawah macam Niagara-gara hahahaa.. tapi ya gitu.. 90 menit antri Cuma naik 1 menitan dih!

Terus basah badan nya? ternyata posisi duduk menentukan prestasi, kebetulan pas di tempat gw yang basah Cuma kaki…. Tapi badan nggak… alhamdulillah…

Setelah itu, karena udah sore sekitar jam 4.30 dan masih banyak wahana yang belum dimainin, kita pun buru-buru balik ke Sci Fi City demi merasakan Roller Coaster nan raksasa itu Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON.

20170217_112218_zpsj6i9wie9

Jadi disini ada 2 roller coaster, yang 1 agak kecilan… kita naik ini duluan, dan gw udah teriak-teriak ga jelas, ampe diketawain haahhaa . sebenernya gw tuh cemen banget Cuma kadang kepo yaudah deh,,, dicoba aja.

Kelar naik yang kecil, gw galau mau lanjut yang Gede apa ga.. Tiara udah nyerah ga kuat.. tapi karena Sofie dan Enie lanjut,, ya udah gw lanjut aja… sebelum naik perut gw kram…..sungguhan…. deg2an hampir nyerah.. tapi karena durasi Cuma 1 menit ya udahlah…dicoba..

Dan ya… Roller Coaster yang gede ini emang jawara sih, kaki kita gelantungan loh, beneran ga napak… terus beneran jumpalitan ampe kebalik berkali-kali dan kecepatan nya luar biasa… gw da ga bisa komen, teriak pun ga sanggup… gw tutup mata sambil berdoa.. sampe sofie bingung gw masih idup apa ga LOL

Tapi fun sih seruuu.. paling ga sekali seumur hidup lah udah nyoba main ini….

Selesai main.. gw berasa diawang-awang ampe jalan pun lemes, burem semua yaiyala ga pake kacamata. tapi mungkin karena masih hype! Kita bertiga langsung menuju ke Revenge of The Mummy !!! uwooooo

20170217_145407_zpsq9d8nfei

Jadi Revenge of The Mummy ini Roller Coaster juga… tapi didalem ruangan gituuuuu ya kayak cerita film The Mummy lah.. dan suasanya GELAP, kita ga tau sekitar kita kayak apa… depan kayak apa… tiba-tiba Roller Coaster nya diem, terus mundur dadakan, terus turun dadakan,, gw teriak gila-gilaan HAHAHAHA kambing!

Seru!!!!!!!!!!!!!!!! Ini atraksi terseru kedua setelah Transformer hihi.. dan emang sepi banget kemarin.

Setelah itu kita lanjut ke Canopy Flyer™ yang ada di The Lost World. Ini itu semacam Roller Coaster versi pendek, kita duduk gitu dan kaki gelantungan. Awalnya gw pikir santai ya jalan nya… ternyata…….. CEPET JUGA, siaul ,,, tetep aja gw beberapa kali teriak hahaa… tapi asik sih karena terbuka gitu kan di The Lost World jadi bisa mandangin daun2an LOL.

Karena udah marathon Roller Coaster gw da beneran lemes… dan udah jam 6.30 pula udah agak sepi, kan USS tutup jam 7.. jadi ya udah kita cuss… dan untung menghilangkan rasa lemes dan keliyengan gw, akhirnya gw sama hera mampir ke Sbux….. nyicip White Vanilla Mocha Frapucinno yang mahal itu ampe bagi 2 biar irit. Dan… rasanya.. ENAK BANGET HUHUHU lumayan gw jadi agak seger alasan!

Sebenerny masih ada beberapa wahana USS yang belum sempet disinggahi, tapi gapapa gw puas banget ko main kesini, semoga lain kali ada rejeki biar bisa mampir..

ada tambahan tips makin sore USS makin sepi XDDD

Keluar USS, Gw dan Hera pun berpisah sama rombongan Sofia-Enie-Tiara, mereka cuss ke Garden By The Bay sementara gw sama hera ke Imbia Station karena kita mau naik Skyride + Luge! Uwooooo

Turun dari Imbia, kita langsung ketemu sama tulisan Sentosa gede-gede, banyak yang foto disitu,, dan seperti yang udah gw ceritain, disini ada Merlion super gede….. karena udah mau gelap gw sama hera lanjut ke Skyride and Luge… Awalnya hera takut banget.. tapi karena udah bayar kan ya jadi ya udah lanjut hehehe…

Pertama kita naik Luge, ini asik banget! Semacam Go Kart gitu dan nagih!!!!!! Hera dari yang takut sampe jadi paling semangat LOL

dscf0477_zpsu0ikkelo

Terus kita naek Skyride jadi duduk di bangku macam bangku taman besi tanpa perlindungan apapun….

dscf0513_zpsa904qmrt

Dan kita naik ngiterin Imbia… gw ga sangka tinggi banget….. jujur gw ketakutan… tapi stay cool karena hera lebih ketakutan. Daripada kita ketakutan bareng mending gw sok-sok ceria XD

dscf0520_zpsszwf0d8e

lintasan luge diliat dari atas skyride

Pemandangan selama naik SkyRide ini indaaaaahhh banget, gw sempet mengabadikan beberapa foto walau yg lain ngeblur wkwkwk

dscf0523_zps4qpjoxzy

Pas turun hera udah lemes banget… dan karena laper lagi kita mampir deh ke KFC buat nyobain CHIZZA! Uhuy! Lagi ngehitz nih…

20170217_201035_zpsxbzjmdrh

1 paket porsinya banyak, ada Chizza , ayam, kentang , mashed potato dan cola, jadi kita sharing aja… dan kenyang loh! Chizza nya lumayan enak nyamnyam….

20170217_201201_zpsa1knujda

Selesai makan suasana diluar udah gelap dan pemandangan nya indah banget, karena lagi Imlek jadi merah2 lampu gitu… dan Merlion nya….. berubah dari putih jadi warna warni kupu-kupu terus didepan nya ada pohon-pohon berwarna… cantik!!!

dscf0545_zps2ft413sc

Ahh tapi gw da cape banget… jujur kaki sakit parah huhu ya udah kita cuss balik ke hostel dengan rute yang sama… sampai MRT Bugis Station kita sempet jalan ke Bugis Street, ceritanya mau beli oleh-oleh tapi ternyata rasa cape dan kaki sakit kayak ditusuk-tusuk mengalahkan segalanya… ya udah better balik ke hostel.

20170217_212406_zpspx8hlxka

Mari istirahat!!

day20220sg_zpsrjrrspak


DAY 3 – Shopping Time! & #ParkBogumInSG

Ritual pagi masih sama, bangun pagi sholat dan mandi buru-buru sekalian packing karena kita pindah hostel hari ini ! jam 8 kita cuus makan pagi, tapi karena sebelumnya udah janjian sama Sofie cs untuk sarapan di Zam Zam Restaurant, jadi gw ga mau makan banyak XD

20170218_081522_zpsnkvn6ihk

Abis sarapan kita check out, tapi nitip tas sih disana, rencananya abis jalan-jalan bakal balik lagi ke hostel baru pindah biar ga ribet. Setelah itu kita keliling ke haji lane lagi…. Dan udah bingung mau kemana,,, akhirnya melipir ke Zam Zam langsung sambil nunggu anak-anak.

Zam Zam dipagi hari itu Cuma buka lantai bawah, jadi ya tempat terbatas. Sampai sana kita bilang mau makan untuk 6 orang dan ya udah kita pesen minum dulu aja kan. Terus sambil foto-foto, eh karena Sofie CS agak lama. Kita sempet diusir sama salah satu karyawan nya. karena menurut dia itu meja Reservasi dan orang yang reservasi udah dateng. Si karyawan itu seenaknya aja main ambil minuman kita, ga sopan banget sungguh. Kita ampe berdebat tapi ga mau pindah. Untung aja org yang reservasi itu udah mau duduk ditempat lain. Lahhhhh kan yang nyuruh kita duduk di meja itu karyawan yang lain nya, bukan kita,, kenapa nyolot nya ke kita. Ga mau minta maaf lagi pas awal. Untung karyawan yang lain baik.. daripada bete kita pesen makanan dulu aja. Dan ga berapa lama Sofie Cs dateng. Alhamdulillah…

Sistem makan kita adalah sharing jadilah pesen beberapa menu, Murtabak, Chicken Briyani, Beef Briyani, Mie Goreng. Langsung abis……… napsu semua…. Ampe nambah Murtabak nya 1 porsi lagi hahahahaaa.. semua doyan ternyata… hihi.

20170218_093529_zpszipumjtc

Selesai makan si karyawan yang galakin kita sok-sok baik gitu,,, nawarin buat motoin tapi kita udah males.. dan justru si karyawan yang lain nya yang minta maaf terus… ya udahlah…

dscf0672_zpsnz7lkvzw

Alhamdulillah udah kenyang pake banget, kita pun siap berburu oleh-oleh! Lebih tepatnya Enie yang belanja paling banyak HAHAHA. Gw sih nggak eh…

oh ya di hari ke 3 ini ada member baru,, melyssa XD .

Pertama… kita muterin Bugis Street, disini banyak pilihan oleh-oleh, mulai dari gantungan kunci, kaos dan lain lain, cari cemilan? Oh banyak….

Setelah dari bugis street kita cuss ke Mustafa Centre , tempat belanja fav gw,, bukan apa-apa karena disini ada banyak pilihan cokelat dan Mie! Dari MRT Bugis Station kita transit di Little India baru naik yang ke Farrer Park. Exit MRT Station itu banyak, jadi pastiin ya ga salah keluar. Kalau mau ke Mustafa Centre keluarnya dari Exit yang ke Mall, dari situ deket banget.

Mustafa Centre ini buka 24 jam dan apa aja ada disini. Mulai dari makanan sampe elektronik.. super gede deh…

dscf0734_zps6nnslsmy

Gw pun langsung menuju ke lokasi Mie buat nyari Samyang, dan beli beberapa cokelat dan teh. Karena ga beli bagasi dan Backpack udah ga muat, yaudah gw ga beli apa-apa lagi deh huuhu .

dscf0726_zpsadd4pn37

Selesai belanja, kita duduk dulu di café depan Mustafa centre, buat beli minum, jujur kaki gw udah sakit pake parah banget huhu semenjak ke USS jadi gampang sakit kalau jalan jauh dasar orang tua . setelah istirahat sebentar kita pun cuss balik. Gw sama hera ke hostel karena mau pindah hostel di Lavender, sementara yang lain ke Orchard XD. Waktu kita mepet… karena hari ini #PARKBOGUMinSG ! uwooo

Tiba-tiba prahara dimulai… kita iseng turun di MRT Rochor Station.. dan ternyata salah pintu exit,, akhirnya nyasar… adakali jalan 1 km lebih baru sampe hostel.. gw da lemes sampe gemeteran banget.. mau istirahat ga bisa, karena ngejar Fanmeet. Alhasil sampe hostel gw langsung ke Masjid Soeltan buat Sholat, sementara Hera mandi.. dan kita udah ga kuat jalan ke MRT untuk pindah hostel ke Meadows di Lavender.

Alhasil kita pesen Grab… lumayan ya MAHAL banget.. jarak dari SleepyKiwi dan Meadows ini ga sampai 2 km loh.. paling Cuma 1.3 km, dan biaya nya SGD 5 …………………………………… ew… kalau ga karena lagi sakit gw mah males XDDDD

Dan sesampainya di Meadows, gw shock karena beberapa hal… mulai dari KAMAR ada CCTV nya… dan Bed gw sama hera yang kepisah sama rombongan lain.. cih! Tapi udahlah gw masih lemes parah… alhasil kita mutusin untuk naik Grab lagi… padahal sebenernya lokasi venue itu pas di station MRT Buona Vista. Enak gitu aksesnya.. kebetulan gw pernah nonton di venue ini beberapa waktu lalu…

Tapi apadaya……………….. kami udah ga kuat buat jalan kaki ke MRT Lavender nya… alhasil… mesen GRAB.. dan pake salah lokasi pulak…. Jadi 2 kali naik deh… MAHAL T________________________T

Ya udahlah.. kondisi kepepet…. Alhamdulillah udah sampai venue juga… kita pun langsung buru-buru tuker tiket.. dan sempetin makan dulu di foodcourt, biar ga lemes banget..

20170218_174238_zpsi1yrgx3c

Jam 5 lewat kita pun langsung masuk venue! Uhuy… ketemu Bogum lagi……………..!

20170218_214242_zps9r1nm50l

FM bogum bonus joongki… tapi jadi agak nyesel ada joongki.. bogum jadi diem…banget…. joongki malah yg lebih ceria dan kocak bgt lain kali ga usah ada guest star lah…huhuhu. Stage + lighting + venue jauh lebih keren dari Jakarta !! ga usah ditanya sih.. ini kedua kali ntn disini dan emg keren. Tapi…secara kualitas acara.. JAUH banget dibanding sama yg di Jakarta karena di JKT bogum lebih fun..ceria… heboh.. lebih lucu dan bawel, translator di SG males bgt nerjemahin ampe bogum kudu ngomong inggris sendiri.

yah kesimpulan.. secara acara bagusan indonesia tp secara venue..dan stage jauh ga bisa dibandingin.. tapi gw puas nonton disini ga pake sakit leher wkwkwk Oh ya.. akhirnya gw ga speechless pas hitouch Sempet ngomong juga ke bogum “I hope you will get a girlfriend this year” terus gw ditarik security XDDD

Balik Fanmeet kita berkumpul lagi deh dan makin rame ada Shinta + Arum… masih baper banget kan biasa Post Syndrome Concert. Tapi karena udah jam 11 malem dan MRT udah mau tutup (?) kita pun buru-buru pulang.

dscf0930_zpsu4nl6ize

Sampai MRT Lavender Station sekita jam 11.30 malem, dan kami lapar, untung ada MCD alhasil makan dulu,,, tengah malem huhu

20170219_000040_zpsrio566c5

Kelar makan.. kita cuusss ke hostel sambil rumpi2 .. untung jarak dari MRT Lavender Station ke Meadows ga jauh-jauh amat hehehe…

Mari istirahat!

day20320sg_zpstpmsjgfr

DAY 4 – Goes To China Town & Merlion Park , Heading Back to Jakarta!

Ah… finally hari terakhir,, kali ini abis subuh gw tidur lagi dan baru bangun jam 7.30 dan langsung mandi + packing! Selesai packing kita sarapan lagi. Alhamdulillah di Meadows ada sarapan gratis juga dan sim card gratis . Kali ini gw makan Corn Flakes + Susu + telor Rebus + brownies… kenyang! Lumayan irit sarapan hihihi..

20170219_082551_zpsrxanhzt7

Selesai sarapan gw hera shinta check out dan titip tas lagi… kemudian langsung cusss ke China Town. Dari MRT Lavender Station kita transit di Outram Park baru deh ke China Town. Di China Town kita barengan lagi sama Tiara, Sofie dan Enie sementara Melyssa dan Arum udah balik ke JKT. Kita pun keliling sebentar sampai jam 10.30 an….

20170219_093621_zpspjbrbfgb

di China Town juga ada satu block jalanan yang banyak kios penjualnya.. kalau mau beli oleh oleh disini bisa loh..murah juga kok

20170219_100351_zpsxjz3s2ty

Dan langsung terus ke Merlion Park. Jadi dari China Town kita turun di MRT Rafless Place Station. Nanti langsung ketemu deh sama Singapore River..

20170219_111235_zpsukeyidyd

dan kita telusuri terus sampai ketemu jembatan baru deh sampe di Merlion Park.

20170219_112654_zpsxdygtjcl

Kebetulan pas kesini Merlion gede nya lagi mandi,,, jadi Cuma foto-foto sama baby merlion nya lol.

20170219_113645_zpszdthk4ra

Yah tapi pemandangan disekitar oke juga ko buat foto.. dibelakangnya ada Fullerton Hotel.

1487592770584_zps7jqcm3tv

Karena udah lapar,, kita cuss pulang tapi muter lewat esplanade sampai ke City Hall .. lelah banget XDDDD. Dari City Hall kita ke MRT Station nya dan cusss ke MRT Bugis.. soalnya rencana mau makan di Bugis Junction aja.

Kita pun menuju ke Foodcourt Bugis Junction, alhamdulillah ada makanan halal nan enak.. nasi Hainan ❤

20170219_125308_zpsha22ct64

Habis itu, gw melipir sebentar ke kinokuniya untuk beli King’s Cage nya Victoria Aveyard,, uhuy!

20170219_134650_zpsodmebndw

Karena waktu udah mepet sementara kita harus ke bandara.. jadi kita pulang ke hostel masing-masing untuk ambil barang dan langsung cusss ke bandara…. Dari Lavender,, changi itu satu jalur alhamdulillah..

Di MRT sempet-sempetnya Hera ngelirik bule dan sampai kenalan di Bandara hahaha….

Perjalanan dari Lavender ke Changi airport itu memakan waktu 20-30 menit. Sampai sana kita masih tunggu Sofie cs hingga akhirnya alasan mampir lagi ke starbucks XDDD

20170219_155402_zpsepkpvgws

oh iya di Changi ada satu spot khusus pokemon gitu… lucuu

20170219_153352_zpsrsmwofvd

Ga berapa lama, Sofie Cs plus Shinta datang… kita langsung Check in dan perkara dimulai…. Pas mau masuk ke imigrasi gw sama hera dipanggil sama petugas disuruh ngecek tas dan koper kita.. ternyata Overbaggage…. Langsung stress…

Kan harusnya bagasi Cuma boleh 10kg, dan gw 14 kg,, hera juga,,, kita dikasih pilihan bayar Rp 500rb.. cih! Udah bingung dong, pengen gw buangin itu mie Samyang ama cokelat.. eh tp kata hera sayang kan… duit juga.. tiba-tiba teringat.. Shinta kan Naik Lion, dan dapet Free Baggage itu 25kg! langsung heboh cari shinta… untung shinta mau dimintain tolong bawain koper T___T alhasil bawaan kita jadi ngepas…10 kg.. dan perkara itu selesai.. alhamdulillah…

Kita bisa ke imigrasi dengan aman… eh ga juga… sebelumnya gw heboh karena Immigration Card gw ilang, gw da pucet takut kenapa2…. Udah berdoa… eh tau2 ga ditanyain sama sekali pas cek passport, alhamdulillah T_T

Selesai cek imigrasi, hera ke bag Tax Refund dulu, lumayan dapet 5% dari harga beli camera, dan gw masih sempet sholat sebelum boarding.. eh waktu udah mepet mau boarding,,, kita pun buru-buru ke lokasi yang ditentukan.. sampai sana tau-tau delay =__= ya udahlah gw sempet jajan Old Chang Kee dulu, ceritanya ngabisin duit SGD 10…. Jadi pas balik ke Jakarta gw udah ga megang SGD lagi wkwkwk…

20170219_175505_zpsmfrsmjkk

Jam 7.. kita pun boarding,, dan jam 8 pesawat Take Off… alhamdulillah jam 8.30 udah sampai Jakarta… kita pun nunggu pesawatnya shinta sekitar jam 9 untuk ngambil bagasi … baru lah cuss naik Damri…. Makasih banget ya Shinta mau dititipin barang2 T___T

Ini tumben-tumben an loh kita kena cek, padahal biasanya ga pernah sama sekali walau naik Tiger juga. Dan emang kayaknya kita yang lagi kena sial aja, karena pas liat orang lain ada yang bawaannya lebih heboh tapi tetep bisa masuk =_________________= ya udahlah setiap perjalanan pasti ada seru-seruan nya,,, ada pengalaman asiknya… mungkin ini salah satunya…

Ya Tuhan ga kerasa panjang banget ya gw cerita,,,, haha bosenin banget ya? Maaf… tapi yang butuh kalkulasi pengeluaran , gw udah buat di tabel ya untuk memudahkan.. semoga bermaanfaat!

day20420sg_zpspoygsc3g

total20pengeluaran20sg_zpsbflbn1bf

Sampai jumpa dicerita saya yang lain! Mohon maaf kalau ada salah kata… dan typo… soale autotext huhu kadang suka kelewat …..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s