Book Review : Dear Nathan by Erisca Febriani

Belakangan ini, banyak banget karya-karya penulis Lokal yang diangkat dari Wattpad dengan sampul buku yang dihiasi tulisan “Telah dibaca jutaan kali”. Mungkin tujuan nya untuk menarik minat para pembaca ya… kan kesan nya kalau sudah dibaca jutaan kali, berarti karya tersebut bagus dan wajib baca. Tapi… hingga beberapa waktu lalu gw ga minat untuk beli. Kenapa? Karena ngeri buang-buang uang #eh . nggak deng, jujur aja gw bukan pengguna media Wattpad, bahkan gw ga tau bentukan Wattpad itu kayak apa. Jadi belum tau pasar dari media Wattpad ini siapa dan sebenarnya riil nya berapa banyak yang baca, apa benar jutaan kali?. Jadi ya itu… gw masih menahan diri.

Hingga akhirnya, pas ada Harbolnas akhir tahun kemarin, gw mutusin untuk Beli salah satu novel yang juga dari Wattpad, yang berjudul “Dear Nathan”. Sebenarnya udah sering banget liat novel ini berkeliaran di timeline dan toko buku dengan tulisan MEGA BESTSELLER dan dibaca JUTAAN kali di sampulnya. Tbh, Sampai saat ini, salah satu novel Mega Bestseller yang gw tau ya karya nya Ilana Tan dan gw emang akui ini bagus,, kalau Dear Nathan? Gw masih ga tau. Bahkan gw aja belum kenal penulisnya siapa. Tapi ya karena agak kepo dan katanya mau di film in, plus diskon pula jadi gw putusin buat beli.

Gw pun mulai baca novel ini minggu lalu mengejar sebelum film nya tayang akhir bulan ini, jadi biar bisa ada bahan komenan. Jahat . Oke ga usah berlama-lama, mari mulai bahas sedikit buku ini, dimulai dengan sinopsis nya.

Sinopsis

 20170226_080000_zpsopusbdqk

Paperback, 520 pages

Published March 2016 by Best Media

Original Title Dear Nathan

ISBN  6026940146 (ISBN13: 9786026940148)

Edition Language Indonesian

Salma adalah siswi pindahan dari Bandung, awalnya dia ingin menjalani kehidupan SMA di Jakarta dengan baik, tapi belum apa-apa dia sudah terlambat untuk masuk sekolah. Tapi tak disangka, keterlambatan nya itu membuka pertemuan nya dengan seorang cowok tampan bernama Nathan. Nathan pun menolongnya untuk menyusup masuk kedalam sekolah.

Awalnya, Salma tidak terlalu mengambil hati atas pertemuan pertama itu, hingga ia menyadari seorang Nathan adalah sosok cowok yang menjadi bahan pembicaraan ia dan teman-teman nya setiap hari. Karena Nathan adalah cowok yang terkenal paling badung disekolah!

Cowok Badung? Oh tentu saja sama sekali bukan tipe cowok idaman Salma. Salma tidak berniat untuk mendekati Nathan seperti siswi lainnya. Tapi apa daya, berbagai kejadian justru mendekatkan mereka. Seorang Nathan yang tidak pernah terlihat menyukai siswi manapun di sekolah tiba-tiba menaruh perhatian pada Salma. Sementara, Salma yang tidak pernah menyukai cowok manapun sebelumnya bingung harus berbuat apa. Apalagi melihat karakter mereka yang berbeda 180 derajat, bagaikan minyak dan air.

Lalu apa yang harus Salma dan Nathan lakukan? Bisakah mereka saling beradaptasi antara satu dan lainnya?

Review

Oke… gw kasih peringatan sebelumnya,,, kemungkinan review gw kali ini mengandung SPOILER. Jadi mending yang ga  mau kena spoiler, buru-buru deh stop baca disini….

Gw ini termasuk penggemar novel romens dan teenlit, jadi sebenernya Dear Nathan ini masuk ranah kesukaan gw, dan ga butuh waktu lama buat gw untuk menamatkan novel yang cukup TEBAL dan MAHAL ini.

Dear Nathan ini merupakan karya perdana dari novelis muda Erisca F. awalnya masuk ke Wattpad terus diterbitkan kedalam paperback , laris manis hingga akhirnya diangkat kedalam layar lebar.

Menurut gw, Dear Nathan ini so so, karena mirip sama salah satu novel fav gw,,, (akan kita bahas dibawah) tapi gw tetep asik-asik aja sih bacanya. Walau masih ada beberapa kekurangan dari novel ini, yang mungkin bisa diperbaiki dikemudian hari.

Gw bingung aja sama gaya Bahasa nya,, sang penulis berusaha menggunakan gaya Bahasa semi baku? Tapi ujung-ujung nya jadi ga jelas, kenapa ? karena ada beberapa kalimat yang berasa ga padu banget, seakan-akan dia bingung mau menggunakan kata apa. Yang menurut gw jatohnya malah nggak banget. Intinya Koherensi antar kalimat banyak yang ga tepat.

Belum lagi gw agak risih sama kegalauan panggilan nama, dalam satu kalimat percakapan contohnya, si Nathan manggil bapaknya, Papa terus dibawahnya Anda,,, terus papa lagi,, dan anda lagi,,, itu dalam satu kalimat percakapan loh… ga konsisten banget rasanya.

Gw juga risih sama cara manggil Nathan ke Salma, Saya Kamu banget? Berasa kayak nonton AADC jadinya hahaha.

Terus entah plothole atau bukan, ada satu adegan, tiba-tiba si rahma punya pacar dan semacam Salma dan Nathan ini kenal sama pacarnya itu.. padahal gw ngerasa dari awal ga pernah disebutin rahma punya pacar… apa gw yang abai?

Terus ada typo yah? Biasa sih kalau ini…

Kemarin sempat baca komen di Goodreads, dan ngebahas tentang kejailan Nathan yang nggak banget,, dan GW SETUJU banget… emang sih dari awal penulis bilang mereka sekolah di sekolah unggulan, tapi kondisi nya ga mencerminkan itu… iya banget sih masa seorang siswa sekolah unggulan dan kaya dan bandel dan disegani terus main nusuk-nusuk pantat cewek pake sapu? Atau mainin lilin dibawah bangku?

Atau,,, emang jaman sekarang bercandaan siswa siswi SMA kayak gitu ya? Entahlah….

Konflik nya juga kurang Hot, semacam gitu doank? Penyelesaian nya pun kayak …. Oh gitu doank? Pas adegan sedih yang menurut gw bisa lebih di eksplore juga jatohnya gitu doank…. Ga sampe bikin gw nangis atau apalah…

Yah… Overall untuk sebuah karya perdana, novel ini cukup oke.. walau IDE nya sangat tidak FRESH dan harusnya beberapa notes diatas terutama masalah Koherensi kalimat bisa DIPERBAIKI ya,,, karena beneran ganggu banget XDDDDD

Dan,, kesimpulan gw… Novel ini bener-bener OVERRATED parah….

Oh ya, tadi gw sempet bahas tentang kemiripan novel ini dengan novel lain…. Mari kita bahas, tapi ini mengandung Spoiler

Jadi…awal baca….. gw shock,,, kenapa,,, karena ceritanya MIRIP sama novel dari penulis kesayangan gw,,, yaitu Jingga Matahari series yang udah diterbitkan dari tahun 2010 silam. Tapi gw ga terlalu mau berburuk sangka di awal, gw masih berpikir karakter Nathan dan Salma aja yang mirip sama sosok Ari dan Tari. Dan masih berharap kalau konsep ceritanya beda….

Tapi makin lama baca… ko makin mirip… yha….

Jadi di Dear Nathan ini mengisahkan Nathan sebagai sosok cowok yang kaya, tampan tapi bandelnya setengah mati dan dia suka sama seorang Salma yang merupakan cewek biasa-biasa aja tapi pinter. Terus, karena kejadian-kejadian akhirnya Nathan naksir Salma dan mulai mendekati eh mengejar-ngejar Salma. Tapi ya gitu Salma nya masih galau jadi Tarik ulur.

Oke …. Ini mirip sama Jingga Matahari Series, dimana sosok Ari yang warbyasah bandel ampe jadi kepala geng sekolah naksir sama tari yang biasa-biasa aja padahal sama kayak Nathan, mereka dikejar cewek-cewek hot lainnya.

Bedanya adalah,… perlakuan Nathan ke Salma itu lemah lembut,,, sementara Ari ke Tari beringas banget hahahaha

Kesamaan nya ga sampai situ,,, INI MENGANDUNG SPOILER

Ternyata, si Nathan ini menyimpan kisah kelam dalam hidupnya… dia tinggal sendiri, Bokapnya Nikah lagi… dan NATHAN KEMBAR! Kembaran nya bernama Daniel…

Oke.. agak mirip sama Jingga Matahari Series, dimana yes,,, Ari juga tinggal sendiri karena Bokapnya Nikah lagi… dan ARI emang KEMBAR.

Bedanya? Kalau di Dear Nathan, si Daniel ini udah meninggal dan Nyokapnya Nathan pergi karena gangguan psikologis. Sementara Ari, kembaran dan nyokapnya pergi karena perpisahan orang tua,,, okedeh..

Intinya sih secara Garis besar dan konsep sama banget Cuma pengembangan dibedain gitu sih Dear Nathan ini… dan gaya Bahasa Mbak Esti sama Erisca beda banget…

Pengembangan Konflik di Jingga Matahari jauh lebih oke, sementara Dear Nathan So so banget.. dari segi karakter juga, gw baca sampai akhir dan masih biasa-biasa aja ke si Nathan ini, nothing so special. Beda kalau ke Ari … karena Ari jauh lebih nyayangin.

Yah tapi sudahlah mungkin memang hanya kebetulan belaka, silahkan pembaca sekalian yang menilai seperti apa novel ini… FYI aja ya, Jingga untuk Matahari juga bakal di film in, tapi yah keduluan sama Dear Nathan rilisnya.. jangan sampe deh, nanti orang-orang yang duluan baca or nonton film Dear Nathan ini ngatain film Jingga untuk matahari (dibilang ngikutin blabla) secara yang rilis duluan novelnya yang mana ya…… yah semoga aja ketakutan gw ini ga terjadi.

Gw sih walau komen gw kayak gini,,, tetep bakal NONTON Filmnya… kenapa? Biar gw bisa komenin kalau ada yang ga sesuai sama novelnya,atau aktingnya ga oke… selain itu,,, yang jadi Nathan itu GANTENG BANGET YA ALLAH…… tapi pas liat trailer filmnya.. ko akting nya ga banget ya hahahahhaa semoga di film nya jauh lebih oke ya…

Ini trailernya btw :

Oke sekian review gw,, mohon maaf lahir dan batin ya,, ini Cuma pendapat gw aja ko,, kalau pendapat kalian beda ya itu hak kalian masing2 ^^

 

 

2 thoughts on “Book Review : Dear Nathan by Erisca Febriani

  1. Setuju banget nih soal yang ceritanya mirip mb Esti,karena gw baca cerita erisca ini dari jaman dy bikin fanfiction justin bieber sampe Dear Nathan (abis itu gw gak baca lagi,cuz males ceritanya mirip jingga trilogi). Dan setau gw emang erisca ini fansnya mb esti kinasih bahkan dulu dy pernah bikin fanfiction JUM gt. Ngomong2 soal filmnya gw nonton trailernya doang tp udah males nonton (maapin ya)

  2. Haha bener ya..berarti bukan perasaan gw doank ya … anyway gw ntn film nya.. dan menurut gw film nya jauh lebih bagus dr novel nya sih XD

Leave a Reply

