Book Review – Golden by Jessi Kirby @penerbitspring

Setelah gagal menamatkan “One” minggu ini karena ada halaman yang hilang dan terpaksa harus retur ke penerbit, akhirnya saya memutuskan untuk membaca “Golden” terlebih dahulu. Padahal awalnya saya agak skeptis karena sebelumnya melihat rating novel ini di Goodreads tidak terlalu tinggi, hanya 3.87. tapi ternyata saya salah….. kenapa? Mari kita lihat…..

Sinopsis

brsfe2xaf3y_zpsuoalplsz

Original Title : Golden

Author : Jessi Kirby

Paperback, 308 pages

Published January 23rd 2017 by Spring (first published May 4th 2013)

ISBN : 6027432276 (ISBN13: 9786027432277)

Literary Awards : Goodreads Choice Award Nominee for Best Young Adult Fiction (2013)

Parker Frost hidup bersama sang Ibu setelah kedua orang tua nya memutuskan untuk berpisah beberapa tahun silam. Ibu yang perfeksionis menuntut Parker untuk menjalani hidup sesempurna mungkin tanpa cacat. Parker nyaris tidak pernah melanggar aturan apapun dalam hidupnya. Ia adalah anak yang cerdas hingga akhirnya menjadi salah satu kandidat peraih beasiswa Farnetti-Cruz. Sebuah beasiswa bergengsi yang diadakan oleh Cruz Foundation dalam rangka mengenang kematian duo sejoli Julianna Farnetti dan Shane Cruz sepuluh tahun lalu.

Pada awalnya Parker sangat ingin memenangkan beasiswa tersebut agar dapat melanjutkan studi dalam bidang Kedokteran di Stanford University. Namun, sebuah jurnal telah mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan selama ini.

Jurnal atas nama Julliana Farnetti tertanggal 10 tahun silam…

Jurnal yang dituliskan oleh seseorang yang sudah meninggal 10 tahun silam…

Jurnal yang mungkin dapat menguak sebuah misteri dibalik kematian pasangan paling sempurna saat itu…

Jurnal yang membuat Parker rela untuk mengambil risiko… mengambil sebuah pilihan yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya…

Lalu apa sebenarnya yang dikisahkan Jurnal tersebut? Mampukan Parker menguak kisah dibalik kematian Julianna Farnetti? Lalu bagaimana dengan kehidupan Parker yang tanpa cela?

“Mengambil Risiko bisa bermanfaat jauh lebih banyak dari yang kau tahu”

 

Review

Jujur saja awal membaca Golden, saya dibuat kesal dengan terjemahan nya. Entah kenapa saya merasa terjemahan kali ini tidak sesempurna buku terjemahan Spring yang lain. Atau memang cara penulis dalam memulai kisah yang belum membuat saya puas? Entahlah…

Saya hampir saja menaruh kembali Novel ini dalam tumpukan timbunan saya, hingga akhirnya setelah memaksakan diri untuk terus membaca, saya justru dibuat jatuh hati oleh kisah hidup Parker ini.

Golden merupakan sebuah kisah Coming of Age seorang Parker Frost. Sebuah kisah bagaimana seorang remaja berusaha untuk menjadi lebih dewasa karena sebuah kejadian tertentu.

Sebenarnya, orang-orang seperti Parker ini banyak kita temui dalam kehidupan kita, tetapi sang penulis mampu mencari celah untuk membuat kisah ini lebih menarik, salah satunya dengan Jurnal dan Kisah milik Julianna Farnetti.

Julianna Farnetti dan Shane Cruz adalah Pasangan idola semua orang. Ia bersekolah di sekolah yang sama dengan Parker sepuluh tahun lalu. Semua orang memprediksi bahwa kehidupan kedua remaja tersebut akan berakhir bahagia selamanya. Shane akan menjadi generasi penerus kekayaan keluarga Cruz, sementara Julianna akan menjadi pasangan sempurna bagi Cruz. Namun takdir  berkata lain, di tengah badai musim salju, Mobil Cruz ditemukan tergelincir, Julianna dan Shane menghilang, di samping mobil tersebut hanya ditemukan sebuah kalung milik Julianna dan bercak darah.

Kepolisian dan warga setempat mencari kedua remaja itu berminggu-minggu namun semua nihil, jenazah pasangan ini tidak ditemukan. Hingga akhirnya semua orang menyerah untuk mencari dan memilih untuk mengenang kedua remaja tersebut dalam doa. Papan baliho besar bergambarkan wajah Julianna dan Shane pun terpampang di kota, sebagai upaya untuk mengenang salah satu pasangan sempurna di kota kecil itu.

Suatu saat, ditengah kesibukan nya menjadi asisten guru dan bertugas untuk mengirimkan Jurnal milik para siswa yang telah lulus sepuluh tahun lalu, Parker melihat sebuah nama tertulis, sebuah nama yang meningkatkan rasa penasaran, sebuah jurnal milik seseorang yang telah meninggal 10 tahun silam, Julianna Farnetti.

Parker pun mulai membaca jurnal tersebut, awalnya ia hanya berniat untuk membaca tulisan awal julianna, kemudian mengembalikan Jurnal tersebut, namun,,, tulisan-tulisan Julianna justru mengikatnya bersama Jurnal tersebut, hingga akhirnya ia berusaha untuk mencari tahu kisah sebenarnya dari seorang Julianna dan Shane.

“Setiap pilihan punya kekuatan untuk mempengaruhi kehidupanmu nanti dengan cara yang tidak bisa kau ubah”

Saya suka ketika Parker mengajak saya sebagai pembaca untuk ikut penasaran bersama dirinya ketika membuka halaman demi halaman Jurnal milik Julianna tersebut. Saya suka ketika saya juga ikut berpikir bersama Parker mengenai apa yang terjadi sebelum kecelakaan naas yang merenggut kehidupan Jullianna dan Shane.

Saya merasa setelah membaca Jurnal tersebut perlahan tapi pasti karakter Parker semakin berkembang. Dari anak rumahan yang tak pernah mau memilih risiko apapun, menjadi seorang anak remaja yang berani memutuskan pilihan hidupnya sendiri.

Kisah ini tidak melulu tentang Jurnal Julianna, tapi bumbu persahabatan dan kisah cinta nya juga ada. Walaupun hanya secuil. *deep sigh* tapi tetap saja membuat saya gemas setengah mati! Ah Parker, kamu kenapa Naif sekali sih!!!!

Awal mula kisah di buku ini diceritakan agak lambat, seolah penulis ingin kita memahami kehidupan Parker yang monoton. Tapi pada akhirnya kisah ini ditutup dengan sebuah pembelajaran yang manis mengenai sebuah pilihan, mengenai sebuah keputusan untuk memilih dan menjalankan pilihan tersebut. Karena pada akhirnya yang bertanggung jawab atas sebuah pilihan adalah kita sendiri bukan?

Tidak hanya itu, buku ini lumayan banyak memiliki kalimat-kalimat cantik yang cukup Quote-able ❤

“Tapi terkadang, hidup memberi kita momen-momen yang langka dimana kita benar-benar melihat kesempatan yang sedang terjadi. Dan dalam momen itu, kita punya pilihan. Dan terkadang kita harus mengambil risiko.”

Overall, novel ini cukup layak untuk dibaca dan menjadi koleksi, sebuah cerita yang cantik ditambah dengan Cover buku yang Simple, Cantik dan juga elegan. Mungkin satu catatan hanya pada terjemahan yang kurang “mulus”.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s