Book Review : Astral Travel Agent by Haditha

Sebenarnya apa ya yang dimaksud dengan Dunia Astral?. Atau mungkin ada yang belum tahu istilah tersebut? Saya sendiri sih baru dengar istilah Astral dari salah satu Film Marvel yaitu Doctor Strange dan juga baru-baru ini disebut – sebut di TV Series Marvel – Legion.

Banyak orang yang bilang Dunia Astral itu semacam Dunia lain, supernatural atau bahkan mistis? Tapi ada juga yang bilang kalau Astral itu adalah ketika seseorang mampu meraga sukma atau memproyeksikan diri, melepas jiwa dari tubuh. Yah apapun itu, menurut saya topik Dunia Astral ini cukup menarik untuk jelajahi #eh.

Kali ini, saya mau sedikit mereview salah satu novel Karya Haditha ( re: Masha) yang berjudul Astral Travel Agent. Yuk Yuk Yuk….

20170331_073524_LLS.jpg

Sinopsis

Jaya menolak untuk terlelap. Ia tidak ingin kematian menghantui dirinya. Ketika matanya terpejam, ia merasa tubuhnya tercekik seolah-olah ajal segera tiba. Keadaan ini menyiksa nya. Jaya pun tertekan hingga ketika sang sahabat diam diam memberinya obat tidur, secara tak sadar Jaya terlelap.

Namun, tiba-tiba keanehan terjadi. Ia mampu melihat raga nya yang terlelap. Roh nya telah keluar dari raga! Jaya kebingungan, tak pernah ia bermimpi ini terjadi dalam hidupnya. Ia mencoba untuk kembali ke raga nya, tapi tak bisa. Seolah, sang raga menolak untuk menerima roh nya sendiri.

Kejadian demi kejadian pun terjadi, Jaya semakin kebingungan. Semua terasa seperti ilusi, ia bahkan tak tahu perbedaan antara kenyataan dan ilusi. Ingatan nya seolah hilang, hidupnya seolah hampa. Siapa ia sebenarnya?

Sepucuk surat pun datang, dari Eyang Wiro, menawarkan Jaya untuk bergabung ke Astral Travel Agent. Awalnya Jaya menolak, tapi Eyang Wiro yang penuh misteri seolah mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Jaya. Jaya pun tergoda hingga akhirnya bergabung demi harapan ia mengetahui jati diri nya.

Waktu demi waktu terlewati, hingga akhirnya Jaya menyadari bahwa ia memiliki kemampuan untuk melepas raga bahkan mampu melakukan perjalanan ke dunia astral. Namun, Jaya tak mengerti bahwa lambat laun, ia akan membuka sebuah gerbang dimensi yang terlarang.

Dimana selanjutnya akan memicu petarungan dunia astral …..

Lalu, siapa sebenarnya Jaya? Dan apa yang harus Jaya lakukan untuk mencegah pertarungan tersebut?

Review

Astral travel agent masih satu universe dengan Anak Pohon dan Sumur Hitam, dua novel masha yang sudah diterbitkan sebelumnya. Berbeda dengan kedua novel pendahulunya, Astral travel Agent tidak memfokuskan pada kisah horror, tapi lebih kepada kisah perjalanan di sebuah dunia astral.

Kalau boleh jujur, dibandingkan kedua novel sebelumnya, saya jauh lebih suka dengan kisah di Astral travel Agent. Makin kesini, makin terlihat perkembangan gaya menulis seorang Masha. Saya suka bagaimana ia memadukan kisah Pelepasan Raga dengan bisnis travel, cukup unik! Dan mungkin di masa depan hal ini akan benar-benar terjadi ya!

Kisah di Astral ini benar-benar menarik, kita ga hanya akan dibawa bercerita tentang kejadian di dunia ini, tapi juga kejadian di “Alam Lain” dunia astra, berbagai dimensi dan juga sebuah semesta bernama Watukayu.

Di Watukayu ini akan diceritakan beberapa padepokan yang memiliki para pendekar hebat, salah satunya pendekar yang menjadi tokoh utama di Sumur hitam dan juga sempat disebut di Anak Pohon. Ah tapi saya ga mau Spoiler lebih lanjut :p

Sepertinya memang khas seorang masha, dalam setiap novelnya akan ada beberapa POV. Dimana setiap Pov tambahan akan muncul di bagian akhir setiap bab. Dan pov ini akan menjadi misteri dan teka teki tersendiri dari seluruhan kisah. Sungguh benar2 membuat penasaran!

World Building dari Universe yang diciptakan Masha ini cukup keren loh, kadang ga nyangka kalau dari satu hal ke hal yang lain nya ternyata berpadu. Ketika suatu kisah atau karakter baru muncul dalam Universe ini, kita akan dibuat penasaran. Dan menurut bocoran dari sang penulis, beberapa kisah dan karakter baru ini akan ada buku nya tersendiri! Ah ga sabar!

Oh ya, kalau kalian baca Anak Pohon dan Sumur Hitam, pasti merasa budaya Jawa nya kental banget. Bahkan sebagian besar percakapan menggunakan Bahasa Jawa. Saya pikir Novel ini akan kembali menggunakan Bahasa Jawa, tapi ternyata tidak. Bahasa yang digunakan disini Bahasa Indonesia, dimana banyaaakkkk banget kata-kata yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari dan harus buka KBBI dulu baru tahu apa artinya XD. Contohnya aja ini, kata “Daring”, “Menjura”, “Moksa” hingga “Astakona”, ga tahu apa artinya? Yak silahkan buka KBBI XD

Saya jadi berasa baca novel Bahasa inggris dari penulis asli Inggris ! karena mereka keseringan menggunakan kata-kata yang ga umum hahaha. Tapi oke juga sih ide masha, kita jadi tahu Bahasa baku Indonesia, tapi mungkin nanti lain kali boleh ditambahkan Glosarium  di belakang buku? Biar kita yang awam ini lebih paham.

Oh ya, berbeda dengan Anak Pohon yang memang sudah melewati tangan Editor jadi Bahasa dan antar kalimat nya udah rapih. Atau Sumur Hitam yang masih sangat Rough sehingga banyak Bahasa dan kalimat yang rasanya perlu diperbaiki. Astral travel Agent ini sudah cukup baik, mungkin nanti bisa sedikit di poles kali ya, karena entah kadang saya bingung, sang penulis terkadang berusaha memberikan Bahasa-bahasa atau kata-kata yang ajaib, tapi disisi lain, di beberapa kalimat ada kata-kata yang menurut saya agak “Gahul” jadi semacam kurang konsisten? Atau memang sengaja seperti itu ya?

Oke overall  saya suka novel ini! Suka sama ide ceritanya apalagi twist dan kejutan di akhir, bikin kesel! Harapan saya semoga novel ini bisa segera resmi di publish oleh major publisher ya, biar orang-orang bisa baca juga. Karena menurut saya, series Anak Pohon dkk ini cukup menarik loh buat dibaca dan di koleksi, apalagi buat kalian penggemar novel karya anak bangsa! 😀

Advertisements

One thought on “Book Review : Astral Travel Agent by Haditha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s