Book Review : The Forbidden Wish #1 by Jessica Khoury

Entah kenapa akhir-akhir ini banyak banget penulis yang mengangkat tema Re-telling. Mereka mencoba menghidupkan kembali dongeng-dongeng saat kita kecil dan terkadang mengadaptasi dan menggabungkannya dengan genre lain, misalnya saja Lunar Chronicle yang menggabungkan Dongeng dengan Sci Fi dan Dystopia nya. Atau The Wrath and The Dawn yang tetap setia dengan Fantasy Romance nya.

Nah kali ini Penerbit Spring kembali mengeluarkan Novel Re-telling yang berjudul “The Forbidden Wish” karya Jessica Khoury. Novel ini mengangkat salah satu kisah di 1001 Malam, yaitu Alladin, Lampu Ajaib dan Sang Jin pengabul permohonan.

Tapi berbeda dengan kisah aslinya, jika di kisah awal Alladin bertemu Jin Pria dan akhirnya jatuh cinta dengan Jasmine, kalau di The Forbidden Wish, Alladin bertemu dengan Lampu Ajaib dan Jin wanita yang cantik.. wah! lalu… siapa yang kan menjadi kekasih hati seorang Alladin?

Sinopsis

Original Title : The Forbidden Wish

Paperback : 405 pages

Published March 25th 2017 by Spring (first published February 23rd 2016)

ISBN : 6026044337 (ISBN13: 9786026044334)

Edition : Language Indonesian

Series :The Forbidden Wish #1

 20170404_065349

Zahra seorang Jin cantik yang terkungkung di sebuah lampu ajaib. Kekuatan nya tak bisa ia gunakan. ratusan tahun ia terpenjara karena sebuah “kesalahan” masa lalu. Hingga suatu hari seorang pencuri ulung datang mengendap-ngendap dan mengambil lampu yang ia tinggali. Pencuri tersebut, Alladin, mau tak mau menjadi “Tuan” nya yang baru, tiga permohonan harus segera dikabulkan.

Alladin pun ingin menggunakan kesempatan tersebut untuk membalas dendam atas kematian orangtua nya dari kekejaman Penasihat Raja. Zahra pun berusaha membantu Alladin. Namun, sebuah kesempatan untuk bebas selamanya datang dari Raja Jin.

Tetapi ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kebebasan.. Pengkhianatan mau tak mau harus ia lakukan. Hingga Zahra tersadar ia telah jatuh cinta kepada sang pencuri.

Tetapi, Cinta antara Jin dan Manusia merupakan kejahatan besar. Nyawa adalah taruhan nya.

Lalu.. apa yang akan Zahra pilih? Kebebasan? Atau cinta?

“Mencintai seseorang tidak pernah salah. seperti yang kau katakan , itu bukan pilihan. cinta hanya terjadi begitu saja, dan kita tidak berdaya didalam genggaman kekuasaanya”

Review

Kisah di The Forbidden Wish ini cukup menarik. Dan menurut saya unik karena mengangkat kisah cinta antara jin dan manusia. Wow! Padahal di kisah aslinya yang ada itu Jasmine seorang gadis cantik. Tapi disini ada Zahra seorang Jin cantik.

POV dari novel ini mengambil sudut pandang seorang Zahra. Menurut saya cerita nya sendiri cukup bagus, bagaimana diceritakan masa lalu seorang Zahra hingga ia terkungkung. Saya cukup suka bahasanya yang sangat puitis benar2 ala timur tengah deh.

Di novel ini sepertinya wanita-wanita nya itu hebat-hebat ya. Salah satunya adalah Caspida seorang putri mahkota raja, walaupun ia hanya seorang wanita tapi ia bisa menunjukan bahwa ia tidak bisa dipandang sebelah mata. Belum lagi dayang-dayang nya yang ternyata juga berperan sebagai Bodyguard. Kece ga tuh

Seorang Zahra juga oke punya kok, ia cerdik dan sangat pintar. Mungkin karena bawaan  jin nya kali ya, karena disini diceritakan bahwa Jin itu Cerdik dan penuh tipu muslihat. Sebenernya di kisah ini ga hanya diceritakan tentang jin, tapi kalian akan menemukan beberapa istilah ghaib (?) lain seperti Ghul, Ifrit hingga Shaitan, Cuma di buku satu ini ga terlalu di eksplore.

Saya cukup suka alur dan teka teki nya, kisah kisah masa lalu Zahra dengan tuan sebelumnya juga diceritakan, dan nanti setiap beberapa bab sekali akan ada semacam kisah puisi yang menceritakan tentang masa lalu Zahra.

Tadi saya sempat bilang bahwa wanita-wanita di novel ini hebat, nah berbanding terbalik dengan para lelaki termasuk Alladin yang menurut saya kok cemen banget. Bikin kesel… hahaha.. abis biasanya kalau baca Retelling para lelaki nya ini Lovely  banget. Eh tapi disini…………

Kisah cinta nya ga terlalu menye-menye, tapi entah kenapa semacam ada yang kurang. Menurut saya pribadi, kisah tentang bagaimana Zahra dan Alladin jatuh cinta itu kurang diolah, penulis lebih fokus pada kisah pembalasan dendam. Jadi semacam Chemistry antara mereka berdua juga kurang dapet gitu.

Yah pada intinya, novel ini cukup bagus dan menarik tetapi tidak menimbulkan kesan yang mendalam buat saya. Semacam lintas lalu aja gitu.. rasanya banyak yang kurang dari kisah ini…

Tapi.. endingnya ada semacam After Credit untuk novel selanjutnya loh…ada tokoh baru… yah semoga aja  novel selanjutnya lebih asik dan menarik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s