Book Review : Momiji By Orizuka

Akhirnya setelah hamper setahun, atau udah setahun? Penulis kesayangan Orizuka menelurkan sebuah novel lagi.. Kali ini Novel terbaru Orizuka Berjudul Momiji… pas tau ada novel ini, saya langsung buru-buru PO, sampe bangun jam 1 malem biar bisa dapat novel bertanda tangan Orizuka. Dan yippiee Alhamdulillah saya salah satu pembaca beruntung yang bisa mendapatkan novel edisi special tersebut.

Oke ga berlama-lama lagi karena saya mau buru-buru nonton Shield lagi XD yuk kita bahas sedikit novel ini…

Sinopsis

IMG_20170513_080821_945.jpg

Paperback, 210 pages

Published May 2017 by Penerbit Inari

ISBN13 9786026044389

Setiap orang tua mungkin ingin memberikan nama terbaik baik sang anak, termasuk orang tua dari seorang pria bernama Pabel, atau yang memiliki nama lengkap Patriot Bela Negara. Nama yang sungguh unik bukan?

Namun, nama yang luar biasa itu berbanding terbalik dengan kondisi Pabel yang memiliki fisik dan mental lemah, jauh sekali dari iming-iming Patriot Bela Negara. Karena hal inilah, seumur hidup Pabel di Bully oleh teman-teman nya. Jangan kan bermimpi untuk memiliki pacar, untuk memiliki sahabat saja sulit sekali rasanya.

Karena hal tersebut lah, Pabel bertekad untuk kabur ke negeri sakura Jepang. Pada awalnya ia ingin melanjutkan studi disana, tapi sayang ia sangat tak sabar menunggu beasiswa! Alhasil dengan sedikit tabungan yang tersisa, ia memutuskan hanya kursus singkat Bahasa jepang selama sebulan! Ah tak masalah, yang penting Pabel bisa pergi dari keadaan ini!

Selama ini, Pabel mengidam-idamkan memiliki seorang pacar Yamato Nadeshiko , seorang gadis jepang yang anggun berambut hitam nan panjang,,, apakah mimpi ini akan menjadi kenyataan? Entahlah…

Di Jepang, Pabel tinggal dengan Keluarga Shiraishi. Ia memilih rumah tersebut karena biayanya yang lebih murah, maklum, ia tidak mendapatkan kamar sendiri, melainkan sekamar dengan anak lelaki keluarga Shiraishi, Kazuki. Hal ini tak menjadi masalah bagi Pabel, karena…. Setelah ditelusuri, Keluarga Shiraishi memiliki seorang anak perempuan seusianya yang bak Yamato Nadeshiko, ia bernama Momiji. Pabel berharap bisa dekat dengan anak itu…

Tapi ….

Suatu pagi, yang muncul dihadapan Pabel, bukanlah gadis cantik, lembut berambut hitam. Melainkan gadis Yanki nan urakan yang berambut merah megar! Astaga apa yang terjadi dengan Momiji!

Cita-cita Pabel untuk mendapatkan gadis lemah lembut mungkin hanya mimpi.. selama di jepang ia harus berhadapan setiap hari dengan Momiji, bahkan bertarung dengan segerombolan geng motor! Lalu apakah Pabel bisa bertahan dengan kondisi nya?

Review

Novel terakhir Orizuka yang saya baca itu Apapun Selain Hujan, dan saya sangat suka novel ini, bacanya pun sambil nangis tersedu-sedu. Tetapi pas membaca Momiji ini rasanya begitu lain.

Pertama, entah gaya Bahasa Orizuka Nampak lain, terlalu baku. Jadi berasa asing… apa ini hanya perasaan saya saja?

Kedua, konflik yang ada dalam novel ini kurang di eksplore dan terasa begitu remeh maafkan T_T. saya seperti merasa ini bukan Orizuka yang biasanya.

Ketiga, terlalu banyak istilah jepang dan footnote yang justru jadi mengganggu,, ya saya tau sih karena ini novel bertema jepang, jadi Orizuka ingin memasukan semua unsur jepang, sampai menyebutkan segala nama tokoh di anime yang justru bikin pusing untuk pembaca yang ga baca anime tersebut hehehe.

Keempat, endingnya kayak anti klimaks,,, berasa ada yang kurang… nanggung.. kentang lah ibaratnya… apakah ini kode akan ada novel Momiji part 2?? Ooh itu mah keinginan saya kali yaaa yang masih penasaran sama kelanjutan kisah momiji dan pabel ini

Kelima, chemistry antara tiap tokoh nya kurang dapat, jadi pas selesai baca, kayak… udah? Gitu aja?

Tapi yup.. novel ini adalah bacaan yang SANGAT ringan,,, ga bikin mikir,, apalagi jumlah halaman yang tergolong tipis, Cuma 200 halaman.. jadi bener2 santai banget sih bacanya.. lumayan buat menghabiskan waktu. Hehehe

Dari segi Cover, covernya cukup unik dan menarik, dan ini menjadi nilai tambah tersendiri.

Yah apapun itu, kesimpulan yang saya berikan, sebagai pembaca novel-novel nya Orizuka, saya kurang puas dengan novel ini.. dan saya berharap di novel yang akan datang, ciri khas Orizuka bisa kembali ya…

With luv… your fans ❤

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s