Book Review : Ketika Mas Gagah Pergi by Helvy Triana Rosa

Setelah sukses bergumul dengan Reading Slump dan akhirnya berhasil menyelesaikan Nimona,,, selanjutnya saya beralih ke sebuah karya lokal yang legendaris cailah . Apalagi kalau bukan “Ketika Mas Gagah Pergi” nya Bunda Helvy. Jujur udah lama banget pengen baca ini, tapi belum sempat punya dan Alhamdulillah pas ke solo Maret lalu, ada toko buku yang jual KMGP terus diskon pulak , langsung deh saya beli hehehe..

WhatsApp Image 2017-08-01 at 14.12.50

Sinopsis

Ketika Mas Gagah Pergi merupakan sebuah kumpulan Cerita pendek yang dituliskan oleh Helvy Triana Rosa. KMGP sendiri merupakan salah satu judul Cerpen utama nya yang mengisahkan tentang seorang adik kakak yang begitu akrab. Namun suatu hari sang adik merasa perlahan sikap dan sifat kakaknya berubah dari semula yang jauh dari agama menjadi sesosok pemuda yang begitu dekat dengan agama.

Sang adik pun heran dan merasa kehilangan sang kakak. Namun pada akhirnya ia berusaha untuk memahami dan ikut belajar bersama dengan sang kakak. Namun apakah ia bisa?

Review

wow! sebuah kumpulan cerpen yang luar biasa keren.. hampir semua kisahnya bagus dan penuh makna.. benar-benar membuat saya bercermin dan tertampar.

Malu rasanya baru membaca novel ini sekarang ketika gaung novelnya sudah berkibar sejak dekade yang lalu.. ah tapi tak apa.. lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Kumpulan cerpen ini ditulis bunda helvy sejak tahun 1992 (cmiiw) dengan beragam budaya yang diangkat.. mulai dari tokoh utama orang Medan, orang Jawa, orang Sunda hingga Maluku..

Karena telah ditulis sejak lama, jadi bahasa novelnya cukup unik.. khas sekali bahasa jaman dulu.. tapi bukan berarti tidak asik dibaca.. tetap oke kok.

Bunda helvy mengajarkan tanpa menggurui.. itu yang membuat ku suka dan dari seluruh kisah nya.. paling suka sama Ketika Mas Gagah pergi.. ahh tidak hanya sekali saya terharu dan menangis.. indah sekali ceritanya..

satu hal lagi yang paling saya suka adalah beragam kalimat yang penuh pesan…

Ingat islam itu Indah…
Islam itu cinta… Kalau kau tak setuju dengan suatu kebaikan, yang mungkin belum kau pahami … Kau selalu bisa menghargainya

dan saya menyesal saya tak sempat melihat adaptasi nya di bioskop T.T. semoga DVD nya segera rilis..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s