Review Buku : “La Storia – Kisah-kisah Menarik AC Milan Era Berlusconi” dan Curhatan Seorang Milanisti <3

Apa yang pertama kali ada di otak kalian ketika mendengar nama AC Milan? 😀

Kalau gw pribadi, gw akan dengan sigap menyebut Inzaghi! Yups bukan nya apa-apa, dialah sosok yang mengenalkan gw sama tim merah hitam asal Itali ini. Cinta pertama gw di dunia persepakbolaan sekaligus idola gw sampai saat ini.

soccer-champions-league-first-round-season-20032004-ac-milan-vs-afc-picture-id640499131

Ehhh kenapa jadi ngebahas Milan ya…? Uhmmm.. karena gw baru aja selesai baca buku “La Storia : Kisah-kisah Menarik AC Milan Era Berlusconi” yang ditulis oleh Aditya Nugroho. Seneng banget deh pas tau ada yang mau nulis kisah Milan ini. Kenapa? Soalnya suka iri kalau ke toko buku dan ada beragam buku yang mengisahkan berbagai klub lain tapi ga ada tuh buku tentang Milan.. eh? Atau ada ya? Tapi saya yang abai? Hehehe XD

Jadilah pas dhika my fellow milanisti dan penefiers infoin kalau ada Pre Order buku ini, gw langsung gercep alias gerak cepet buat PO, eh si dhika nya yang pertama kasih info malah lupa order hahaha.

Dan yes, akhir minggu kemarin buku ini sampai! Yippieee… dan langsung lah kita baca…

IMG_20170731_132748_367

Resensi (Dikutip dari Goodreads)

Membicarakan klub-klub besar yang kaya sejarah dan tradisi di dunia sepak bola, Anda tidak dapat melupakan AC Milan. Meskipun kini klub berjuluk Rossoneri mengalami penurunan dari segala lini, baik itu kehebatan di lapangan maupun branding di luar lapangan, namun gelar-gelar bergengsi dan permainan spektakuler saat mereka mengalami masa jaya, tentunya amat sulit dikesampingkan begitu saja. Saya pun tumbuh besar menyaksikan permainan spektakuler Milan dengan meninggalkan ingatan yang begitu berkesan.

Buku ini menitikberatkan pada pembahasan mendalam tentang era demi era yang dilalui Milan bersama pelatih-pelatihnya, khususnya yang pernah memberikan gelar juara bagi Milan. Dibahas pula mengenai bagaimana taktik yang mereka gunakan, juga kisah haru-biru hubungan mereka dengan Berlusconi dan juga para pemain.

Ada pula kisah tentang pemain-pemain, dari mulai yang melegenda hingga pemain-pemain yang terlupakan. Dari para sidekick hingga para maverick dibahas dengan deskriptif disertai dengan opini-opini pribadi dari penulis

” Dengan ditulisnya buku ini, Anda akan semakin mengenal kehebatan Milan, dan Bukan hal yang mustahil akan membuat anda mencintai Milan. “

Gading Marten – Presenter, aktor, public figure dan penggemar setia AC Milan

” Saya pikir, pilihan Adit untuk menulis buku ini bukan pilihan masuk akal. Memangnya sehebat apa AC Milan sekarang? Melawan tim gurem saja sering keok. Tapi itulah sepak bola, yang mempersetankan alasan logis yang mendorong Adit untuk menulis buku ini. saya rasa, tak ada salahnya untuk menikmati ketidakmasukakalan seseorang. Selamat Membaca!”

Marini Saragih – Karyawan Swasta dan Penggemar serta AC Milan

“Buku ini mengantar Saya kembali ke awal 90an ketika saya baru mengenal sepak bola dengan menyaksikan trio Belanda : Rijkaard, Gulit dan Van Basten. Pengalaman – Pengalaman ini menjadi awal bagi saya untuk jatuh cinta kepada AC Milan. Terima Kasih untuk penulis. “

Ricardo Salampessy – Pesepak bola profesional indonesia dan penggemar setia AC Milan

 

Review

Seneng banget baca buku ini <3. Kisah-kisah perjalanan seorang Berlusconi dalam memimpin Milan diceritakan dengan cukup jelas, satu persatu Pelatih dan para pemain yang dimulai dari era Arrigo Sacchi pun ikut diceritakan. Ah,, pas baca itu rasanya campur aduk banget.. haru.. bangga .. dan sedih…

Seneng ada bahasan pemain legend.. pemain idola.. dan bahkan pemain-pemain yang mungkin tidak bisa bertahan dan beradaptasi di Milan ❤

It’s such a nice info!

Jujur di era awal Berlusconi, gw belom lahir atau selanjutnya masih bayi, jadi jelas belum mengikuti dunia persepakbolaan, dan dengan membaca buku ini, gw seolah ikut memahami era masa lampau,,, jadi ikut paham sejarah Milan..

Ah,, rupanya begitu… ah,, rupanya begini… ini Milan ku …

Terima kasih banget ya mas Adit sudah meluangkan waktu untuk menulis buku ini,, cukup bagus dan informatif..

Walau kalau boleh berkomentar, untuk edisi selanjutnya mungkin beberapa typo nya bisa dihilangkan, dan terkadang ada koherensi dan padu padan kalimat yang kurang pas jadi bikin kening berkerut saat membacanya *cailah, tapi ga banyak ko.. buku ini tetep fun to read.

Setelah membaca, jiwa Milanisti gw berasa makin berkibar-kibar ampe langsung daftar Membership Official Milanisti Indonesia HAHAHAHA.. padahal udah bertahun-tahun lalu pengen daftar tapi belum kesampaian ampe kemarin LOL.. maaf ya sesepuh XDDDDD

Kira-kira buku ini akan tersedia di toko buku resmi macam Gramedia, Gunung Agung, Kharisma dll ga ya? Duh berharap banget nih, biar Milanisti lain yang mungkin kurang dapat info untuk PO bisa beli langsung di toko buku 😀 jadi bisa nge-Hype bareng XDDD

Anyway, gw jadi pengen cerita awal mula gw jadi milanisti wkwkwkwk penting banget ya

 

Perjalanan Ade menjadi Milanisti

Pas SD dulu, gw awam banget sama dunia persepakbolaan, gw mah hobby nya nonton anime sama baca komik, boro-boro mau nyentuh dunia olahraga ini.. paling tau bola juga gara-gara kakak gw doyan Juve, suka pasang poster bola di kamar.. salah satu nya ya poster Inzaghi saat masih berseragam Juve.

Dulu tuh gw sebel banget sama bola, kenapa? Soalnya gara-gara bola, kakak gw ngomel2 kalo kami lagi pergi di malam minggu, bela-bela in pulang dan ga mau diajak makan demi nonton bola! Kesel ga lo! Udah gitu gw dikorbankan suruh beli pernak pernik bola kayak gantungan kunci di abang-abang gerobak di depan SD wkwkwk. Lucu banget deh kalau inget.

Kakak : rit, beliin gw gantungan kunci filippo inzaghi

Gw : oke

*pulang sekolah mampir ke abang-abang*

Gw : bang, beli gantungan kunci filippo inzaghi *gw ga tau yang mana*

Abang2 : nih neng *ngasih gantungan kunci tulisannya “pippo inzaghi”

Gw : ihh ini Pippo bukan filippo!

Abang2 : iya neng sama aja, pippo itu nama panggilan nya…

Gw : oooh…

Gw yang dulu ga tau apa-apa… siapa sangka kan malah gw yang menggilai Bola dan Pippo hahaha epic banget XD…

tumblr_nxondxcykq1r90nv2o1_1280

Terus kenapa gw suka bola? Dicekokin sang kakak? Oh sama sekali nggak… karena,, saat gw suka, kakak gw udah ga suka bola LOL entah kenapa.. tp seinget gw,, semenjak Pippo pindah ke Milan sih XDDDDD

Saat itu, Piala Dunia 2002, gw masih kelas 2 SD, kebetulan Piala Dunia 2002 itu di Korea Selatan dan Jepang kan? Pas banget jadinya gw bisa nonton… karena tayangnya ga tengah malam.. gw lupa pertandingan pertama apa yang gw tonton, tapi yang paling gw inget dengan jelas adalah pertandingan Italia lawan Korea Selatan.. saat itu gw udah bela Itali (dan jerman) terus terpesona berat sama Inzaghi. Eh tau-tau drama, Fransesco Coco berdarah-darah dan Itali kalah mengenaskan.. gw nangis… oke emang gw baper berat dari dulu ampe besok di Sekolah masih baper, ga fokus terus rumpi ama temen2, kebetulan ada temen cewek yang suka bola juga :p

Setelah itu, entah kenapa gw ga bisa lepas dari bola dan Inzaghi, hingga akhirnya, gw memutuskan untuk mendukung Inzaghi di klub, gw cari tau deh dia ada di klub apa.. oh AC Milan .. dan akhirnya gw ikutin lah semuanya… ternyata gw malah jadi cinta banget banget sama Milan ga hanya sama Inzaghi..

Dulu Milan itu jaya banget, bangga banget gw deh. Menang segala piala.. tim yang hebat, pemain dunia ada disana.. dan selain Pippo, gw suka banget sama Dida… kayaknya gw emang ada sindrom tertarik sama Kiper deh dari dulu haha.. dimulai dari Wakabayashi (eh itu mah anime XD), oliver Khan, dilanjutkan dengan Dida.. kemudian Neuer dan terakhir Donnarumma XDDD

Jadi Milanisti dan fans bola tahun 2000an itu menyedihkan banget tau… mana ada kita update di sosmed.. cari informasi ga gampang, gw harus menyisihkan uang jajan gw setiap minggu untuk langganan tabloid Soccer, setiap kamis ya kalau ga salah terbitnya, gw baca dengan detail, terus gw bawa ke sekolah dan langsung di edarin ke kelas (biasa ke cowok-cowok) dan hal ini berlangsung sampai sampai SMA…

Jadi fans jaman dulu itu ribet banget… mentok paling Cuma bisa heboh-hebohan sama temen-temen di sekolah, mau curcol di sosmed? Mana bisaa.. mana ada sosmed.. gw kan tipikal manusia ekstrovert jadi butuh sesuatu untuk melampiaskan isi hati.. alhasil kalau abis nonton bola gw tulis lah review …. Di diary LOL

20170804_025024

Dan ampe sekarang masih ada loh Diary nya,,, ngakak kalau baca lagi… hihihi

20170804_02512220170804_025107

Walau gw suka bola, tapi gw ga pernah di bolehin nonton bola secara langsung di stadion… sedih ya.. alhasil pas Milan Glorie kesini waktu itu gw Cuma bisa gigit jari T___T padahal ada billy T______T

Yah nasib.. jadi cewek dan emang ga ada temen yang bisa diajak nonton juga sik..

Jujur, beberapa tahun lalu gw sempet stop nonton Milan.. Liga Itali.. bukan kenapa-kenapa sih.. alasan nya konyol banget.. pas lulus SMA, kan masuk IPB ya,, dan kita wajib masuk Asrama. Tau sendiri donk  Asrama itu Horor Gila, banyak kasus kesurupan dan ga ada tv dikamar pula.. kalau mau nonton harus ke ruang istirahat… yang malesin + horror kalau malem, terus temen sekamar juga ga ada yang suka bola… alhasil gw yang cemen ini, memilih untuk diem ga nonton dan Cuma sesekali ngikutin berita aja di internet dimana saya menyesal buangat sekarang

Tahun kedua kuliah gw udah pindah ke kost-kostan sih, ada TV di kamar, tapi….. kpop telah menghancurkan semuanya XDDD saking fokusnya sama kpop gw ga fokus lagi sama persepakbolaan… paling nonton Cuma kalau ada Euro dan World Cup aja T___T

Hal ini berlangsung nyaris 7 tahun… dan suatu hari, gw baca berita kalau Inzaghi diangkat jadi Pelatih Milan.. dan saat itu, jiwa Milanisti gw semacam berkibar-kibar… dan memutuskan untuk aktif jadi Milanisti lagi sampai sekarang…

Dan pas nonton bola lagi gw sempet syok banget sih, Milan sekarang udah ga kayak Milan yang dulu.. ah… tapi namanya juga hidup, semua berputar kan,,, gw yakin Milan akan jadi Milan yang dulu.. The Dream Team ❤

Btw ini panjang banget ya curcol nya.. maafkaaaann…..

Anyway jangan lupa dibaca bukunya!

2 thoughts on “Review Buku : “La Storia – Kisah-kisah Menarik AC Milan Era Berlusconi” dan Curhatan Seorang Milanisti <3

Leave a Reply

