Book Review : Always and Forever Lara Jean #3 by Jenny Han

Jika disuruh memilih Fictional Character terfavourite, mungkin saya akan dengan sigap menjawab Peter Kavinsky! Selain menjawab Day, Aaron Warner dan Magiano tentunya. Tapi entah kenapa, beberapa tahun ini, nama Peter K begitu melekat dihati, dan jika bisa terpilih sebagai “Boyfriend Goal” edisi hati fictional (?). Seorang Peter K, telah menjelma sebagai idola para penggemar Young Adult Romance melalui To All The Boys I’ve Loved Before dan PS I Still Love You nya Jenny Han. Banyak banget gadis-gadis termasuk saya yang dibuat ga bisa Move On dari dua sejoli Peter dan Lara Jean. Alhasil ketika sang Author mengumumkan akan merilis satu novel lanjutan terakhir berjudul “Always and Forever Lara Jean” satu tahun yang lalu, banyak orang menyambutnya dengan gegap gempita lagi-lagi termasuk saya. Rasa rindu terhadap Peter akhirnya bisa terobati! Mungkin itu salah satu teriakan para penggemar series ini..

Ketika “Always and Forever Lara Jean” akhirnya terbit pertama kali di US pada bulan Mei 2017 saya rasanya ingin langsung membaca versi asli nya.. tapi apa daya, niat tersebut saya urungkan, karena saya menolak untuk membeli versi inggris nya, disaat dua buku sebelumnya saya koleksi dalam bentuk terjemahan yang diterbitkan oleh Penerbit Spring. Alhasil saya kembali harus menunggu beberapa bulan sampai buku ini terbit. Alhamdulillah, tepat pada hari pertama even IIBF 2017 tanggal 6 September 2017, buku ketiga dan sangat disayangkan buku terakhir dari seri Peter dan Lara Jean resmi diterbitkan oleh Penerbit Spring. Saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membeli langsung pada hari pertama…!

Dan disinilah saya, masih terbayang-bayang oleh Peter dan Lara Jean, walaupun telah selesai membaca buku ini 2 minggu silam… well, mari me-review sedikit kisah didalam novel ini…

Sinopsis

Original Title : Always and Forever, Lara Jean

Series : To All the Boys I’ve Loved Before #3

Paperback, 356 pages

Published September 2017 by Penerbit Spring

 (first published May 2nd 2017)

ISBN13 :9786026682062

Edition Language : Indonesian

21435902_115428932462189_4790056972302942208_n.jpg

Kisah ini dimulai ketika Lara Jean dan Peter Kavinsky berada di tahun senior sekolah nya. Saat-saat terakhir untuk menikmati masa remaja dan memulai hidup baru sebagai anak kuliahan, sebagai orang dewasa! Semua terasa sempurna bagi Lara Jean, ia memiliki keluarga yang bahagia ditambah seorang Ibu Tiri baru, sang Ayah akan menikah! Belum lagi kisah percintaan nya dengan Peter yang nyaris tanpa cela, Lara Jean merasa begitu dihargai, disayangi dan dicintai oleh Peter.

Mereka pun sudah memikirkan rencana jangka panjang, dimana hubungan yang sempurna tetap ada di dalamnya. Salah satu Universitas ternama UVA menjadi pilihan mereka untuk melanjutkan kuliah. Kebetulan Peter telah lebih dulu diterima melalui beasiswa olahraga Lacrosse. Sementara, Lara Jean sedang menunggu pengumuman penerimaan. Ia yakin akan diterima, mengingat nilai-nilai nya yang jauh lebih baik dari Peter.

Namun ternyata, Kenyataan tidak selamanya harus sesuai dengan harapan. Lara Jean, harus menerima kenyataan pahit tidak diterima di kampus yang sama dengan Peter. Disinilah masalah demi masalah mulai muncul. Lara Jean dan Peter masing masing merasa Insecure, mereka takut ketidakberadaan satu sama lain akan membuat hubungan menjadi renggang. Belum lagi campur tangan orang-orang sekitar yang membuat Lara Jean dan Peter semakin gundah.. lalu apakah perpisahan menjadi sebuah jawaban yang tepat? Seperti yang dialami oleh Margot sebelumnya?

“Aku sangat mencintai Peter Sampai sampai aku bisa menangis. Dia akan menjaga Kitty untukku, aku tahu dia akan melakukannya”

Review

Membaca kisah Lara Jean dan Peter K ini memberikan polemik dan sensasi yang aneh bagi saya pribadi. Saya sungguh bahagia akhirnya ada kisah lanjutan dari buku sebelumnya. Akhirnya.. saya bisa kembali bertemu dengan Peter… Tapi di sisi lain, saya merasa sedih karena ketika sampai di halaman akhir,, saya akan kembali berpisah dengan keduanya.. dan mungkin untuk selamanya.. karena sang penulis sendiri telah meyakinkan para pembaca nya, bahwa ini akan benar-benar menjadi kisah terakhir keduanya.. fiiuhh…

Seperti buku-buku sebelumnya, kita akan disuguhi oleh kisah yang luar biasa manis, seakan sedang menikmati setiap gigitan cookies cokelat. Sama seperti yang selalu Lara Jean sajikan didalam buku ini. Peter K tetap menjadi Peter yang dulu, bahkan entah saya merasa ia jauh lebih manis, lebih protektif terhadap Lara Jean dan jujur saya tidak menyangka Peter bisa menjadi seperti itu … ❤

“Peter meraih tanganku dan meletakannya diatas jantungnya. ‘Lets stay together ‘. Dia bernyanyi. Suaranya jernih dan tulus, semua yang kucintai tentangnya”

Iri rasanya terhadap Lara Jean, ia bisa memiliki Peter yang diidamkan oleh semua orang. Tapi yak, karena hal itu lah rasa Insecure itu muncul… bagaimana jika….. ahhh… hal itu mungkin akan terjadi jika mereka tidak bersama…

“Peter adalah cokelat di cangkir ku, sarung tangan merahku yang tebal, Perasaanku pada pagi Natal”

Saya suka bagaimana Lara Jean berusaha untuk menjadi dewasa, bagaimana untuk memikirkan masa depan dan percintaan nya disaat yang bersamaan. Bagaimana ia mencoba untuk menimbang-nimbang dari setiap keputusan.

“Jangan pernah mengatakan tidak padahal sebenarnya kau ingin mengatakan iya”

Sementara Peter? Ah.. tak usah ditanya.. dia telah menjadi seorang anak lelaki yang disukai oleh semua orang, tapi tetaplah tidak ada yang sempurna di kehidupan ini, di buku ketiga ini, kita akan diajak untuk memahami pergolakan batin antara Peter dan sang Ayah yang telah meninggalkan nya bertahun silam.

Lalu bagaimana dengan keluarga Covey? Well, semakin hidup! Kita akan diajak untuk ikut serta dalam persiapan pernikahan dr Covey! Kebahagiaan baru tentunya,,,  paling tidak disaat Lara Jean dan Margot sibuk dengan kuliahnya, Kitty akan memiliki seseorang yang menjaganya…

Well, jika disuruh berbicara dari segi konflik cerita, konflik dibuku ketiga ini tidak lah “seberat” kedua buku sebelumnya. Semuanya cenderung berjalan nyaris tanpa hambatan yang berarti.. memang sebuah buku penutup dan perpisahan yang manis.. alur nya pun terkesan lambat seakan berputar-putar di satu masalah.

Tapi… sebagai penggemar setia Peter K, saya sangat bahagia porsi Peter kembali “besar” dibuku ini, mengingat di PS I Still Love You, porsi Peter nyaris digantikan oleh seseorang ….

Yah.. jika boleh berharap, rasanya saya masih ingin membaca kisah lanjutan Peter K dan Lara Jean di masa kuliah… karena mungkin sulit untuk Move On dari kedua sejoli ini…

Nah.. berita baiknya.. dan mungkin kalian semua sudah tahu… novel To The Boys I’ve Loved Before akan di film kan!!!! Proses syuting nya sendiri sudah selesai! Walau seperti biasanya, akan sulit mencari Cast yang sesuai dengan semua yang diimpikan oleh semua orang…

Sebelumnya saya telah menuliskan Cast yang saya mau disini hehehe… tapi ternyata Cast yang terpilih sangat jauh berbeda! Jujur saya sempat shock dan terkejut, karena Peter yang saya impikan tidak seperti itu… tapi… satu demi satu foto syuting bertebaran.. dan saya rasa,,, Peter yang terpilih ini cukup manis! Yah saya berdoa semoga film nya tidak mengecewakan dan sesuai dengan  harapan sekaligus pelepas rindu kita semua ❤

20398320_1422240484518816_3462013544910815232_n.jpg

Lara Jean dan Josh Sanderson (I LOVE JOSH!!!! – Israel )

21041450_1803785243245852_3874956306615894016_n.jpg

Lara Jean dan Peter K (Noah) ❤

Advertisements

2 thoughts on “Book Review : Always and Forever Lara Jean #3 by Jenny Han

  1. Halooo, beli buku ini dimana ya? Soalnya cari2 di gramed adanya yg versi english semua 😦 apa udah ada di gramed yg versi indo nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s