Book Review : Karung Nyawa by Haditha

Yuhuuu,,, kali ini saya kembali ingin menceritakan perasaan saya ketika selesai membaca Novel Horror Klenik karya Kang Mas Haditha, yang berjudul Karung Nyawa. Wah dari judulnya aja udah bikin penasaran ya,,, kenapa Karung Nyawa? Emang nyawa bisa dikarungin? Nyawa nya siapa? Uhm…

IMG20180416215347

Sinopsis (Dikutip dari Goodreads)

Original Title : Karung Nyawa

Penulis : Haditha

Editor : MB. Winata

Paperback, 220 pages

Published April 2018 by Bukune

ISBN13 : 9786022202653

Edition Language : Indonesian

Johan Oman, Pemilik Konter Pulsa
Ah, kejadian lagi, padahal belum juga hilang ingatanku akan kejadian mengerikan itu! Udahlah, tutup konter saja!

Janet Masayu, Pemandu Karaoke
Pacarku memang benar-benar trauma akan kejadian itu. Sekarang dia nggak mau keluar sama sekali dari konter pulsa kecilnya. Harus bagaimana ya kalau sudah begini…

Zan Zabil Tom Tomi, Penjaga Warnet
Menarik! Polisi saja tidak sanggup memecahkan misteri ini.
Sepertinya sudah perlu detektif partikelir yang lama nganggur ini turun tangan.

Tarom Gawat, Cucu Dukun
Gawat… gawat… GAWAT!

Empat pemuda bekerja sama menyelidiki kasus ganjil yang menggegerkan desa. Mereka tidak pernah menyangka akan berada di ranah klenik nan mistik yang membuka rahasia masa lalu kelam Purwosari.
Bukan hanya soal pesugihan dengan tumbal, tapi jauh lebih mengerikan lagi, perihal legenda Toklu–Pemulung pemburu kepala manusia yang mungkin benar adanya.

Kini mereka harus menghadapi tantangan terbesar ketika mendapati bahwa pemburu dan mangsa terakhir dari semua ini lebih dekat dari yang mereka kira.

 

Review

Ini adalah novel Haditha kesekian yang saya baca, sebelumnya saya sudah pernah baca Novel Anak Pohon (yang diterbitkan Fantasious), Sumur Hitam atau Bahkan Astral Travel Agent. Dari novel-novel tersebut, terlihat sekali, Karung Nyawa ini semakin membaik dari segi penulisan, plot hingga olah kata nya, walau tetap favourite saya adalah Astral Travel Agent. Hehehe

Melalui kisah di Karung Nyawa ini, saya diajak untuk mengikuti serentetan kisah penuh misteri. Belum apa-apa sang penulis telah mengajak kita memulai suatu konflik yang tiada henti hingga akhir. Sebuah kasus pembunuhan yang diselimuti mistis.

“Kata orang bijak, satu-satunya cara mengatasi ketakutanmu adalah dengan menghadapinya

Sedari awal saya diajak untuk ikut bertindak sebagai detective yang menebak-nebak, siapakah dalang dibalik pembunuhan ini? apa motifnya? Bagaimana caranya bisa sampai seperti itu? Begitu banyak dugaan,,, dan ternyata.. wow! Plot Twist! Nyaris tidak bisa saya tebak…

“Hidup mandiri itu ya haruse jangan bersembunyi kalau ketemu cobaan. Harus bangkit. Harus hadapi masalah”

Seperti, di Novel sebelumnya, sang penulis akan memberikan kita beberapa bab dengan sudut pandang yang berbeda, sehingga akan menambah rasa penasaran didalamnya, karena setiap sudut pandang punya kisah nya sendiri, punya alibi tersendiri. Dan kisah dari setiap sudut pandang atau tokohnya ini cukup menarik menurut saya. Belum lagi khas sang penulis yang kerap kali memberikan teka teki pertanyaan di akhir setiap bab, makin membuat penasaran.

Walau telah menuliskan beberapa buku, sang penulis nampaknya tetap konsisten berada di ranah horror klenik, yang menurut saya bagus, karena jarang ada penulis lokal yang ingin mengangkat tema ini. walau yah, saya memang bukan pecinta horror dan terkadang cukup membuat bulu kuduk bergidik ketika membayangkan tokoh-tokoh mistis yang penulis deskripsikan di setiap novelnya.

Sebagai informasi saja, Novel ini masih memiliki keterkaitan antara novel penulis yang lainnya, sehingga jangan heran ketika menemukan beberapa hal yang nampaknya pernah kita baca di buku lainnya.

Saran buat sang penulis, saya berharap dapat diinformasikan mengenai alur keterkaitan atau universe dari seluruh novel ini, agar para pembaca lebih paham harus memulai dari mana, dan agar lebih jelas juga timeline nya.

Anyway good luck! Semoga kedepannya semakin baik menuliskan kisah-kisah yang apik! Congratz atas terbitnya novel ini!

Jangan lupa beli yaaaaaa!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s